Selasa, 29 Juli 2014 Waktu UTC: 10:42

Berita / Ekonomi

KTT Anggaran Uni Eropa Gagal Capai Kesepakatan

KTT yang bertujuan menanggulangi krisis ekonomi di Eropa diwarnai ketegangan antara negara-negara kaya dan negara-negara yang membutuhkan bantuan.

Presiden Uni Eropa Herman Van Rompuy (tengah) tiba pada KTT Anggaran Uni Eropa di Brussels (23/11).
Presiden Uni Eropa Herman Van Rompuy (tengah) tiba pada KTT Anggaran Uni Eropa di Brussels (23/11).

Artikel Terkait

KTT Uni Eropa di Brussels Perdebatkan Anggaran

Para pemimpin Uni Eropa mengadakan pertemuan puncak di Brussels terkait rancangan anggaran yang telah dipertentangkan blok 27 negara yang sedang menghadapi krisis ekonomi.
Presiden Uni Eropa Herman Van Rompuy mengatakan kesepakatan anggaran Uni Eropa mungkin tercapai awal tahun depan, meskipun KTT dua hari di Brussels yang berakhir hari Jumat gagal mencapai kesepakatan.

Van Rompuy tidak membesar-besarkan pertentangan itu dan mengatakan bahwa "diskusi konstruktif" pada KTT itu berarti kesepakatan bagi blok ke-27 negara zona euro dapat diberlakukan pada awal tahun 2013.

KTT ini bertujuan untuk menghadapi krisis ekonomi yang dihadapi Uni Eropa, tetapi ketegangan tetap tinggi antara negara-negara kaya dan negara-negara anggota yang menghendaki bantuan anggaran lebih besar.

Perdana Menteri Inggris David Cameron, salah seorang pendukung pembekuan tingkat pengeluaran, mengatakan kalangan diplomat perlu mengurangi apa yang disebutnya “pengeluaran yang tidak terjangkau”. Ia mengatakan, pemangkasan semacam itu kini dilakukan dalam anggaran Inggris dan juga harus diberlakukan di Uni Eropa.

Anggaran belanja periode tahun 2007-2013 senilai $1,28 triliun dan anggaran berikutnya akan mencakup hingga tahun 2020. Cameron, di bawah tekanan dari partai konservatif Tory yang bersikap skeptis, mendukung diberlakukannya pembatasan terhadap anggaran belanja UE. 

Komisi Eropa, cabang eksekutif UE, mendukung anggaran belanja lebih banyak, dengan argumen bahwa berbagai inisiatif lintas batas akan membantu menciptakan pertumbuhan ekonomi dan lapangan pekerjaan.
Forum ini telah ditutup.
Komentar-komentar
     
Tidak ada komentar di forum ini. Jadi yang pertama dan pasang komentar Anda

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook