Bush akan Mengangkat Utusan Khusus untuk Akhiri Kekerasan di Darfur

Para pejabat Amerika mengatakan Presiden Bush akan mengangkat utusan khusus untuk berusaha membantu pengakhiran kekerasan di daerah Darfur, Sudan, ketika ia berpidato di hadapan Majelis Umum PBB hari ini.

Para pejabat mengatakan Bush telah mengambil keputusan untuk mengangkat Andrew Natsios, seorang mantan pimpinan Badan Pembangunan Internasional Amerika.

Dalam perkembangan lain, wartawan VOA di PBB mengatakan para pejabat Sudan telah memberi indikasi mereka akan mengizinkan pasukan penjaga perdamaian Uni Afrika berada di Darfur selama 6 bulan lagi. Misi penjaga perdamaian Uni Afrika yang sekarang akan habis akhir bulan ini.

Sudan telah menghadapi tekanan internasional untuk memperpanjang mandat Uni Afrika. Para pejabat Uni Afrika mengatakan keputusan resmi mungkin akan diambil hari Rabu.

Pemerintah Sudan telah menghambat rencana PBB untuk mengubah misi Uni Afrika itu ke pasukan PBB yang lebih besar dengan perlengkapan yang lebih baik. Presiden Sudan Omar Hassan al-Bashir mengatakan ia akan memperlakukan pasukan PBB di Darfur sebagai pasukan pendudukan asing.