Irak Tingkatkan Penjagaan Keamanan untuk Hari Raya Ashura

Kaum Muslim Syiah berjalan menuju kota suci Karbala untuk hari Aabaeen, 40 hari berkabung setelah Ashura tahun lalu, 3 Februari 2010.

Pihak berwenang telah mengerahkan paling sedikit 23.000 penjaga keamanan di seantero kota suci Karbala, di sebelah selatan Baghdad.

Para pejabat Irak telah meningkatkan penjagaan keamanan di kota suci Karbala di mana puluhan ribu peziarah berkumpul untuk memperingati Ashura, salah satu hari suci terpenting bagi kaum Muslim Syiah.

Pihak berwenang telah mengerahkan paling sedikit 23.000 penjaga keamanan di seantero kota itu, terletak di sebelah selatan Baghdad.

Polisi mengatakan bom pinggir jalan yang ditujukan pada para peziarah Syiah meledak di Baghdad, Selasa, menewaskan tiga orang. Para pejabat Irak mengatakan paling sedikit empat peziarah Syiah tewas dalam ledakan bom bunuh diri dekat ibukota itu pada hari Senin.

Ashura dirayakan oleh Muslim Syiah di seluruh dunia. Perayaan itu memperingati wafatnya Imam Hussein, cucu Nabi Muhammmad SAW, lebih 1.300 tahun lalu.