Tautan-tautan Akses

Pendiri Google Masih Digaji $1 Per Tahun


Salah satu pendiri Google, Larry Page dalam sebuah jumpa pers di New York. (Foto: Dok)
Salah satu pendiri Google, Larry Page dalam sebuah jumpa pers di New York. (Foto: Dok)

Larry Page, Sergey Brin, dan petinggi lainnya bersikeras untuk membatasi gaji mereka sebesar $1 per tahun sejak Google menjadi perusahaan publik satu dasawarsa lalu.

Google membayar pendirinya, Larry Page dan Sergey Brin, dengan gaji tetap masing-masing senilai US$1 saja tahun lalu, sementara pemimpin Google Eric Schmidt menerima kompensasi lebih dari dua kali lipat menjadi $19.3 juta.

Bagian terbesar kenaikan gaji Schmidt datang dari hibah saham bernilai $11.4 juta. Google memberikan hibah saham untuk mengkompensasi kesalahan administrasi yang dilakukan saat menangani administrasi imbalan yang diterima Schmidt pada Februari 2011, sesuai catatan dokumen yang diajukan ke otoritas keuangan Jumat (28/3).

Andaikata tidak terjadi kesalahan, paket gaji Schmidt tahun lalu seharusnya naik 4 persen dari $7.6 juta yang ia peroleh pada 2012.

Page, Brin, dan petinggi lainnya berkeras untuk membatasi gaji mereka sebesar $1 per tahun sejak Google menjadi perusahaan publik satu dasawarsa lalu. Ini merupakan ungkapan simbolis yang banyak dilakukan eksekutif Silicon Valley lainnya, setelah meraih kekayaan besar melalui pemilikan saham di perusahaan masing-masing.

Page, 41, dan Brin, 40, masing-masing memiliki saham Google yang sekarang bernilai sekitar $26 milyar.

Schmidt, 58, sudah mengumpulkan kekayaan berkisar $9 milyar menurut Majalah Forbes. Ia juga membatasi gajinya sebesar $1 per tahun ketika menjabat sebagai CEO.

Skala pembayaran berubah drastis sejak Schmidt menyerahkan jabatan CEO kepada Page tiga tahun yang lalu. Pada 2011, Schmidt menerima kompensasi senilai $101 juta, yang sebagian besar berupa saham terbatas yang dirancang khusus agar ia tetap bekerja untuk Google. Bulan lalu, Google mengumumkan bahwa Schmidt kembali menerima imbalan saham senilai $100 juta tahun ini.

Sebagai pimpinan Google, Schmidt terutama menangani masalah regulasi, hubungan dengan pemerintah dan pembelian bisnis-bisnis lain.

Perusahaan berpendapat bahwa Schmidt melakukan pekerjaannya dengan sangat baik tahun lalu sehingga ia menerima bonus uang tunai $6 juta guna melengkapi gajinya sebesar $1.25 juta.

Tidak ada eksekutif Google lainnya yang tercatat dalam daftar proxy dan diajukan kepada otoritas, memenuhi persyaratan bonus maksimum tahun lalu.

Google dan pemegang sahamnya bernasib baik tahun lalu. Pendapatan perusahaan melonjak 20 persen dari tahun lalu menjadi $12.9 milyar dan harga sahamnya naik 58 persen. Indeks Standard & Poor's 500 naik 30 persen tahun lalu.
XS
SM
MD
LG