Sabtu, 30 April 2016 Waktu: 16:01

    Berita / Dunia

    Kelompok Penyensor Rusia Minta Bantuan China Kendalikan Internet

    Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu menyampaikan sambutan dalam Konferensi Keamanan Internasional di Moskow, Rusia (27/4).

    30.04.2016
    Pemimpin keamanan dunia maya dan kebijakan Internet China, Lu Wei, mengatakan kebebasan online bukanlah sebuah hak, melainkan tanggung jawab yang harus dikendalikan karena bisa mengarah ke terorisme. Selengkapnya

    AS, Rusia Serukan Gencatan Senjata di Suriah

    Militer Suriah mengatakan, fihaknya berharap memulai sebuah gencatan senjata di beberapa bagian negara itu, tetapi tidak di Aleppo

    Serangan Udara di Aleppo Terus Berlanjut

    Media pemerintah melaporkan bahwa pemberontak telah menembaki masjid Aleppo di lingkungan Bab al-Faraj, menewaskan sedikitnya 15 orang dan melukai 30 lainnya.

    Polisi di Kazakhstan Tutup Konferensi Pers di Almaty

    Meskipun protes publik jarang terjadi di Kazakhstan, ratusan orang berunjuk rasa di beberapa kota sejak Minggu (24 April), karena khawatir reformasi agraria itu akan memungkinkan orang asing mengambil alih lahan pertanian.

    Pejabat PBB: Tantangan bagi Pertumbuhan, Pembangunan ASEAN 

    Shamshad Akhtar, sekretaris eksekutif Komisi Ekonomi dan Sosial PBB untuk Asia-Pasifik (UNESCAP), mengatakan ASEAN yang sebagian besar bergantung pada pertumbuhan ekspor, telah terimbas perlambatan perdagangan di luar negeri.

    Menlu Inggris Kunjungi Kuba untuk Pertama Kalinya

    Menlu Inggris bertemu dengan para pejabat Kuba, Kamis (28/4) untuk membahas hubungan perdagangan dan pariwisata dengan negara komunis itu, menandai kunjungan pertama sejak 1959.

    Tekad Nuklir Korea Utara Mungkin Uji Komitmen Dunia Terhadap Sanksi-Sanksi

    Pembangkangan dan upaya Korea Utara yang dipercepat untuk mengembangkan senjata nuklir canggih sejauh ini belum tergoyahkan oleh sanksi-sanksi keras baru yang diberlakukan PBB pada bulan Maret.

    Warga AS Keturunan Korea Divonis 10 Tahun Penjara di Korea Utara

    Warga Amerika keturunan Korea divonis 10 tahun kerja paksa di Korea Utara atas tuduhan subversi. Pengadilan Korea Utara menjatuhkan hukuman terhadap Kim Dong-chul, Jumat (29/4).

    Tentara Suriah Berencana Luncurkan Serangan Ofensif di 2 Kubu Militan ISIS

    Gencatan senjata antara pasukan pemerintah dan oposisi Suriah secara resmi mulai berlaku pada tanggal 27 Februari menyusul upaya perdamaian oleh Amerika Serikat dan Rusia. Namun gencatan senjata itu tidak berlaku untuk kelompok teroris.

    AS Kecam Pemboman Rumah Sakit di Suriah

    Serangkaian serangan udara maut di kawasan-kawasan yang dikuasai pemberontak mengisyaratkan hampir runtuhnya gencatan senjata yang ditengahi masyarakat internasional yang dicapai akhir Februari lalu.

    Pangeran Saudi Janjikan Perubahan Sosial di Negaranya

    Bagi dinasti Al Saud, yang selalu bersekutu dengan para ulama berkuasa dari sekte Sunni Wahabi, reformasi itu berisiko mendapat perlawanan dari kelompok konservatif.

