Obama Sambut Baik Kemajuan Penting dalam Reformasi Layanan Kesehatan

Presiden Barack Obama menyambut baik persetujuan reformasi pelayanan kesehatan yang dicapai Demokrat di Senat Amerika, seputar opsi asuransi yang dioperasikan pemerintah.

Presiden mengatakan Rabu, Senat membuat kemajuan penting yang membantu melapangkan jalan bagi diloloskannya sebuah RUU reformasi pelayanan kesehatan.

Pemimpin mayoritas Senat Harry Reid mengatakan Selasa sore bahwa sebuah persetujuan telah dicapai mengenai apa yang disebut "opsi publik" itu. Lembaga ini diusulkan guna bersaing dengan asuransi swasta dan menyediakan asuransi bagi warga Amerika yang tidak memilikinya.

Sementara perdebatan berlanjut Rabu di Kongres, Senator Republik Mitch McConnell mengatakan RUU pelayanan kesehatan ini merupakan sebuah kegagalan. Ia mengatakan waktunya sudah tiba untuk mengakhiri RUU ini dan mulai dari awal lagi.

Dalam perkembangan lainnya, Presiden Barack Obama mendesak anggota kedua partai utama untuk bekerja sama dalam penciptaan lapangan pekerjaan baru serta mengurangi tingkat pengangguran yang sudah mencapai 10 persen.

Komentarnya datang menyusul sebuah pertemuan dengan para pemimpin Kongres Demokrat dan Republik di Gedung Putih Rabu.

Presiden mengatakan mereka membahas rencana untuk menawarkan potongan pajak guna mendorong bisnis kecil berkembang dan merekrut tenaga kerja. Rencana ini merupakan bagian dari sejumlah usul yang diuraikan nya hari Selasa, terdiri antara lain belanja perbaikan jalan, jaringan broadband dan membuat rumah lebih efisien energi.

Menteri Keuangan Amerika Timothy Geithner memberi tahu para pemimpin Kongres Rabu bahwa pemerintahan Obama bermaksud memperpanjang program penyelamatan finansial pemerintah bernilai 700 miliar dolar sampai Oktober tahun depan.

Program ini disebut Troubled Asset Relief Program atau TARP.