Kamis, 24 April 2014 Waktu UTC: 11:15

Berita / Iptek / Teknologi

Penjelajah NASA 'Curiosity' Kirim Foto Berwarna Pertama dari Kawah Mars

Kendaraan antariksa tak berawak Amerika Curiosity telah mengirimkan gambar berwarna pertamanya tentang daratan Mars, pemandangan coklat kemerahan dari dasar kawah itu.

Gambar berwarna pertama tentang daratan Mars yang dikirim Curiosity menunjukkan pemandangan coklat kemerahan dari dasar kawah Gale (7/8).
Gambar berwarna pertama tentang daratan Mars yang dikirim Curiosity menunjukkan pemandangan coklat kemerahan dari dasar kawah Gale (7/8).
UKURAN HURUF - +
Badan antariksa Amerika NASA hari Selasa mengatakan foto itu menunjukkan dinding utara dan lingkaran Kawah Gale di kejauhan.

Foto itu bisa dilihat di http://www.nasa.gov/images/content/674083main_PIA15691-full_full.jpg di bidik menggunakan sebuah kamera yang dipasang di lengan robot panjang pada kendaraan itu.

NASA dengan sukses mendaratkan Curiosity di kawah itu, Minggu malam setelah delapan bulan perjalanan di antariksa. Bagian bawah kendaraan itu membuat ratusan foto selama perjalanannya, tapi foto baru itu yang pertama setelah mendarat.

Foto pertama agak kabur, tapi NASA mengharapkan dalam dua tahun misi Curiosity itu, kamera-kameranya  akan menangkap gambar-gambar beresolusi tinggi.

Ken Edgett seorang petugas yang mengamati kamera itu mengambil gambar berwarna, menjelaskan penutup debu transparan kamera itu masih menempel ketika foto diambil menyebabkan sedikit kabur. Meski demikian bebatuan bisa dilihat di daratan foto itu.

Seiring dengan waktu kendaraan seukuran mobil bernilai 2,5 miliar  dolar itu akan digunakan untuk menyelidiki geologi planet Mars, cuaca dan tingkat radiasi. Ilmuwan berharap informasi itu akan membantu mereka menjawab pertanyaan lama, apakah pernah ada kehidupan di Mars atau apakah planet merah itu bisa menopang  kehidupan di masa depan.
Forum ini telah ditutup.
Urutan Komentar
Komentar-komentar
     
oleh: yohannes dari: surabaya
27.08.2012 08:13
ini merupaka lompatan besar, bagi peradaban manusia, dan ini semakin membuka cakrawala pandangan dan pemikiran bagi penghuni planet bumi ini. Bangunlah Indonesiaku,...............


oleh: muhammad iqbal dari: indonesia
16.08.2012 08:15
mungkin ne pesawat salah mendarat,krena mendarat nya di padang pasir ,,coba mendarat di tengah kota nya,hehehe


oleh: umar effendy dari: jakarta
09.08.2012 00:53
Sejak pendaratan manusia pertama dibulan puluhan tahun lalu misalnya Neil amstrong & Yurigagarin, ko tidak ada yah para ahli bangsa kita yg masuk nominasi utk ikut misi tsb, apakah memang tidak tertarik ?? atau tidak ada yg sekolah kejurusan tsb.?? tolong dong pak menteri /pak sby memberikan bea siswa mahasiswa kita utk mengikuti program luar angkasa.di LN, saya yakin awalnya manusia itu bodoh hanya kesempatan belajar yg membuat mereka jadi PINTAR. ambil itu uang para kuroptor berikan kepada mahasiswa yg briliant dan pintar untuk bisa membuktikan kepada bangsa2 lain bahwa kita BISA.. semoga !!


oleh: rizal ferdian dari: bandung
08.08.2012 02:24
waaah, keren banget tuh, pengetahuan saya jadi bertambah lagi.... semoga bbrapa waktu kedepan ada orang indonesia yang mendarat di planet lain atau menemukan planet baru....
motivasi bagi saya untuk mencapai kesuksesan seperti NASA ... ^_^

Ikuti Kami

Video & Foto Terbaru

JavaScript Anda dimatikan atau Anda memiliki versi Adobe Flash Player yang lama. Dapatkan Flash Player terbaru.
Perlukah Dapil Luar Negeri? - Liputan Berita VOA 24 April 2014i
X
Yuni Salim
23.04.2014
Tahun lalu muncul wacana pembentukan daerah pilihan luar negeri, wacana ini dinilai sebagai cara untuk meningkatkan keikut sertaan warga dalam pemilu legislatif, apa pendapat warga Indonesia di Washington DC? Ikuti laporan tim VOA berikut ini.
Video

Video Perlukah Dapil Luar Negeri? - Liputan Berita VOA 24 April 2014

Tahun lalu muncul wacana pembentukan daerah pilihan luar negeri, wacana ini dinilai sebagai cara untuk meningkatkan keikut sertaan warga dalam pemilu legislatif, apa pendapat warga Indonesia di Washington DC? Ikuti laporan tim VOA berikut ini.
Video

Video Film TV Mengalahkan Film Layar Lebar - Liputan Feature VOA

Serial televisi di AS semakin berkembang sejak dua dekade terakhir. Pemilihan kisahnya, dialog yang apik dan aktor-aktris pemerannya, kerap mengalahkan film-film Hollywood. Kini, pilihannya pun semakin banyak, seperti serial terbaru dari saluran TV AMC, “Turn”. Selengkapnya dalam Liputan berikut.
Video

Video Kafe Khusus 'Board Games'

Di tengah maraknya beragam gadget, ada tren baru di Amerika yakin semakin banyak kaum muda yang berpaling ke permainan tradisional seperti board games. Hal ini membuat munculnya kafe yang khusus menawarkan aneka board games seperti yang dilakukan Kafe Gamehaus di Los Angeles.
Video

Video Desainer Fashion Gunakan Printer 3D - VOA untuk Dunia Tekno 24 April 2014

Printer tiga dimensi merambah dunia fashion, dengan para desainer berpaling pada teknologi baru ini untuk merancang busana. Teknologi ini memang berkembang pesat, dan boleh jadi suatu saat akan tersedia bagi semakin banyak orang. Selengkapnya berikut laporan reporter VOA Ade Astuti.
Video

Video Kilas VOA 24 April 2014

Ukraina membatalkan gencatan senjata dengan separatis pro Rusia di bagian Timur. Pejabat Australia menyelidiki potongan logam di pantai barat negara itu. Presiden Obama dan PM Jepang Shinzo Abe makan bersama di Sukibayashi Jiro. Lupito Nyong’O terpilih sebagai tokoh ‘most beautiful’ majalah people.
 Aktivitas di Facebook