Jumat, 27 Mei 2016 Waktu: 23:09

    Berita / Dunia

    Planet Seukuran Bumi Ditemukan di Luar Sistem Tata Surya

    Astronom Eropa menemukan sebuah planet di luar tata surya dengan ukuran dan lokasi yang mirip Bumi, namun suhunya sangat tinggi.

    Gambar planet mirip bumi yang dikeluarkan oleh Observatorium Eropa Selatan. (AP/ESO, L. Calcada)
    Gambar planet mirip bumi yang dikeluarkan oleh Observatorium Eropa Selatan. (AP/ESO, L. Calcada)
    Para astronom dari Observatorium Eropa Selatan mengatakan bahwa mereka menemukan sebuah planet di luar tata surya dengan ukuran dan lokasi yang mirip dengan Bumi, tulis jurnal Nature dalam laporan yang tersedia dalam situsnya pada Selasa (16/10).

    Ini adalah tipe planet yang telah dicari di galaksi Bima Sakti dan mereka menemukannya memutari sebuah bintang 25 triliun mil jauhnya. Namun planet mirip Bumi ini begitu panas sehingga permukaannya mungkin mirip lava mendidih. Tidak ada kehidupan yang bisa bertahan pada suhu 2.200 derajat yang sangat dengan bintang yang diorbitinya sehingga bisa diputari dalam beberapa hari.

    Para astronom tersebut yang menemukannya mengatakan bahwa sepertinya ada planet-planet lain yang mengitari bintang yang sama, sedikit lebih jauh jaraknya dan mungkin lebih dingin untuk bisa dialiri air dan kehidupan. Planet-planet tersebut mungkin pas dengan deskripsi planet yang tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin yang terkadang disebut Zona Goldilocks.

    Hal itu berarti bahwa dalam sistem bintang Alpha Centauri B, planet yang memiliki suhu yang pas mungkin lebih dekat jaraknya daripada yang sebelumnya dibayangkan oleh para astronom.

    Jaraknya sangat dekat sehingga dari beberapa tempat di bagian selatan Bumi, Alpha Centauri B dapat dilihat di langit malam tanpa teleskop. Namun masih terlalu jauh sehingga untuk menjangkaunya dengan teknologi yang ada sekarang perlu puluhan ribu tahun.

    Para ilmuwan telah mendesak NASA dan Lembaga Antariksa Eropa untuk melakukan misi ke arah bintang tersebut, paling tidak untuk mengambil gambar.

    Sudah ada kompetisi antara Eropa dan Amerika Serikat untuk menemukan eksoplanet, atau planet di luar sistem tata surya, yang mirip Bumi. Sejauh ini para ilmuwan telah menemukan 842 di antara yang menurut mereka ada miliaran jumlahnya.

    Meski planet yang baru ditemukan itu mengitari Alpha Centauri B, ia merupakan bagian dari sistem tiga bintang: Alpha Centauri A, B dan Proxima Centauri, yang agak lebih jauh. Sistem-sistem dengan dua bintang atau lebih adalah lebih umum daripada dengan satu bintang seperti matahari, menurut para astronom.

    Planet ini memiliki massa – ukuran berat yang tidak mengikutsertakan gravitasi -- lebih kecil yang telah ditemukan di luar sistem tata surya sejauh ini. Dengan massa sekitar 1,1 kali Bumi, ukurannya sangat mirip.

    Stephane Udry dari Observatorium Geneva, yang mengepalai tim perburuan planet di Eropa, mengatakan bahwa penemuan ini menunjukkan “ada prospek yang sangat bagus dalam pendeteksian planet dalam zona yang dapat ditinggali yang sangat dekat dengan kita.” (AP/Seth Borenstein)

    Lihat Juga

    Laporan PBB: Tidak Ada Pelanggaran Kesepakatan Nuklir Iran

    perkembangan terbaru Badan Energi Atom Internasional juga mengatakan Iran telah memperbaiki satu pelanggaran yang dicatat pada bulan Februari dengan mengurangi passkan air berat ke batas yang diizinkan, yaitu 143,3 ton atau di bawahnya. Selengkapnya

    Wartawan Australia Dipecat Setelah Upaya Penculikan di Lebanon

    Stephen Rice, produser program 60 Minutes Australia, membayar jasa pemulangan anak untuk menculik anak-anak itu dari ayah mereka setelah ibu mereka mengatakan dia membawa anak-anak itu berlibur tahun lalu dan tidak memulangkan mereka. Selengkapnya

    Pemimpin G7 Kecam Potensi Keluarnya Inggris dari Uni Eropa dalam Pernyataan Penutup

    perkembangan terbaru Masalah itu tidak ada dalam agenda formal acara tersebut, namun para pejabat Inggris beranggapan hal tersebut akan menjadi topik pembicaraan di antara para pemimpin kelompok tujuh negara ini. Selengkapnya

    Forum ini telah ditutup.
    Urutan Komentar
    Komentar-komentar
         
    oleh: M. Mathori Munawar dari: Pekalongan Jawa Tengah
    20.10.2012 19:54
    PELAJARI terus semesta alam ini sebelum mereka berjatuhan ke bumi. Menurut istilah pop-nya bertabrakan menyatu dengan bumi atau kiamat. Mudah-2an masih lama. Trim's.

    Ikuti Kami