Pemilih di Kazakhstan Berikan Suara Dalam Pemilu Presiden

Sembilan juta pemilih terdaftar Kazakhstan telah mulai memberikan suara dalam pemilu presiden ke tiga sejak negara itu memperoleh kemerdekaan tahun 1991. Presiden Nursultan Nazarbayev dilaporkan memimpin di semua TPS dan secara luas diperkirakan akan menang untuk masa tujuh tahun yang ke tiga kalinya dalam persaingan dengan empat penantang lain.

Pemerintah Nazarbayev masih akan melarang semua bentuk protes setelah pemilu selesai dalam upaya mencegah resistensi massal seperti yang telah mengarah pada revolusi damai di Ukraina dan Georgia.

Pihak berwenang juga telah menutup perbatasan Kazakhstan dengan Kyrgystan dimana pernah terjadi protes-protes terkait pemilu yang melengserkan pemimpin bergaya Soviet Askar Akayev dari kekuasaan awal tahun ini.

Lebih dari 1500 pemantau akan memonitor pemilu hari Minggu ini. Organisasi Keamanan dan Kerjasama Eropa mengirimkan paling banyak relawan sebagai pemantau. Dalam evaluasi pendahuluan sebelum pemilu, organisasi itu menyatakan keberatan terhadap ketidak-adilan dalam kampanye.