Rice akan Berkunjung ke Pakistan untuk Melihat Korban Gempa Bumi

Para petugas pertolongan di Pakistan hari ini memulai lagi usaha pengiriman barang-barang bantuan kepada para korban gempa bumi, setelah cuaca buruk menghentikan untuk sementara pengungsian para korban dan pengiriman bantuan.

Menteri Luar Negeri Amerika Condoleeza Rice akan berkunjung ke Pakistan hari ini untuk menyatakan dukungan Amerika bagi korban gempa berkekuatan 7,6 pada skala Richter hari Sabtu pekan lalu.

Para pejabat Pakistan mengatakan sekitar 50-ribu tentara dikerahkan untuk membantu para korban. Mereka mengatakan jumlah korban tewas akibat gempa lebih dari 23-ribu jiwa.

Ratusan-ribu orang di kota-kota dan desa-desa terpencil di utara Pakistan terpaksa tinggal di udara terbuka, tanpa makanan, air bersih dan kebutuhan pokok lainnya,

Ribuan orang telah meninggalkan kota Muzaffarabad – ibukota Kashmir yang dikuasai Pakistan – pusat gempa tersebut.

Di seberang perbatasan, di Kashmir India, para pejabat mengatakan angka kematian akibat gempa telah melampaui 1400 orang, dan dapat meningkat lagi. Pihak militer India memimpin operasi pertolongan dan pengiriman barang-barang bantuan ke daerah-daerah terkena bencana.