Tautan-tautan Akses

Wapres Amerika Melawat ke Eropa


Pro-Russian fighters guard their military unit in the city of Donetsk, eastern Ukraine, June 27, 2014.
Pro-Russian fighters guard their military unit in the city of Donetsk, eastern Ukraine, June 27, 2014.

Wakil Presiden Amerika Joe Biden melakukan kunjungan ke tiga negara di Eropa, yang diperkirakan akan membicarakan perang saudara yang sedang berlangsung di Suriah.

Ini adalah perlawatan pertamanya ke luar negeri sejak masa jabatan kedua pemerintahan Obama mulai tanggal 20 Januari. Biden akan singgah mula-mula di Berlin untuk berbicara hari Jumat dengan Kanselir Jerman Angela Merkel. Disamping Suriah, pembicaraan mereka kemungkinan besar akan membahas ekonomi sedunia, Afghanistan dan program nuklir Iran.

Hari Sabtu, Biden akan berpidato pada Konferensi Keamanan Munchen yang ke-49, forum dimana ia berpidato empat tahun lalu. Para pejabat Amerika mengatakan bahwa di sela-sela konferensi itu, ia akan mengadakan beberapa pembicaraan bilateral, termasuk dengan Menteri Luar negeri Rusia Sergei Lavrov. Para pejabat juga mengatakan wakil presiden itu akan meminta Lavrov agar memberi pernyataan yang lebih jelas mengenai sikap Rusia terhadap Suriah.

Rusia adalah sekutu Suriah. Rusia dan Tiongkok telah tiga kali mem-veto resolusi yang menghalangi tindakan Dewan Keamanan PBB terhadap Suriah yang mendatangkan kecaman internasional karena melindungi rejim Presiden Bashar al-Assad.

Biden juga akan mengadakan pertemuan bilateral di Munchen dengan utusan PBB-Liga Arab untuk Suriah, Lakhdar Brahimi – yang telah memperingatkan bahwa Suriah sedang dihancurkan – dan dengan Moaz al-Khatib, presiden Dewan Oposisi Suriah.

Pembicaraan yang serupa diperkirakan pekan depan ketika wakil presiden Amerika itu pergi ke Paris untuk bertemu dengan Presiden Perancis Francois Hollande, dan ke London untuk berbicara dengan Perdana Menteri Inggris David Cameron dan Wakil Perdana menteri Nick Clegg.

PBB telah menghimbau sumbangan dana $ 1,5 miliar untuk membantu sekitar lima juta orang di dalam dan di luar Suriah untuk 6 bulan mendatang. Pekan ini, Amerika Serikat mengumumkan akan memberi $ 155 juta dalam bantuan baru kepada Suriah guna membantu memenuhi kebutuhan kemanusiaan yang mendesak. PBB menaksir konflik yang hampir dua tahun itu di Suriah telah menewaskan lebih dari 60 ribu orang.
XS
SM
MD
LG