Selasa, 21 Oktober 2014 Waktu UTC: 10:19

Berita / AS

Polisi AS Temukan 3 Perempuan yang Hilang Satu Dekade

Ketiga perempuan yang diculik satu dekade lalu, Amanda Berry, Gina Dejesus, dan Michele Knight, dalam kondisi baik dan telah dibawa ke rumah sakit di Cleveland, negara bagian Ohio, AS.

Para petugas FBI mengambil barang bukti dari rumah yang dijadikan tempat penculikan bagi tiga perempuan selama 10 tahun lebih di Cleveland, Ohio, Senin (6/5).
Para petugas FBI mengambil barang bukti dari rumah yang dijadikan tempat penculikan bagi tiga perempuan selama 10 tahun lebih di Cleveland, Ohio, Senin (6/5).
Polisi di kota Cleveland, negara bagian Ohio, Amerika Serikat memuji keberanian tiga perempuan yang ditemukan selamat Senin malam (6/5) setelah hilang selama satu dekade.

Tiga perempuan yang diculik dan disekap selama lebih dari 10 tahun, berhasil diselamatkan. Ketiganya diculik di jalan yang sama dalam periode waktu yang berbeda-beda, dan ditemukan di rumah penculik yang hanya berjarak sekitar 5 kilometer dari lokasi penculikan.

Kepanikan terdengar dari petikan telepon darurat ke layanan 911 yang dipublikasikan polisi sehari setelah Amanda Berry – korban penculikan selama lebih dari sepuluh tahun – berhasil menyelamatkan diri. Dalam petikan telepon itu terdengar suara Berry mencoba menjelaskan identitas dirinya, di mana ia berada saat ini dan siapa orang yang menculiknya.

Selain Amanda dan puterinya yang berusia 6 tahun, yang lahir semasa ia diculik, ada pula dua perempuan lain yang akhirnya juga berhasil diselamatkan polisi. Keduanya adalah Gina DeJesus dan Michele Knight, yang juga telah diculik dan disekap selama lebih dari 10 tahun di rumah yang sama.

Amanda berhasil melarikan diri setelah berteriak memanggil tetangga rumah dimana ia disekap di Seymour – Cleveland, ketika para penculik sedang meninggalkan rumah. Charles Ramsey – tetangga yang mendengar teriakan Amanda – mendobrak pintu dan membantunya menelfon 911.

Amanda Berry (kiri) dan Georgina Dejesus diculik selama 10 tahun lebih. Ketika ditemukan, Amanda sudah mempunyai seorang puteri berumur 6 tahun (foto: dok).Amanda Berry (kiri) dan Georgina Dejesus diculik selama 10 tahun lebih. Ketika ditemukan, Amanda sudah mempunyai seorang puteri berumur 6 tahun (foto: dok).
x
Amanda Berry (kiri) dan Georgina Dejesus diculik selama 10 tahun lebih. Ketika ditemukan, Amanda sudah mempunyai seorang puteri berumur 6 tahun (foto: dok).
Amanda Berry (kiri) dan Georgina Dejesus diculik selama 10 tahun lebih. Ketika ditemukan, Amanda sudah mempunyai seorang puteri berumur 6 tahun (foto: dok).
Amanda Berry diculik pada 21 April 2003 – sehari sebelum ulang tahunnya yang ke-17, sewaktu pulang dari tempat kerja paruh waktunya di Burger King. Setahun kemudian Gina DeJesus diculik di sekitar jalan yang sama. Ketika itu Gina baru berusia 14 tahun. Sebelum kedua gadis ini, tepatnya pada bulan April 2002, penculik yang sama menculik Michele Knight yang ketika itu berusia 20 tahun.

Berkat keberanian Amanda melarikan diri dan menelepon 911, ketiganya – dan gadis kecil berusia 6 tahun yang dilahirkan Amanda – berhasil diselamatkan. Dr. Gerald Maloney dari MetroHealth Medical Center memastikan kondisi kesehatan mereka dalam keadaan baik.

Pihak berwenang mengatakan tiga kakak beradik pelaku penculikan telah ditangkap, namun belum memberi rincian lebih lanjut. Mereka hanya menyebut identitas penculik sebagai Ariel Castro yang berusia 52 tahun, Pedro 54 tahun dan Oneil 50 tahun.

Amanda, DeJesus dan Knight bukanlah korban penculikan pertama yang disekap selama bertahun-tahun dan berhasil diselamatkan. Satu kasus penculikan paling ekstrim terjadi atas diri Jaycee Lee Dugard yang diculik dan disekap selama lebih dari 18 tahun.

Jaycee diculik sewaktu berjalan dari rumah menuju tempat perhentian bis sekolah di South Lake Tahoe – California – pada 10 Juni 1991. Penculiknya – suami istri Phillip Craig Garrido dan Nancy – menyekap Jaycee dalam sebuah tenda di halaman belakang rumahnya. Akibat perkosaan, Jaycee hamil dan melahirkan dua anak perempuan yang kini berusia 11 dan 15 tahun. Keduanya juga berhasil diselamatkan polisi. Pada 2 Juni 2011 Phillip Garrido dijatuhi hukuman 431 tahun penjara, sementara istrinya, Nancy Garrido dihukum 36 tahun penjara.

Pasca pembebasannya pada tahun 2010 negara bagian California membayar kompensasi 20 juta dollar kepada Jaycee Lee atas kelengahan para penegak hukum memonitor Phillip Garrido yang memiliki catatan kriminal dan dibebaskan dengan jaminan. Kompensasi ini dibayar guna menghindari tuntutan hukum yang lebih luas. Namun setahun kemudian Jaycee Lee Duggard melayangkan gugatan resmi kepada negara bagian California, dan hingga kini kasusnya masih berjalan.

Menurut data dari National Center for Missing & Exploited Children, sekitar 800 ribu anak di bawah usia 18 tahun hilang setiap tahun. Berbagai upaya telah dilakukan di Amerika untuk mencegah hal ini, seperti dengan membangkitkan kembali kewaspadaan masyarakat akan lingkungan sekitar, pencatatan data anak secara lebih detail, kampanye yang mendorong keluarga memberi informasi pencegahan dari tindakan penculikan kepada anak-anak, dan berbagai workshop bagi anak usia 5 hingga 17 tahun.
Forum ini telah ditutup.
Komentar-komentar
     
Tidak ada komentar di forum ini. Jadi yang pertama dan pasang komentar Anda

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook