Belanda Tangguhkan Bantuan untuk Rwanda

Belanda menangguhkan bantuan untuk Rwanda sebagai tanggapan atas laporan PBB mengenai keterlibatan negara itu dalam pemberontakan di Kongo (Foto: dok).

Belanda menangguhkan bantuan enam juta dolar untuk Rwanda, sebagai tanggapan atas laporan PBB yang menuduh Rwanda terlibat mendukung pemberontakan di Konggo.
Belanda menangguhkan bantuan enam juta dolar untuk Rwanda yang dituduh mendukung pemberontakan di Republik Demokratik Kongo. Tindakan itu diambil menanggapi laporan PBB yang menuduh pemerintahan presiden Paul Kagame mendukung pemberontak di Kongo timur.

Rwanda membantah tuduhan tersebut dan menyebut keputusan Belanda itu terburu-buru dan tidak dipikirkan dalam-dalam. Amerika juga telah menarik bantuan militer 200 ribu dolar untuk Rwanda, dan Inggris menangguhkan pengucuran bantuan 25 juta dolar untuk bulan Juli, karena tuduhan yang dicantumkan dalam laporan Kelompok Pakar PBB.

Bukti keterlibatan Rwanda yang dicantumkan dalam laporan itu mencakup pernyataan seorang petani Kongo yang mengatakan bahwa ia dihampiri tentara Rwanda selagi bekerja di ladangnya.