Tautan-tautan Akses

Kontestan Transgender Gagal Tembus Final Miss Universe Kanada


Jenna Talackova (kanan) tersingkir dalam final kompetisi Miss Universe Kanada (Foto: dok).
Jenna Talackova (kanan) tersingkir dalam final kompetisi Miss Universe Kanada (Foto: dok).

Kontestan transgender pertama kompetisi Miss Universe Kanada gagal menembus final lima terbaik.

Jenna Talackova yang berusia 23 tahun, bersaing dengan 61 kontestan lain dan sempat masuk 12 besar sebelum gagal menembus final lima terbaik. Kontes itu dimenangkan Sahar Biniaz, yang berusia 26 tahun, dan akan mewakili Kanada dalam kompetisi Miss Universe bulan Desember.

Talackova, salah satu dari empat kontestan yang dijuluki Miss Congeniality, terlahir sebagai laki-laki dan menjalani operasi ganti kelamin empat tahun lalu. Kontestan asal Vancouver, British Columbia, ini awalnya ditolak berpartisipasi karena terlahir bukan sebagai perempuan. Namun Donald Trump, yang memimpin organisasi Miss Universe, membatalkan keputusan itu bulan lalu.

Talackova, yang memiliki tinggi 181 cm, tampil menonjol di antara para pesaingnya dalam sesi bikini dan pakaian resmi. Ia paling menarik perhatian penonton dan mengundang sambutan meriah setiap kali tampil di panggung.

Keterlibatan Talackova dalam kontes Miss Universe menarik perhatian internasional sejak ia dilarang terlibat dan kemudian menyewa pengacara terkenal Gloria Allred untuk memperjuangkan haknya untuk berkompetisi.

Tidak lama setelah konperensi pers di Los Angeles dengan Allred, organisasi Miss Universe mengeluarkan pernyataan melalui situsnya di Kanada bahwa ia dapat berpartisipasi karena ia memenuhi ketentuan pengakuan jenis kelamin di Kanada dan standar-standar yang ditentukan kompetisi-kompetisi berskala internasional.

Meskipun kalah, pengacaranya, Allred, mengatakan Talackova menjadi pemenang dalam perjuangan hak sipil. Ia menjadi transgender pertama yang mengikuti kontes kecantikan untuk perempuan dengan jaringan internasional.

Talackova mengakui menjalani hidup sebagai perempuan sejak usia empat tahun, memulai terapi hormon pada usia 15 tahun dan menjalani operasi ganti kelamin pada usia 19 tahun.
XS
SM
MD
LG