Kasus Armstrong Picu Upaya Investigasi Atlet Pengguna Doping

Lance Armstrong, juara tujuh kali Tour de France menghadapi tuduhan penggunaan doping secara sistematis (foto:dok)

Presiden Federasi Olahraga Bersepeda International membela upaya organisasinya untuk menangkap pengguna obat-obatan terlarang.
Pat McQuaid, Presiden Federasi Olahraga Bersepeda International, International Cycling Union atau UCI, membela upaya organisasinya untuk menangkap pengguna obat-obatan terlarang di tengah-tengah laporan yang memberatkan tuduhan doping Lance Armstrong.

Ia menolak untuk mengomentari laporan Badan Anti-Doping Amerika - USADA pekan ini yang menuduh Lance Armstrong secara sistematis melakukan doping. Sebaliknya, McQuaid mengatakan kekurangan ada pada sistem anti-doping yang gagal menangkap atlet-atlet pengguna obat terlarang.

McQuaid mengatakan UCI menguji para atlet berulang kali untuk doping namun federasi itu tidak dapat berbuat banyak jika hasilnya negatif. Ia mengatakan sistem anti-doping telah membaik sejak periode 1998-2009, masa dimana karir Lance Armstrong diperiksa menurut laporan itu.

UCI belum memutuskan apakah akan meratifikasi keputusan USADA untuk mencopot ketujuh gelar juara Armstrong dalam Tour de France.