Rabu, 01 Oktober 2014 Waktu UTC: 22:19

Berita / Dunia

HRW: Kongo Abaikan Tahanan Perang, 100 Lebih Tewas

Pasukan perdamaian PBB memeriksa senjata yang diserahkan oleh pemberontak di DRC akhir Mei lalu (foto: dok).

01.10.2014
Human Rights Watch mengatakan sikap DRC yang mengabaikan para tahanan kamp Kotakali di DRC baratlaut itu merupakan tindak “kriminal.” Selengkapnya

Bom Mobil Tewaskan 10 Anak di Suriah

Serangan bom mobil di kota Homs, Suriah hari Rabu (1/10) menewaskan 17 orang, sepuluh di antaranya anak-anak.

Tembakan Artileri Tewaskan 10 Orang di Ukraina Timur

Sepuluh orang tewas hari Rabu (1/10) ketika tembakan artileri menghantam sasaran di kota Donetsk, Ukraina timur.

Kapal China Tenggelam di Lepas Pantai Jepang, 9 Orang Hilang

Kapal China Lurongyu 2859, tenggelam di pesisir prefektura Shimane, di Laut Jepang, Selasa (30/9) .

Aksi Protes Demonstran Warnai Peringatan ‘Hari Nasional' China di Hong Kong

Demonstran pro-demokrasi Hong Kong mengolok-olok pemimpin eksekutif teritori China, dalam upacara memperingati 65 tahun berdirinya negara komunis China, hari Rabu (1/10).

Koalisi Pimpinan AS Serang Militan di Perbatasan Suriah-Turki

Syrian Observatory for Human Rights yang berbasis di Inggris menyatakan sebuah pesawat melancarkan sedikitnya lima serangan udara hari Rabu (1/10) di sebelah selatan kota Kobani.

PBB: Kekerasan di Irak Tewaskan 1.100 Warga pada Bulan September

Misi PBB di Irak, Rabu (1/10) melaporkan, jumlah korban bulan lalu mencakup 854 warga sipil dan 265 anggota Pasukan Keamanan Irak.

Presiden Obama, PM Netanyahu akan Bahas Soal Iran di Gedung Putih

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada sidang Majelis Umum PBB mengatakan bahwa Iran sedang berusaha memperdaya dunia agar mencabut sanksi-sanksi sementara negara itu masih dapat membuat senjata nuklir.

Karadzic Sampaikan Argumen Penutup pada Peradilan Genosida PBB

Karadzic dikenai 11 dakwaan kejahatan, termasuk pembantaian di Srebrenica, sebuah kota Bosnia, di mana hampir 8.000 lelaki Muslim dewasa dan anak-anak dibunuh oleh pasukan Serbia di bawah komando Jenderal Ratko Mladic.

Korban Tewas Letusan Gunung di Jepang Jadi 48 orang

Pihak berwenang di prefektura Nagano menyatakan mayat-mayat tersebut ditemukan di dekat puncak Gunung Ontake yang tertutup abu, yang pada saat meletus dipadati para pendaki gunung.

UU Baru Beri Dinas Intelijen Australia Kewenangan Lebih Besar

Rancangan Amendemen Undang-Undang Keamanan Nasional Australia yang disahkan hari Rabu(1/10), dikecam oleh sebagian kelompok HAM dan anggota oposisi, yang menyatakan legislasi tersebut akan mengikis kebebasan pers.

Pejuang Kurdi Rebut Kembali Penyeberangan Perbatasan dari ISIS

Kurdi Irak dibantu oleh laskar Kurdi dari sisi Suriah perbatasan. Para pejuang Kurdi yang bertempur melawan militan ISIS telah merebut kembali tempat penyeberangan perbatasan yang penting antara Irak utara dan Suriah.

Bom Bunuh Diri di Afghanistan, 7 Orang Tewas

Beberapa pembom bunuh diri Taliban menyerang tentara di ibukota Afghanistan, Kabul, menewaskan sedikitnya tujuh orang dan mencederai lebih dari 15 orang.

Malaysia Tangkap 3 Orang Terkait ISIS di Bandara Kuala Lumpur

Polisi Malaysia telah menangkap tiga orang di bandara internasional Kuala Lumpur karena dicurigai akan menuju ke Timur Tengah untuk bergabung bersama militan Islam ISIS di Suriah.

CPJ Beri Penghargaan 4 Wartawan Pemberani

The Committee to Protect Journalists (CPJ) Selasa (30/9) memberi penghargaan kepada wartawan Myanmar, Iran, Rusia dan Afrika Selatan atas keberanian mereka.

Uni Eropa Pertahankan Sanksi atas Rusia

Uni Eropa hari Selasa (30/9) telah memutuskan untuk tetap memberlakukan sanksi-sanksi terhadap Rusia terkait konflik di Ukraina.

Badan PBB Bantu 500 Ribu Pengungsi di Sudan Selatan

Badan-badan PBB itu mengatakan sekitar 1,8 juta warga mengungsi dari rumah-rumah mereka karena konflik di Sudan Selatan.

Inggris Lakukan Serangan Udara Pertama atas ISIS

Inggris akhirnya bergabung dengan Koalisi Anti ISIS dan telah melancarkan serangan udaranya yang pertama terhadap ISIS di Irak.

Tolak Seruan Pemerintah, Demonstrasi di Hong Kong akan Tambah Besar

Mengabaikan seruan pemerintah agar protes diakhiri, demonstrasi pro demokrasi di Hong Kong diperkirakan justru akan bertambah besar hari Rabu (1/10).

AS dan India akan Perluas Kerjasama

Dalam pertemuan di Gedung Putih, Presiden Obama dan PM India Narendra Modi sepakat memperluas kemitraan kedua negara dalam bidang perdagangan, keamanan, dan iptek.

Aljazair Kenali Beberapa Militan Penculik Warga Perancis

Pemandu wisata Perancis Herve Gourdel yang tewas dibunuh militan, sebelumnya diculik ketika sedang berjalan kaki di sekitar pegunungan Djurdjura di Aljazair.

Ribuan Anak dari Korban Ebola Terlantar di Afrika Barat

Ribuan anak di Afrika Barat yang kehilangan orang tua mereka akibat Ebola ditolak oleh kerabatnya karena khawatir tertular.

Pejuang Kurdi Serang Posisi Militan ISIS di Irak

Komando Pusat Amerika menyatakan 11 serangan udara hari Senin dan Selasa difokuskan terutama pada kubu-kubu pertahanan ISIS di Irak Baratlaut.

Hong Kong Serukan Demonstran Akhiri Protes

Pemimpin Eksekutif Leung Chun-ying Selasa (30/9) mengatakan ia tidak akan tunduk pada tuntutan para demonstran prodemokrasi.

Afghanistan, AS Tandatangani Pakta Keamanan

Pemerintah baru Afghanistan dan Amerika Serikat telah menandatangani perjanjian keamanan bilateral di Kabul hari Selasa (30/9).

Kapal Feri Kandas di Lepas Pantai Barat Daya Korea Selatan

Insiden tersebut terjadi hanya 70 kilometer dari lokasi kapal feri Sewol tenggelam bulan April, yang menewaskan lebih dari 300 orang penumpang, yang sebagian besar siswa SMA.

Iran: Israel Kaitkan Dunia Islam dengan ISIS

Iran mengatakan Netanyahu meneruskan kebijakan untuk “menyabot dan menghentikan” perundingan Iran dengan negara-negara kuat dunia mengenai program nuklir negara itu.

China Setujui Penjualan iPhone Terbaru

Badan regulasi ponsel China menyetujui penjualan ponsel itu hari Selasa (30/9), dan mengatakan Apple berjanji untuk memperbaiki potensi risiko keamanan dalam iPhone 6 dan iPhone 6 Plus.

Iran akan Bantu Militer Lebanon Perangi Ekstrimis

Teheran telah menawarkan bantuan ini di masa lalu, tetapi tawaran-tawaran tersebut tidak terwujud, karena perpecahan yang tajam di kalangan faksi-faksi politik Lebanon mengenai Iran.

China Wujudkan Patriotisme dengan Wisata Kapal Pesiar ke Kepulauan Sengketa

Dengan sekitar 168 penumpang, kapal pesiar China berlayar melebihi 200 mil ke sebelah selatan dari Pulau Hainan, di lepas pantai daratan utama China sebelah selatan. Kepulauan Paracel mereka akui dengan tegas sebagai pos perbatasan paling luar negara mereka.

Getaran Baru Gunung Ontake Cemaskan Warga

Tim SAR menemukan lagi lima jenazah hari Senin (29/9), menambah jumlah korban tewas menjadi 36 orang. Mereka hanya dapat membawa 12 jenazah sejak meletusnya gunung tersebut hari Sabtu (27/9), karena kondisi yang berbahaya.

China Rayakan Hari Besar Baru, Hari Pahlawan

Hari Pahlawan merupakan satu dari tiga hari besar baru yang diciptakan China tahun ini dalam upaya memperbaharui fokus pada Perang Dunia II.

Polisi Australia Tangkap Pria Penyedia Dana untuk Teroris

Hassan El Sabsabi, 23 tahun, tampil sebentar di sebuah pengadilan di Melbourne, dikenakan enam dakwaan telah secara sengaja menyediakan dana bagi sebuah organisasi teroris.

Thailand Hukum Mati Pelaku Perkosaan dan Pembunuhan di Kereta Api

Insiden tersebut menyebabkan jawatan kereta api, kini menyediakan gerbong-gerbong khusus wanita dalam jalur-jalur utama di seluruh Thailand.

Demonstran Pro-Demokrasi Hong Kong Ancam Perluas Protes

Kepala eksekutif Hong Kong menyerukan kapada para pemimpin demonstrasi untuk memenuhi janji mereka kepada masyarakat dan segera menghentikan protes, yang katanya telah tidak terkendali.

Niger Hendak Tangkap Ketua Parlemen Atas Dugaan Perdagangan Bayi

Tujuh belas lainnya sudah ditangkap di Niger atas tuduhan berdagang bayi, termasuk Menteri Pertanian Abdou Labo.

Kamboja Bela Perjanjian Pengungsi dengan Australia

Setelah selama ini dibantu, Menteri Luar Negeri Hor Namhong mengatakan sudah waktunya Kamboja berkontribusi dalam masalah pengungsi.

IOM: Jumlah Kematian Migran di Laut, Padang Pasir Capai Rekor

IOM mengatakan 40.000 migran di seluruh dunia diyakini telah meninggal sejak 2000, 22.000 diantaranya sedang mencari hidup yang lebih baik di Eropa.

Polisi Kontra-Terorisme Australia Razia Properti di Melbourne

Australia sedang dalam kewaspadaan tinggi terhadap serangan-serangan dari Muslim teradikalisasi atau militan-militan yang yang kembali dari pertempuran di Timur Tengah.

PM Israel: ISIS dan Hamas Ranting dari Pohon yang Sama

Netanyahu mengkritik negara-negara yang mendukung perlawanan terhadap ISIS karena tidak mendukung Israel melawan Hamas di Gaza.

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook