Dituduh Lakukan Kejahatan Perang, Delegasi Rusia Walk Out dari Pertemuan Dewan HAM PBB

  • Associated Press

Seorang tentara Ukraina tengah menunggu aba-aba untuk menembakkan mortar di garis depan pertempuran di dekat wilayah Bakhmut, Ukraina, pada 16 Maret 2023. (Foto: Reuters/Violeta Santos Moura)

Seorang perwakilan Rusia keluar dari ruang pertemuan Dewan HAM PBB pada hari Senin (20/3) di Jenewa sebelum laporan yang menuduh Moskow melakukan kejahatan perang di Ukraina disampaikan.

Erik Møse, mantan hakim Mahkamah Agung Norwegia dan Pengadilan HAM Eropa, menguraikan secara singkat hasil laporan yang didukung PBB untuk menyelidiki perang di Ukraina.

BACA JUGA: Rusia akan Gelar Pertemuan PBB untuk Bahas Anak-anak Ukraina yang Dibawa ke Rusia

Ia mengatakan, komisi itu menemukan bahwa Rusia telah “melakukan berbagai pelanggaran hukum kemanusiaan internasional dan hukum HAM internasional di Ukraina,” yang banyak di antaranya “tergolong kejahatan perang.”

Ia menambahkan, penyelidikan itu juga menemukan “sejumlah kecil pelanggaran” dan dua kasus kejahatan perang dalam kaitannya dengan pasukan bersenjata Ukraina.

Seorang diplomat Rusia, yang hadir sebelumnya pada pertemuan itu, memiliki hak untuk memberikan tanggapan pertama, namun telah meninggalkan ruangan tersebut, menurut presiden dewan tersebut, Duta Besar Republik Ceko Valvac Balek. [rd/jm]