Solana dan Perunding Nuklir Iran akan Bertemu di London Pekan Depan

Media Iran menyatakan ketua tim perunding nuklir Iran dan seorang pejabat tinggi Uni Eropa akan bertemu pekan depan di London untuk membahas program nuklir Teheran.

Deputi ketua tim perunding nuklir Iran Javad Vaeedi dikutip menyatakan bahwa pembicaraan antara Saeed Jalili dan kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Javier Soalana akan berlangsung 30 November mendatang.

Juga hari ini, Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad mengesampingkan pemberian konsesi apa pun dengan negara Barat dalam hal program nuklir Iran.

Dalam pidatonya di kota Ardabil, Iran Utara, Ahmadinejad mengatakan bahwa jika Iran menawarkan konsesi nuklir sekecil apa pun, negara-negara Barat akan meminta lebih banyak lagi konsesi dengan mengeluarkan berbagai ancaman.

Kata pejabat Iran, negeri itu bersedia berunding dengan Uni Eropa untuk menyelesaikan keberatan mereka tentang program nuklir Iran. Solana dijadwalkan melaporkan kepada PBB akhir bulan ini mengenai kesediaan Iran untuk memenuhi tuntutan mereka agar Iran membekukan program pengayaan nuklirnya.