Kapal Induk Tiongkok Lakukan Uji Coba di Laut

Kapal induk 'Kiev' Soviet kini menjadi bagian pertahanan militer Tiongkok, dan sedang menjalani uji coba di laut (foto: dok).

Kapal induk pertama Tiongkok telah berlayar kembali ke laut untuk menjalani uji coba kedua, di tengah-tengah meningkatnya kekhawatiran mengenai klaim maritim negara itu.

Kementerian pertahanan menyatakan kapal induk itu meninggalkan pelabuhan pada hari Selasa untuk melakukan eksperimen penelitian.

Tiongkok membeli kapal bekas Soviet dari Ukraina pada tahun 1998, dan kapal yang telah direparasi dan diperlengkapi kembali itu menuntaskan ujicoba pelayarannya yang pertama pada bulan Agustus.

Amerika menyatakan prihatin mengenai tidak adanya transparansi Tiongkok mengenai kapal induknya. Tetapi para pejabat Tiongkok menyatakan kapal itu bukan ancaman bagi siapapun.

Upaya Tiongkok memperkuat angkatan lautnya berlangsung seiring sengketa diplomatik besar dengan Jepang atas pulau-pulau di Laut China Timur, serta aksi mengganggu eksplorasi minyak dan gas Vietnam dan Filipina di Laut China Selatan yang disengketakan.