    Jumlah Pelanggaran Gencatan Senjata Meningkat di Ukraina Timur

    Pemantau mencatat jumlah pelanggaran gencatan senjata tertinggi sejak Agustus 2015, sementara banyak senjata berat yang tadinya disimpan secara permanen di lokasi penyimpanan, kini hilang.

    Parlemen Austria Sahkan Aturan Suaka yang Ketat

    Austria menerima sekitar 90 ribu permohonan suaka pada 2015, kedua tertinggi di Uni Eropa jika dihitung per kapita.

    China Kembali di Posisi Teratas Daftar Pengawasan Perdagangan AS

    China adalah pasar pembajakan daring terbesar di dunia, menyebabkan kerugian besar bagi pemilik hak cipta Amerika terutama untuk musik, film, buku, majalah, permainan video, perangkat lunak dan lainnya.

    Menlu AS Kutuk Serangan Udara Atas Rumah Sakit Anak di Suriah

    Sedikitnya 20 anak-anak dan dokter tewas, termasuk dokter anak terakhir yang bekerja di wilayah Aleppo yang dikuasai pemberontak.

    AS dan Sekutu Pererat Kerjasama untuk Tandingi China di Laut China Selatan

    Kementerian Luar Negeri China mengatakan Washington sengaja membesar-besarkan kasus untuk melawan Beijing dan menghamburkan uang pajak warga Amerika.

    Turki Penjarakan 2 Wartawan yang Cetak Ulang Kartun Nabi

    Dua wartawan Turki divonis 2 tahun penjara setelah mencetak ulang kartun Nabi Muhammad yang diterbitkan Charlie Hebdo, mingguan satir Perancis.

    PBB Cabut Embargo Senjata 12 Tahun di Pantai Gading

    DK PBB juga mencabut pembekuan aset dan larangan perjalanan pada enam orang, termasuk mantan presiden Pantai Gading, Laurent Gbagbo.

    Rusia Luncurkan Roket Pertama dari Kosmodrom Baru

    Rusia meluncurkan roket pertama dari Vostochny, kosmodrom barunya, terlambat sehari karena alasan teknis.

    Sekjen PBB: Pembatasan Migran akan Berdampak Negatif terhadap Komitmen Eropa

    Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon hari Kamis mengatakan, keputusan Majelis Rendah Parlemen Austria memperketat pembatasan terhadap migran akan "berdampak negatif terhadap" komitmen Eropa, pada hukum internasional.

    Amerika Kutuk Pelanggaran HAM di Krimea

    Juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika John Kirby mengimbau kepada Rusia, agar membatalkan keputusan Kementrian Kehakiman yang menetapkan Majelis Tatar Krimea itu sebagai sebuah organisasi “ekstremis”.

    Pasukan Somalia, Uni Afrika Hadapi Kebangkitan Kembali Al-Shabab

    Negara-negara barat pendukung Somalia makin frustasi atas lambannya kemajuan negara itu dalam membentuk militernya sendiri untuk menciptakan keamanan setelah mengalami kekacauan selama 25 tahun.

    Serangan Udara Hancurkan Rumah Sakit di Aleppo

    Ketua Satuan Tugas Kemanusiaan PBB di Suriah, Jan Egeland, berbicara di Jenewa, Kamis (28/4), mendukung de Mistura mendesak Rusia dan Amerika untuk membantu mengakhiri kekerasan.

    Al-Jazeera Dilarang Meliput di Irak

    Irak menyebut Al-Jazeera “terus melanggar” peraturan tahun 2014 yang dikeluarkan untuk mengatur peliputan media mengenai “perang melawan teror.”

    Pekerja Bantuan Asing Diculik di Afghanistan

    Kepala kepolisian provinsi Nangarhar Zarawar Zahid mengatakan kepada VOA korban adalah warga negara Australia yang bekerja bagi Komite Bantuan Denmark untuk Pengungsi Afghanistan (DACAAR).

    Ledakan Bom Hancurkan Rumah Sakit di Aleppo, Suriah, 14 Tewas

    Pemberontak telah membombardir kawasan-kawasan permukiman yang dikuasai pemerintah dengan roket dan tembakan artileri, sementara jet-jet tempur Suriah melancarkan serangan udara.

    Perdebatan Soal Perang Vietnam Berlanjut Hingga 50 Tahun Kemudian 

    Sebagian veteran Perang Vietnam mengangkat isu mengenai perannya dalam acara tersebut, mencemoohnya sebagai seseorang yang menolak terlibat perang untuk menyelamatkan Vietnam Selatan dari penjajah komunis.

    China Loloskan UU Baru Terkait LSM Asing 

    China telah meloloskan undang-undang baru yang kontroversial yang menerapkan peraturan-peraturan baru terhadap LSM-LSM asing, meskipun Barat telah menyatakan prihatin mengenai hal tersebut.

    Serangan Bom di Yaman Target Kepala Keamanan 

    Para petugas keamanan menembaki penyerang sebelum mobilnya meledak. Menurut berbagai laporan, penyerang mengenakan baju seperti perempuan dan telah melewati beberapa pos pemeriksaan keamanan.

    Pejuang al-Shabab Pro-ISIS Rumitkan Keamanan di Somalia

    Kelompok militan al-Shabab di Somalia memusuhi para mantan anggotanya yang menyatakan kesetiaan kepada ISIS, sehingga menimbulkan keretakan pada kelompok itu.

    Sekjen PBB Kritik Eropa yang Tingkatkan Pembatasan atas Migran

    Ban Ki-moon hari Kamis (28/4) memperingatkan bahwa pembatasan terhadap migran akan berdampak negatif bagi komitmen Eropa terhadap hukum internasional.

    Utusan PBB Serukan Revitalisasi Gencatan Senjata di Suriah

    Utusan PBB Staffan de Mistura Kamis (28/4) menyerukan agar gencatan senjata direvitalisasi di Suriah, sebelum menetapkan tanggal pembicaraan baru.

    Turki Tangkap 12 orang Terkait Serangan di Bursa

    Polisi Turki Kamis (28/4) menangkap 12 orang di Bursa dan Istanbul serta dua kota lainnya, sehari setelah serangan bunuh diri di dekat masjid utama di kota Bursa.

    Atlet Olimpiade Korsel akan Kenakan Seragam Anti Nyamuk

    Atlet-atlet Olimpiade Korea Selatah akan mengenakan baju kaos lengan panjang dan celana yang mengandung obat penangkal nyamuk.

    Seoul: Peluncuran Misil Korut Tampaknya Gagal

    Kementerian Pertahanan Korea Selatan melaporkan tentang peluncuran yang gagal itu hari Kamis (28/4).

    Taiwan Siap Hadapi Gelombang Spionase Baru dari China

    Partai yang akan berkuasa di Taiwan mengisyaratkan tekad bersikap lebih keras mengenai spionase yang dilakukan pemerintah China.

    Freedom House: Kebebasan Pers Turun ke Titik Terendah Tahun Lalu

    Sebuah laporan baru dari badan penganjur kebebasan dan demokrasi, Freedom House yang berkantor di Washington DC mengatakan bahwa tahun 2015 lalu kebebasan pers turun ke titik terendah dalam lebih dari satu dasawarsa di seluruh dunia.

    Australia Siapkan Langkah Baru setelah Kamp Migran di PNG Ilegal

    Nasib ratusan tahanan di kamp migran milik Australia di Papua Nugini tidak jelas, setelah Mahkamah Agung di sana memutuskan fasilitas itu beroperasi secara ilegal.

    China Tak Beri Perawatan Pembangkang yang Dipenjara

    Pembangkang Guo Feixiong tidak diberi perawatan medis yang memadai di penjara, menurut keterangan saudara perempuannya.

    Ikuti Kami