Aliran Listrik di India Kembali Normal

Warga New Delhi kembali dapat menikmati perjalanan dengan Kereta Delhi Metro (1/8). Pabrik-pabrik dan pertokoan di India kembali beroperasi setelah listrik berfungsi normal di India. Pemadaman listrik besar-besaran sempat meresahkan 620 juta warga India.

Aliran listrik di India telah berfungsi sepenuhnya setelah terjadi pemadaman yang mengakibatkan lebih 600 juta orang warga menderita tanpa aliran listrik.
Para pejabat mengatakan hari Rabu (1/8) aliran listrik telah berfungsi normal di India utara dan timur, setelah sebelumnya penduduk di 20 negara bagian mengalami pemadaman listrik sepanjang hari.

Pemadaman tersebut merupakan yang kedua kalinya dalam beberapa hari ini, setelah pemadaman sebelumnya, hari Senin (30/7) yang memutus aliran listrik bagi 300 juta orang.

Menteri Kelistrikan India Sushil Kumar Shinde menyalahkan negara-negara bagian India karena memicu kerusakan jaringan listrik dengan mengambil listrik melebihi jatah mereka. Tetapi pimpinan Perusahaan Jaringan Listrik India mengatakan bahwa terlalu dini untuk mengetahui penyebab pemadaman tersebut dengan pasti.

Pemadaman listrik terbatas biasa terjadi di India, tetapi para analis mengatakan pemadaman besar-besaran demikian menegaskan kelemahan prasarana negara itu di saat India berupaya keras untuk menjadi negara adi daya dalam bidang ekonomi.