Jepang Inspeksi Semua Terowongan di Wilayahnya

Lempengan beton ambruk dari langit-langit di terowongan Sasago, jalur cepat Chuo menuju Tokyo di prefektura Yamanashi (2/12). Pemerintah Jepang telah menginstruksikan pemeriksaan segera untuk ke-49 terowongan yang memiliki rancang bangun yang serupa dengan terowongan Sasago ini, di seluruh wilayah Jepang.

Jepang telah memerintahkan pemeriksaan segera terhadap 49 terowongan jalan raya yang memiliki rancangan serupa dengan terowongan Sasago di seluruh negara itu, Senin (3/12).
Jepang telah memerintahkan pemeriksaan segera terhadap seluruh terowongan di negara itu, setelah adanya musibah jatuhnya lempengan beton dari langit-langit sebuah terowongan di sebelah barat Tokyo yang menimpa kendaraanl yang sedang melintasi wilayah tersebut, Minggu (2/12). Sedikitnya sembilan orang dilaporkan tewas dalam peristiwa tersebut.

Hari Senin (3/12), pemerintah Jepang meminta pemeriksaan segera terhadap 49 terowongan jalan raya lainnya yang memiliki rancangan serupa di Jepang.

Para pejabat keselamatan sedang menyelidiki kemungkinan tidak berfungsinya baut yang menahan penyangga logam pada lempengan-lempengan beton tersebut. Terowongan yang dibangun tahun 1977 itu terakhir kali diinspeksi pada bulan September.

Hari Senin, para petugas penyelamat terpaksa menangguhkan pekerjaan mereka di terowongan yang ambruk itu hingga ditambahkannya lebih banyak penyangga ke lempengan langit-langit yang tersisa.

Laporan televisi tidak lama setelah terowongan itu ambruk memperlihatkan asap hitam membubung dari terowongan Sasago sepanjang 4.7 kilometer di prefektura Yamanashi, sekitar 80 kilometer di sebelah barat Tokyo.