Bentrokan di Republik Demokratik Kongo, Jelang Kedatangan Sekjen PBB

Pemberontak M23 berjaga dengan senjatanya di dekat pos penjagaan penjaga perdamaian PBB di desa Kanyaruchinya , tiga kilometersebelah utara kota Goma (Foto: dok). Bentrokan pasukan militer dan pemberontak M23 telah memasuki hari ketiga, menjelang kedatangan sekjen PBB di wilayah tersebut, Rabu (22/5).

Pemberontak dan pasukan militer bentrok di bagian Timur Republik Demokratik Kongo (DRC), satu hari sebelum Sekjen PBB Ban Ki-moon dijadwalkan tiba di kawasan tersebut.
Pertempuran hari Rabu di luar kota Goma menandai hari ketiga bentrokan antara militer Kongo dan kelompok pemberontak M23.

Para saksi mengatakan tembakan artileri menghantam kawasan permukiman Ndosho di Goma, menewaskan satu orang dan melukai tiga lainnya. Belum jelas pihak mana yang melancarkan tembakan artileri itu.

Ban tiba di ibukota DRC, Kinshasa, Rabu, mengawali lawatan tiga harinya di wilayah tersebut, yang ditujukan untuk mempromosikan perdamaian dan pembangunan di Kongo Timur.

Ia dijadwalkan akan bertemu Presiden DRC Joseph Kabila sebelum pergi ke Goma, Kamis, yang kemudian diikuti dengan perhentian di Rwanda dan Uganda.