Joe Biden: Israel Punya Hak Bertindak Terhadap Iran Tanpa Persetujuan AS

Wakil presiden Joe Biden mengatakan Israel memiliki hak untuk bertindak terhadap ancaman dari Iran dengan atau tanpa persetujuan pemerintah Amerika.

Biden mengatakan Minggu, Washington tidak akan mendikte sebuah negara berdaulat seperti Israel apa yang bisa atau tidak bisa dilakukannya pada saat keberlangsungannya terancam oleh negara lain. Ia berbicara ketika diwawancarai televisi ABC.

Israel menuduh Iran berusaha mengembangkan senjata nuklir dan menyebut setiap langkah seperti itu merupakan ancaman terhadap keberlangsungan Israel. Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad pernah menyerukan akan "menghapus Israel dari peta bumi." Iran mengatakan program nuklirnya diarahkan untuk tujuan damai.

Pemerintah Israel mengatakan fihaknya lebih suka mempergunakan diplomasi untuk mencegah Iran memperoleh senjata nuklir tetapi tidak mengenyampingkan penyelenggaraan serangan militer.

Ketua Staf Gabungan Militer Amerika Laksamana Mike Mullen mengatakan Minggu, ia berpendapat serangan terhadap Iran akan bersifat mendestabilisasikan dan akan punya konsekuensi yang tidak diinginkan.

Tetapi katanya, Amerika tidak bisa mengenyampingkan opsi militer, karena sebuah Iran yang dipersenjatai nuklir, dalam pandangannya, akan mendestabilisasikan wilayah itu.