30 Tahun Jatuhnya Saigon Diperingati

Puluhan ribu orang tentara dan warga sipil Vietnam hari ini memperingati 30 tahun jatuhnya kota Saigon. Tentara berbaris di jalan utama kota Ho Chi Minh, menapak tilas jalur yang dilewati tank-tank 30 tahun yang lalu ketika tentara Vietnam Utara masuk ke kota yang waktu itu namanya Saigon.

Dalam pidatonya hari ini, Presiden Tran Duc Luong memuji kekuatan kota Ho Chi Minh, yang disebutnya sebagai mesin ekonomi Vietnam. Ia menghimbau agar kaum muda Vietnam membangun negara yang makmur.

Tentara Vietnam Utara merebut Saigon tanggal 30 April tahun 1975, ketika pemerintah Vietnam Selatan yang didukung Amerika tumbang. Tiga juta warga Vietnam dan 58.000 tentara Amerika tewas dalam perang yang berlangsung lama itu.

Sementara itu, seorang penerbang militer Vietnam tewas dan seorang lagi cedera setelah pesawat yang mereka tumpangi jatuh dalam penerbangan latihan di lepas pantai tengah negara itu. Mesin pesawat L-39 buatan Ceko itu macet dekat kota Nha Trang hari Jumat, dan pesawatnya jatuh di laut dekat pulau Hon Tre.

Penerbangnya, yang meloncat keluar dari pesawat dengan parasut, mengalami luka ringan. Penerbang satunya lagi tidak sempat keluar dan tewas.