Kesepakatan Dana Talangan Siprus Undang Interpretasi Luas

Kepala IMF Christian Lagarde dan para pejabat keuangan Eropa membahas krisis di Siprus (foto: dok). Siprus akhirnya memperolah kesepakatan dana talangan dari Bank Sentral Eropa.

Kesepakatan dana talangan Siprus dicapai Senin pagi (25/3) dalam perundingan menit-menit terakhir sebelum tenggat Bank Sentral Eropa.
Siprus memperoleh dana talangan 13 milyar dolar, menghindari kebangkrutan dan pemecatan dari Eurozone, tetapi dampak persetujuan itu menimbulkan berbagai penafsiran berbeda.

Para investor Rusia menyimpan sejumlah besar uang, sebagian diperoleh dengan cara tidak sah, di bank-bank Siprus. Perdana Menteri Rusia Dmitry Medvedev hari Senin mengatakan dengan memajaki sekitar 30 persen deposito besar yang tidak dijamin asuransi untuk membantu menyelesaikan krisis utangnya, Siprus telah merampok warga Rusia yang menyimpan uang di negara itu.

Kanselir Jerman Angela Merkel yang menganjurkan pemaksaan agar negara-negara yang dibebani utang membereskan masalah finansial mereka mengatakan, rencana pinjaman dana talangan untuk Siprus itu cukup adil.

Kesepakatan dana talangan Siprus dicapai Senin pagi dalam perundingan menit-menit terakhir sebelum tenggat yang ditentukan oleh Bank Sentral Eropa.

Bank Sentral Eropa mengatakan, akan menghentikan pendanaan darurat untuk bank-bank Siprus jika tidak dicapai kesepakatan. Dengan diperolehnya dana talangan, Bank Sentral Eropa mengatakan akan meneruskan bantuan daruratnya.