Sabtu, 28 Mei 2016 Waktu: 03:04

    Berita / Dunia

    Penyitaan Narkoba Capai Rekor Tertinggi di Asia Timur dan Tenggara

    Penyitaan pil crystal meth dan methamphetamine mencapai rekor tertinggi di Asia Timur dan Tenggara tahun 2012, dan Burma tetap memegang statusnya sebagai sumber utama narkoba.

    Polisi Thailand menata paket-paket berisi methamphetamine untuk para wartawan dalam konferensi pers di Bangkok, Thailand, 15 Februari 2013 (Foto: dok).
    Polisi Thailand menata paket-paket berisi methamphetamine untuk para wartawan dalam konferensi pers di Bangkok, Thailand, 15 Februari 2013 (Foto: dok).
    Dalam laporan tahunan mengenai narkoba jenis amphetamine di Asia Timur dan Tenggara, Kantor PBB urusan Narkoba dan Kejahatan mengatakan bahwa methamphetamine adalah narkoba pilihan pertama atau kedua dalam 13 dari ke-15 negara Asia-Pasifik yang disurvei.

    Disebutkan bahwa penyitaan pil crystal meth dan methamphetamine mencapai rekor tertinggi di Asia Timur dan Tenggara tahun 2012, dan Myanmar tetap memegang statusnya sebagai sumber utama narkoba, Jumat (8/11).

    Sebanyak 227 juta pil methamphetamine disita di kawasan itu tahun lalu, peningkatan 59 persen dari 142 juta setahun sebelumnya, demikian menurut laporan tadi.  Ini merupakan peningkatan lebih dari tujuh kali lipat dari tahun 2008.

    Banyak dari pil tersebut disita di China 102,2 juta, disusul oleh Thailand 95,3 juta, dan Burma 18,2 juta, demikian kata laporan badan PBB tadi. Di Thailand, penyitaan hampir dua kali lipat jumlah sitaan tahun 2011 dan yang kedua terbesar yang pernah tercatat.

    Laporan tersebut mengungkap adanya penyitaan methamphetamine yang mencapai rekor tertinggi dalam tahun 2012.

    Ke-11,6 ton crystal meth yang disita di seluruh kawasan itu adalah yang paling tinggi dalam 10 tahun dan peningkatan 12 persen dari setahun sebelumnya.  Ini mencakup penyitaan di Indonesia, Thailand, Singapura, Kamboja, dan Brunai.

    Lihat Juga

    Warga AS Didakwa Berkomplot dengan Teroris

    Mahmoud Amin Mohamed Elhassan (26 tahun), penduduk Woodbridge, Virginia, Kamis malam (26/5) didakwa karena membantu dan bersekongkol memberikan dukungan material kepada ISIS dan membuat pernyataan palsu kepada FBI. Selengkapnya

    Laporan PBB: Tidak Ada Pelanggaran Kesepakatan Nuklir Iran

    Badan Energi Atom Internasional juga mengatakan Iran telah memperbaiki satu pelanggaran yang dicatat pada bulan Februari dengan mengurangi passkan air berat ke batas yang diizinkan, yaitu 143,3 ton atau di bawahnya. Selengkapnya

    Wartawan Australia Dipecat Setelah Upaya Penculikan di Lebanon

    Stephen Rice, produser program 60 Minutes Australia, membayar jasa pemulangan anak untuk menculik anak-anak itu dari ayah mereka setelah ibu mereka mengatakan dia membawa anak-anak itu berlibur tahun lalu dan tidak memulangkan mereka. Selengkapnya

    Forum ini telah ditutup.
    Komentar-komentar
         
    Tidak ada komentar di forum ini. Jadi yang pertama dan pasang komentar Anda

    Ikuti Kami