Kapal Pesiar Royal Caribbean Setop Beberapa Operasi karena Omicron

Kapal pesiar Quantum of the Seas Royal Caribbean ditambatkan di Marina Bay Cruise Centre setelah seorang penumpang dinyatakan positif Covid-19 selama pelayaran, Singapura, 9 Desember 2020. (Foto: REUTERS/Edgar Su)

Royal Caribbean Cruises Ltd telah menghentikan beberapa operasi pelayarannya di tengah meningkatnya jumlah infeksi COVID-19 karena varian omicron.

Pelayaran tiga kapal - Serenade of the Seas, Jewel of the Seas, Symphony of the Seas - telah dihentikan sementara kembalinya Vision of the Seas ke jelajah telah ditunda hingga 7 Maret 2022, kata perusahaan pelayaran itu dalam sebuah pernyataan, Jumat (7/1).

"Kami menyesal harus membatalkan liburan yang telah lama ditunggu-tunggu para tamu kami dan menghargai kesetiaan dan pengertian mereka," perusahaan menambahkan bahwa langkah-langkah ini telah diterapkan "dengan sangat hati-hati."

Awal pekan ini, Royal Caribbean membatalkan pelayaran Spectrum of the Seas untuk 6 Januari setelah sembilan tamu dalam perjalanan 2 Januari diidentifikasi sebagai kontak dekat dengan kasus COVID-19 lokal Hong Kong.

Kontak telah dites negatif tetapi kapal pesiar akan kembali ke Terminal Kapal Pesiar Kai Tak di Hong Kong pada 5 Januari untuk menguji semua tamu dan awak yang harus mengikuti tes kedua pada 8 Januari, kata perusahaan itu. [ah]