Ekonomi AS Tumbuh 2 Persen dalam Kuartal Ketiga

Suasana di salah satu pusat pertokoan di South Park, Charlotte, North Carolina (Foto: dok). Perekonomian Amerika naik dua persen dalam periode Juli-September, agak lebih cepat dari ramalan pakar ekonomi.

Tingkat pertumbuhan ekonomi Amerika naik dua persen dalam periode Juli-September, agak lebih cepat dari ramalan para pakar ekonomi.
Pemerintah Amerika mengatakan bahwa belanja konsumen yang meningkat memberikan kontribusi sebesar 70 persen dalam laju pertumbuhan dari ekonomi terbesar di dunia ini, Jumat (26/10).

Pakar ekonomi tadinya meramalkan pertumbuhan ekonomi Amerika akan naik 1,8 persen dalam kuartal ke tiga, naik 1,3 persen dari posisi yang tercatat pada April, Mei dan Juni. Disamping itu, Amerika juga menaikkan belanja proyek pertahanan dan konstruksi rumah baru juga mendorong ekonomi.

Amerika berjuang untuk pulih dari resesi pada 2008 dan 2009, dengan terpuruknya perekonomian terburuk sejak depresi tahun 30-an. Lebih dari 12 juta pekerja masih menganggur dan pertumbuhan ekonomi yang lambat tidak cukup untuk mengurangi pengangguran secara signifikan.

Keadaan ekonomi Amerika dan persepsi pemilih merupakan isu pokok dalam kampanye kepresidenan kali ini. Presiden Barack Obama seorang Demokrat mengatakan ekonomi berada pada jalur pemulihan, sementara penantangnya dari partai Republik, pengusaha kaya Mitt Romney, mengatakan kebijakan partai Republik akan mendorong pertumbuhan lapangan pekerjaan secara lebih cepat.