Tautan-tautan Akses

Tembakau, Bahan Bakar Masa Depan?


Julian Bobe dari perusahaan Tyton Bio Energy Systems, mengatakan ada kegunaan lain tembakau, contohnya untuk membuat etanol.
Julian Bobe dari perusahaan Tyton Bio Energy Systems, mengatakan ada kegunaan lain tembakau, contohnya untuk membuat etanol.

Tanaman tembakau bisa membuat planet bumi lebih sehat.

Hampir sejak awal masa koloninya, Virginia adalah negara bagian penghasil tembakau dan meskipun penjualan rokok turun, Virginia masih tetap negara bagian penghasil tembakau terbesar.

Menurut Julian Bobe dari perusahaan Tyton Bio Energy Systems, ada kegunaan lain tembakau, contohnya untuk membuat etanol.

Bobe mengatakan, "Di Amerika, kita menghasilkan sekitar 52,5 miliar liter etanol sebagian besar dihasilkan dari jagung."

Tyton Bio Energy mulai membuat etanol dari tembakau.

"Dengan jagung kita bisa mendapat lebih dari 1050 liter tapi kalau menggunakan tembakau kita bisa memperoleh 3500 per 0,4 hektar," ujar Bobe.

Bobe menunjukkan bahwa tembakau bukan tanaman pangan dan seluruh bagian tanaman tembakau bisa dimanfaatkan.

"Jika dibandingkan dengan penggunaan tembakau sebelumnya hanya daunnya saja yang digunakan," ujarnya.

Bobe memperkirakan tembakau pada akhirnya bisa bersaing dengan jagung. "Tujuan kami adalah gula dari tembakau langsung dimasukkan ke tangki fermentasi setiap pabrik etanol di Amerika," tambahnya.

Tyton tidak lama lagi akan membuat etanol dari tembakau di North Carolina.[my/al]

XS
SM
MD
LG