Senin, 22 Desember 2014 Waktu: 17:34

Berita / AS

Aplikasi Teknologi Permudah Lakukan Donasi

Aplikasi untuk melakukan donasi secara daring bermunculan, memberikan cara kreatif untuk berbuat baik dan mendorong orang lain berbuat serupa.

Donasi lewat aplikasi web membantu berbagai lembaga amal dan upaya pemulihan bencana seperti Palang Merah. (Foto: Dok)
Donasi lewat aplikasi web membantu berbagai lembaga amal dan upaya pemulihan bencana seperti Palang Merah. (Foto: Dok)
Mereka yang ingin menyumbangkan uang untuk korban Badai Sandy sekarang bisa melakukannya lewat aplikasi yang memberikan cara kreatif untuk memberikan donasi dan mendorong orang lain melakukan hal serupa.

Budge, aplikasi iPhone yang dirilis minggu lalu, memungkinkan sekelompok orang untuk saling menantang dalam permainan dan aktivitas seperti catur atau charade, dan yang kalah memberikan donasi US$1, $2 atau $5 untuk salah satu kegiatan amal yang didukung aplikasi tersebut.

“Bagi kami, ini masalah mengubah pandangan orang mengenai donasi,” ujar Hillan Klein, salah satu pendiri dan CEO Budge, perusahaan yang berbasis di New York.

“Kami mendorong perubahan budaya. Orang-orang dapat melakukan sesuatu yang menyenangkan sambil berbuat baik.”

Meski donasinya kecil, namun Klein mengatakan jumlahnya akan berakumulasi.

“Orang-orang masih menyumbang $25, $40, atau $50 selama satu bulan,” ujarnya, sambil menambahkan bahwa donasi dengan jumlah lebih kecil membuat donor dapat memecah dana untuk sejumlah amal, dan mendorong teman-teman untuk bergabung.

Aplikasi tersebut mendukung 11 kegiatan amal, termasuk Dewan Bisnis Berkelanjutan Amerika yang menggalang dana untuk usaha-usaha yang terimbas Sandy, lembaga yang berurusan dengan kanker payudara Breastcancer.org, Masyarakat Sklerosis Ganda Nasional, dan Program Pangan Dunia AS.

Klein mengatakan bahwa perusahaannya sedang mencari lebih banyak mitra untuk membantu usaha pemulihan Sandy.

Budge, yang bisa diunduh secara gratis dan tersedia di AS dan Australia, menerima bayaran sampai 5 persen untuk setiap transaksi.

Saat ini orang bisa mengakses lewat Facebook, namun perusahaan tersebut berencana untuk mengubahnya dan merilis aplikasi Android.

Aplikasi web lainnya, Raise5, memungkinkan pengguna untuk mendaftarkan jasanya secara daring, mulai dari desain web, pemeriksaan tulisan sampai cara membuat selai. Biaya jasa tersebut berkisar antara $5 sampai $50, dan semua dana disumbangkan ke kegiatan amal yang diseleksi oleh donor pemberi jasa.

CEO Mike Tang mengatakan Raise5 membantu lebih dari 100 kegiatan amal, termasuk Masyarakat Dunia untuk Perlindungan Hewan dan yayasan amal Virgin Unite.

Bagi mereka yang ingin membantu usaha pemulihan Sandy dapat menyumbang ke Palang Merah lewat laman mereka. Palang Merah bekerja sama dengan lebih dari 50 organisasi mitra nasional, dan memiliki lebih dari 640 pekerja sukarela untuk membantu mereka yang terimbas Sandy.

Apple juga telah membuat portal untuk menyumbang kepada organisasi tersebut melalui iTunes, dan 100 persen donasi disumbangkan ke Palang Merah. (Reuters/Natasha Baker)
Forum ini telah ditutup.
Urutan Komentar
Komentar-komentar
     
oleh: Masril koto dari: Bukittinggi sumatera bara
18.11.2012 21:59
Sangat menarik program aplikasi ini.ini salah satu upaya transparansi anggaran sosial atau filantrofi yang digalang dari masyarakat.coba di tawarkan ke seluruh lembaga sosial di dunia untuk memakai aplikasi ini.supaya si pemberi dana dan penerima dana tau dana sumbanganya diberikan,dan siapa penerimanya.hebat sangat hebat ,and creatif sekali

 

 

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook