Jumat, 31 Oktober 2014 Waktu UTC: 07:42

Berita / Dunia

Presiden Burkina Faso Tetapkan Status Darurat

Mobil dibakar di luar gedung parlemen di tengah kerusuhan di Ouagadougou, Burkina Faso, Kamis (30/10). (AP/Theo Renaut)

31.10.2014
Panglima militer merilis pernyataan Kamis (30/10) bahwa sebuah badan transisi akan dibentuk guna memulihkan ketertiban hukum “dalam 12 bulan.” Selengkapnya

Karantina Petugas Medis Dianggap Rugikan Penanggulangan Ebola

Dokter Tanpa Batas mengatakan karantina terhadap para relawan yang pulang dari Afrika tidak berdasarkan pada ilmu pengetahuan yang terbukti.

Rusia, Ukraina Capai Kesepakatan Sementara Soal Gas

Kesepakatan itu meredakan kecemasan Ukraina akan mengalami kelangkaan gas menjelang musim dingin yang biasanya parah di kawasan Eurasia.

Amerika, Australia Cabut Sanksi Atas Fiji

Australia dan Amerika mengikuti langkah serupa oleh lembaga-lembaga internasional lain yang memulihkan hubungan dengan Fiji.

Obama Imbau Pemilu Inklusif dan Kredibel di Myanmar

Hal itu diungkapkan Obama dalam percakapan telpon terpisah Kamis (30/10) dengan Presiden Myanmar Thein Sein dan pemimpin oposisi Aung San Suu Kyi.

Warga AS Akui Bersalah Hendak Bergabung dengan ISIS

Menurut dokumen pengadilan, jaksa menemukan jejak foto-foto dan berbagai komentar Morgan di jejaring media sosial sejak tahun lalu yang mendukung al-Qaida dan ISIS.

Malaysia Airlines Digugat Terkait Penerbangan MH370

Ini adalah gugatan hukum pertama oleh keluarga penumpang pesawat itu, yang hilang secara misterius delapan bulan lalu bersama 239 orang di dalamnya.

Swedia Resmi Akui Negara Palestina

Menlu Swedia Margot Wallstrom mengatakan pemerintah Swedia hari Kamis (30/10) secara resmi mengakui Negara Palestina.

Laporan: Militan ISIS Bantai 800 Warga Irak

Seorang saksi melaporkan, salah seorang militan ISIS mengatakan eksekusi itu adalah hukuman bagi "siapa pun yang melawan negara Islam."

NATO: Tindakan Rusia di Ukraina Langgar Hukum Internasional

Sekjen NATO Jens Stoltenberg Kamis (30/10) mengutip tindakan Rusia di Ukraina dmerupakan ancaman terhadap keamanan aliansi NATO.

Presiden Burkina Faso Tetapkan Status Darurat

Presiden Burkina Faso Blaise Compaore menetapkan status darurat dan membubarkan kabinet hari Kamis (30/10) menyusul kerusuhan di ibukota Ouagadougou.

Perawat AS Langgar Karantina Wajib Ebola

Perawat AS Kaci Hickox melawan karantina ebola hari Kamis (30/10) dan keluar rumahnya di Fort Kent, Maine untuk bersepeda.

Integrasi Ekonomi ASEAN Bisa Picu Kejahatan Transnasional

Pertemuan PBB tingkat tinggi di Bangkok diperkirakan membahas bagaimana integrasi perekonomian di Asia Tenggara bisa memicu meningkatnya tindak kriminal transnasional dan mengancam keamanan publik.

Bank Dunia Janjikan $100 Juta untuk Atasi Ebola

Bank Dunia menjanjikan $100 juta untuk membantu perekrutan lebih banya pekerja kesehatan untuk mengobati pasien Ebola di Afrika Barat.

NATO Waspadai Lonjakan Penerbangan Militer Rusia

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengatakan NATO waspada dalam menghadapi pergerakan dalam penerbangan militer Rusia di Eropa.

Pengunjuk Rasa Serbu Parlemen Burkina Faso

Akibat aksi unjuk rasa itu, pemerintah Burkina Faso telah mengurungkan upaya untuk memperpanjang batas masa jabatan Presiden Compaore.

Perompak Somalia Bebaskan 7 Pelaut India

Tujuh pelaut India yang diculik oleh perompak Somalia lebih dari empat tahun yang lalu telah dibebaskan, Kamis (30/10).

Jumlah Korban Tanah Longsor Sri Lanka Meningkat

Peringatan tanah longsor telah diedarkan di beberapa distrik, sementara hujan terus melanda Sri Lanka, hari Kamis (30/10).

Pejuang Kurdi Irak Tiba di Suriah

Syrian Observatory for Human Rights yang berbasis di Inggris, Kamis (30/10) mengatakan sekitar 10 pejuang Peshmerga dari wilayah Kurdistan Irak menyeberang ke Kobani dari Turki.

Dubes AS di PBB Dorong Respon Terhadap Ebola

Hari Rabu (29/10), Samantha Power mengunjungi gudang bantuan dan memberikan data terbaru mengenai upaya misi tanggap darurat Ebola di Accra, Ghana.

ETS Tunda Hasil Tes SAT di Korea Selatan dan China

Organisasi pelaksana ujian standarisasi bagi penerimaan mahasiswa perguruan tinggi di AS, Educational Testing Service (ETS), menunda hasil tes bagi ribuan siswa Korea Selatan dan China karena cemas telah terjadi aksi penyontekan.

Polisi Israel Bunuh Tersangka Penembak Palestina

Seorang pria bersenjata menembaki dan melukai Yehuda Glick di luar sebuah konferensi yang mempromosikan akses lebih besar bagi orang Yahudi ke puncak bukit yang dikenal dengan sebutan Temple Mount (Haram Al-Syarif bagi kaum Muslim), Rabu (29/10).

Ukraina, Rusia Perpanjang Perundingan Kontrak Gas

Rusia menuntut pembayaran terlebih dahulu untuk memulai kembali pengiriman suplai gas bagi musim dingin mendatang.

Swedia Resmi Akui Palestina Sebagai Negara

Menteri Luar Negeri Margot Wallstrom mengatakan Swedia telah memutuskan langkah tersebut karena "kriteria hukum internasional" telah dipenuhi, mengatakan ada "wilayah, penduduk dan pemerintah."

Inggris Buka Bank Sperma Nasional

Bank tersebut didirikan untuk mengatasi kekurangan donor sperma di saat jumlah pasien yang mencari donasi sperma meningkat.

8 Tentara, 21 Militan Tewas di Pakistan

Pakistan telah berperang melawan kelompok-kelompok militan Islamis di kawasan kesukuan semi-otonomi itu sejak 2004.

Ukraina Pecat Sejumlah Pejabat Terkait Rusia

Pemecatan tersebut dipicu sebuah undang-undang anti-korupsi baru yang menarget para pejabat federal atau regional di bawah pemerintahan sebelumnya yang pro-Rusia.

PBB Gelar Sidang Darurat Tentang Israel-Palestina

Meski demikian, tidak ada pihak yang mengharapkan terobosan lewat rapat darurat itu. Amerika adalah anggota permanen Dewan Keamanan PBB yang memiliki hak veto untuk membatalkan resolusi apapun yang menarget Israel.

China Longgarkan Monopoli Pemrosesan Kartu Kredit

Pembatasan di China saat ini membuat perusahaan negara UnionPay hampir sepenuhnya memonopoli pemrosesan kartu kredit di China.

Penjaga Pantai Amerika Selamatkan 33 Migran Kuba

Sepanjang tahun fiskal 2014, jumlah migran Kuba yang telah diselamatkan Amerika mencapai tingkat tertinggi dalam enam tahun terakhir dan meningkat 50 persen dari 2013.

AS Kutuk Laporan Serangan atas Warga Sipil Suriah

Amerika mengutuk laporan tentang sejumlah helikopter pemerintah Suriah yang menjatuhkan bom-bom drum di kamp pengungsi.

Zambia Miliki Presiden Kulit Putih, Pertama di Afrika dalam 20 Tahun

Wakil presiden Guy Scott yang berkulit putih ditunjuk menjadi Presiden interim Zambia, menyusul kematian Presiden Michael Sata hari Selasa (28/10) di London.

Presiden Nigeria Kembali Calonkan Diri

Kantor Presiden Nigeria Goodluck Jonathan mengkonfirmasi ia akan mencalonkan diri untuk masa jabatan berikutnya.

Wabah Infeksi Global Meningkat dalam 30 Tahun Terakhir

Communicable illnesses range from exotic, including Ebola, to more common strains of influenza, hepatitis, tuberculosis

WHO: Infeksi Ebola di Liberia Berkurang

Organisasi Kesehatan Sedunia (WHO) hari Rabu (29/10) mengatakan bahwa laju penularan Ebola di Liberia tampaknya berkurang.

Malala Dapat Anugerah Nobel Anak di Swedia

Malala Yousafzai, aktivis hak anak dan pemenang Nobel Perdamaian 2014, dianugerahi penghargaan World’s Children’s Prize tahun ini.

Presiden Myanmar akan Temui Aung San Suu Kyi

Presiden Thein Sein mengundang pemimpin oposisi Aung San Suu Kyi untuk bertemu hari Jumat (31/10) menjelang KTT Asia Timur di Myanmar.

NATO Laporkan Peningkatan Penerbangan Militer Rusia

NATO mencurigai peningkatan penerbangan militer Rusia di atas perairan Laut Hitam, Laut Baltik dan Laut Utara serta Samudera Atlantik dalam dua hari ini.

Penyidik PBB Marzuki Darusman Temui Pejabat Korea Utara

Marzuki Darusman yang merupakan penyidik Dewan HAM PBB, hari Rabu (29/10) bertemu untuk kedua kalinya dengan pejabat Korea Utara di Jenewa, Swiss.

 

 

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook