Kim Jong Il dari Tahun ke Tahun

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Il dalam sebuah parade militer merayakan HUT Korea Utara ke-63, 9 September 2011 (foto: AFP).

Ekspresi yang tidak sering terlihat dalam foto-foto Kim Jong Il tertangkap saat ia mengunjungi sebuah pusat perbelanjaan di Vladivostok, 3 Agustus 2002 (foto: AFP).

Kim Jong Il (tengah) di landasan pacu bandara Pyongyang, menanti kedatangan Presiden Tiongkok saat itu, Yang Shangkun, 17 April 1992 (foto: AFP).

Dalam foto tanpa tanggal ini, terlihat Kim Jong Il (tengah) ditemani oleh putranya Kim Jong Un (kanan), mengunjungi Unit 1016 Angkatan Udara Korea Utara di sebuah lokasi yang tidak diketahui (foto: AFP).

Kim Jong Il (tengah), putra Presiden Kim Il Sung yang sebelum kematian ayahnya sudah disiapkan menjadi penerus, mengunjungi sebuah tambang (foto: AFP).

Ribuan orang bertekuk lutut di depan patung raksasa Presiden Korea Utara Kim Il Sung untuk meratapi meninggalnya pemimpin tersebut di Pyongyang, Korea Utara, 9 Juli 1994 (foto: AFP).

Kim Jong Il (kanan) dan ayahnya, Kim Il Sung (kiri), menghadiri sebuah pesta di sela-sela Konvensi Nasional ke-6 bagi Partai Pekerja Korea Utara (foto: AFP).

Kim Jong Il (kanan) bersama ayahnya, yang juga adalah presiden saat itu, dalam foto tanpa tanggal (foto: AFP).

Pemimpin Korea Utara Kim Il Sung (kanan) dengan anak dan penerus pilihannya, Kim Jong Il, dalam sebuah foto resmi yang tak bertanggal (foto: AFP).

Kim Jong Il (kiri bawah) duduk dengan putranya, Jong Nam (bawah kanan). Kakak ipar Kim, Sung Hye Rang (kiri atas), putri Sung, Lee Nam Ok (tengah atas) dan putra Sung, Lee Il Nam (kanan atas) berfoto bersama, 19 Agustus 1981 (foto: AFP).

Presiden Korea Utara Kim Il Sung, 10 Juli 1950 (foto: AFP).

Putra ketiga Kim Jong Il, Kim Jong Un, 18 Oktober 2010 (foto: AP).

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Il, meninggal dunia dalam usia 69 tahun. Laporan resmi menyatakan Kim terkena meninggal dunia karena serangan jantung.