Siarkan Buku Harian Dubes untuk Libya, Deplu AS Kecam CNN

Para pengunjung melewati pintu masuk kantor pusat pemberitaan CNN di Atlanta (Foto: dok). Deplu AS mengecam pemberitaan terkait buku harian dubes AS yang terbunuh di Libya, Christopher Stevens yang ditayangkan Jum'at, 21 September 2012 dalam acara yang dipandu Anderson Cooper, AC 360.

Jurubicara Departemen Luar Negeri Amerika Philippe Reines mengecam saluran televisi berita CNN atas pemberitaan terkait isi buku harian Dubes AS Christopher Stevens yang terbunuh di Libya.
Departemen LN Amerika menyatakan kemarahan pada jaringan televisi CNN karena menyiarkan isi buku harian Dutabesar Amerika untuk Libya yang tewas dalam serangan di Benghazi tanggal 11 September.

CNN menemukan buku harian itu di lantai kompleks konsulat yang katanya tidak dijaga.

Jurubicara departemen LN Philippe Reines marah karena CNN melaporkan isi buku harian itu walaupun adanya keberatan dari keluarga mendiang Dutabesar Stevens.

Tapi CNN mengatakan hari Sabtu, rakyat Amerika perlu tahu tentang apa yang telah diketahui oleh CNN dari berbagai sumber tentang ketakutan dan peringatan-peringatan akan adanya ancaman serangan atas konsulat Amerika di Benghazi itu.

Menurut CNN, penemuan-penemuan itu menimbulkan pertanyaan mengapa Departemen LN Amerika tidak mengambil langkah-langkah yang lebih kuat untuk melindungi Dutabesar Stevens. Kata CNN lagi, anehnya, Departemen LN menyerang CNN yang hanya melaporkan penemuan itu.

Reines menilai CNN telah ingkar janji terhadap keluarga Stevens untuk tidak memberitakan buku harian itu. Dikatakan, CNN menyalin buku harian itu sebelum memberitahu siapa pun bahwa pihaknya mengambil buku itu dari lokasi serangan.

Buku harian itu pertama kali diberitakan CNN dalam acara AC 360, dipandu Anderson Cooper, hari Jumat (21/9).