Departemen Pertahanan Amerika Merencanakan Mengurangi Jumlah Pasukannya di Irak

Sebuah laporan yang diterbitkan Rabu ini mengatakan Departemen Pertahanan Amerika sedang merencanakan untuk mengurangi jumlah pasukan Amerika di Irak mulai tahun depan. Suratkabar Washington Post mengatakan, rencana tentative Pentagon ini kemungkinan dipengaruhi oleh serangkaian insiden besar di Irak.

Mengutip pernyataan beberapa perwira militer senior, suratkabar itu mengatakan, Departemen Pertahanan Amerika telah membuat serangkaian apa yang disebut poin-poin keputusan untuk tahun 2006 mengenai kekuatan pasukan Amerika di Irak yang saat ini mencapai sekitar 160 ribu tentara. Angka itu diperkirakan akan menurun menjadi sekitar 130 ribu setelah pemilu di Irak bulan depan.

Berdasarkan apa yang disebut para perencana Amerika sebagai sKenario cukup optimis, Washington Post mengatakan total tentara Amerika di Irak tahun depan bisa menyusut di bawah 100 ribu orang. Pasukan yang ditarik dari Irak kemungkinan akan dikerahkan di Kuwait atau tempat lain di Teluk Persia, namun suratkabar itu mengatakan, keputusan akhir baru akan dibuat setelah pemilu Irak 15 Desember mendatang.