Kelompok Anti Thaksin Akan Bentuk Partai Politik

Para pengunjuk-rasa yang bernaung di bawah Aliansi Rakyat Bagi Demokrasi dan pegang peranan penting dalam menjatuhkan mantan perdana menteri Thaksin Shinawatra dan pemerintah yang menggantikannya, mengatakan mereka akan membentuk partai politik.

Anggota Aliansi dikenal mengenakan kaus kuning sebagai ciri kelompok pro kerajaan. Mereka bersorak-sorai tatkala para pemuka aliansi mengumumkan keputusan untuk membentuk partai dalam rapat di Bangkok hari Senin.

Aliansi Rakyat Bagi Demokrasi menggerakkan protes jalanan anti Thaksin sebelum kudeta tahun 2006 yang menjatuhkan mantan perdana menteri itu. Aksi protes bangkit lagi ketika kelompok pro Thaksin memenangkan pemilihan purna kudeta tahun berikutnya.

Kelompok Kaus Kuning tidak lagi berada di jalanan sejak pemerintah koalisi pimpinan Perdana Menteri Abhisit Vejjajiva berkuasa. Namun pergolakan politik di Thailand berlanjut tahun lalu ketika pendukung Thaksin memaksa pembatalan KTT ASEAN dan bentrok dengan pasukan keamanan sewaktu di Bangkok berlaku keadaan darurat.