Jumat, 18 April 2014 Waktu UTC: 00:32

Berita / Gaya Hidup

Apartemen Ramah Sepeda Kian Populer di AS

Dalam abad ke-21 di Amerika, seiring meningkatnya penggunaan sepeda, pemburu apartemen menuntut gedung yang ramah sepeda.

Rose Barcklow sedang membetulkan sepedanya di "ruang velo," semacam bengkel kecil khusus untuk sepeda, di dalam kompleks apartemennya di Denver, Colorado (foto: dok).
Rose Barcklow sedang membetulkan sepedanya di "ruang velo," semacam bengkel kecil khusus untuk sepeda, di dalam kompleks apartemennya di Denver, Colorado (foto: dok).
UKURAN HURUF - +
Pengguna sepeda meningkat di banyak kota di Amerika. Hasil penelitian menunjukkan, seiring meningkatnya orang yang bersepeda, meningkat pula kebutuhan akan tempat tinggal, khususnya apartemen, yang ramah sepeda.
 
Banyak kompleks apartemen menawarkan tempat penyimpanan yang aman untuk sepeda. Beberapa pengembang bahkan menyediakan toko-toko bengkel sepeda dalam gedung-gedung apartemen.
 
Rose Barcklow, berusia 31 tahun, tinggal di apartemen di Denver. Ia memutuskan hidup tanpa mobil. Baginya, itu lompatan besar. Apartemennya memberi akses mudah ke jalur sepeda, sehingga bisa bersepeda untuk pergi dan pulang kerja, menempuh jarak 7 mil atau lebih dari 11 kilometer.
 
Barcklow menilai apartemen tempat ia tinggal, “sangat ramah terhadap sepeda”. Ia tidak perlu mengangkat dua sepedanya naik sampai ke unit apartemennya karena tersedia tempat penyimpanan yang aman untuk kendaraan roda dua itu. Ia juga memanfaatkan “ruang velo,'' semacam bengkel yang dilengkapi alat-alat di mana ia bisa memompa sepedanya, membersihkan rantai dan memperbaiki ban sepedanya yang kempes. Di sana bahkan tersedia kuas, kunci pas, dan peralatan yang memungkinkan tangan dan celemek kita bebas pelumas sepeda.
 
Chris Archer, asisten pengelola proyek pada Pengembangan Masyarakat Zocalo di Denver, mengatakan proyek pengembang itu berikutnya, kompleks apartemen 231 unit, akan mencakup bengkel sepeda yang menyediakan beberapa tempat untuk perbaikan sepeda, berbagai alat dan banyak ruang untuk penyimpanan sepeda.
 
Menurut Archer, apartemen yang dilengkapi fasilitas ramah sepeda kini merupakan daya tarik besar bagi calon penghuni. Ia mengungkapkan, umumnya orang yang pindah ke apartemen-apartemen seperti itu adalah mereka yang sangat peduli pada perlindungan lingkungan.

Seperti apa hunian ramah sepeda?
 
Jika Anda pengendara sepeda yang memiliki rumah, Anda bisa menyimpan sepeda di ruang bawah tanah atau dalam garasi yang dikunci supaya sepeda aman. Anda juga bisa membuat rak atau lemari untuk menyimpan helm, sepatu khusus untuk bersepeda, ban cadangan, serta alat-alat dan perlengkapan lain.
 
Kalau Anda tidak punya rumah sendiri, tidak usah khawatir. Kini semakin banyak pengelola gedung apartemen yang memikirkan cara memenuhi kebutuhan Anda.

Di Portland, suara kolektif pengendara sepeda lebih keras daripada suara di banyak kota lain Amerika. Dalam beberapa tahun ini, kota terbesar di Oregon tersebut membangun jaringan jalur sepeda dan jalan-jalan yang dikhususkan bagi pengendara sepeda. Jalur-jalur sepeda di jalan-jalan diberi tanda khusus agar pengendara mobil mengetahui hal itu dan berbagi jalan dengan pesepeda.
 
Setiap pagi, ribuan pengendara sepeda tampak di jalan-jalan kota Portland untuk pergi dan pulang kerja. Kenyataan ini membantu kota tersebut mendapat reputasi sebagai salah satu kota di Amerika yang paling ramah bagi pengendara sepeda. Tetapi hal itu terkadang juga menuai serapahan dan sikap kasar dari pengendara lain yang berpendapat ada terlalu banyak sepeda di jalan.
 
Kota lain di Amerika, Seattle, juga sedang mengembangkan reputasi ramah sepeda, dengan ribuan pengendara sepeda berbagi jalan dengan pengendara lain. Kini, bersepeda menjadi cara nyaman untuk berkeliling kota Seattle.
Forum ini telah ditutup.
Komentar-komentar
     
Tidak ada komentar di forum ini. Jadi yang pertama dan pasang komentar Anda

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook