Balerina Rusia Terkenal Tutup Usia

Balerina terkenal Rusia Maya Plisetskaya tersenyum dalam sebuah upacara kenegaraan di Kremlin, Moskow, Rusia, 31 Oktober 2011. Plisetskaya meninggal hari Sabtu, 2 Mei 2015 karena serangan jantung. (AP)

Balerina terkenal Rusia Maya Plisetskaya, salah seorang ballerina terbaik abad ke-20 ini, meninggal hari Sabtu (2/5) di Jerman akibat serangan jantung. Ia meninggal dalam usia 89 tahun.

Kantor berita resmi Rusia TASS mengutip Direktur Bolshoi Vladimir Urin sebagai mengatakan “tim dokter berupaya melakukan apapun tetapi tidak ada lagi yang bisa dilakukan.” Urin menyampaikan hal itu kepada pers setelah sebelumnya berbicara dengan suami Plisetskaya, komposer terkenal Rusia Rodion Shchedrin, di Munich.

Dikenal sebagai seniman yang dramatis dan memiliki kemampuan sangat luar biasa, Plisetskaya merupakan balerina utama dalam pertunjukkan balet Rusia selama lebih dari 50 tahun dan menjadi balerina primadona Bolshoi pada tahun 1960an. Ia pensiun pada tahun 1990 dalam usia 65 tahun.

Dilahirkan dari keluarga Yahudi-Rusia, sewaktu berusia 12 tahun Plisetskaya melihat langsung ayahnya ditangkap pada tahun 1937 dan ditembak mati setahun kemudian. Ia kemudian menulis bahwa ia baru tahu saat kematian ayahnya, sebagai korban pembersihan pemerintahan Stalin, pada tahun 1989. Ibunya dituduh berkhianat dan dikirim ke kamp kerja paksa di Kazakhstan, meninggalkan remaja putri yang sangat berbakat ini untuk dibesarkan oleh keluarga mereka.