Senin, 30 Mei 2016 Waktu: 05:58

    Berita / Dunia

    Keluarga Sopir Taksi Pakistan yang Tewas Gugat Pejabat AS

    Warga Pakistan berkumpul di sebuah mobil yang terbakar akibat serangan pesawat tanpa awak AS, 21 Mei 2016. (Foto: dok.)

    29.05.2016
    Keluarga seorang sopir taksi, yang tewas dalam serangan pesawat tak berawak Amerika pekan lalu terhadap pemimpin Taliban Afghanistan, telah dengan resmi mengadukan para pejabat Amerika yang tidak disebut namanya kepada kepolisian. Selengkapnya

    Pasukan Keamanan Irak Kepung Fallujah

    Fallujah, satu basis Sunni, telah dikuasai ISIS lebih lama daripada kota lain di Irak, dan laskarnya diyakini telah sangat bercokol kuat di kota tersebut.

    WHO: Afrika Barat Lebih Mampu Tanggulangi Wabah Masa Depan

    Ebola telah membunuh lebih dari 11 ribu orang dalam 3 negara Afrika Barat yang paling berat dilanda wabah itu sebelum waktunya WHO menyatakan penularan virus Ebola sudah berakhir menjelang akhir tahun lalu.

    Lebih dari 700 Migran Dikhawatirkan Tewas

    Lebih dari 700 migran dikhawatirkan tenggelam dan tewas pekan ini dalam tiga kecelakaan kapal yang terpisah di laut Tengah ketika mereka berusaha mencapai Eropa dengan kapal penyelundup, menurut badan pengungsi PBB.

    Media Iran: Warga Iran Tidak Dapat Naik Haji Tahun Ini

    Media pemerintah Iran mengatakan hari Minggu (29/5) bahwa warga Iran tidak akan dapat menunaikan ibadah haji tahun ini karena Iran tidak dapat mencapai persetujuan dengan Arab Saudi.

    Ketua Konservatif Moderat Parlemen Iran Terpilih Kembali

    Ketua parlemen yang konservatif moderat Iran terpilih kembali hari Minggu (29/5) walaupun kaum reformis telah mencapai kemajuan dalam pemilu yang diadakan bulan Februari lalu.

    Brazil Buru Para Pelaku Pemerkosaan Beramai-ramai 

    Para pelakunya mengejutkan negara itu dengan mengunggah ke internet video korban yang sedang dalam keadaan tanpa busana dan tidak sadarkan diri.

    WHO: Tak Perlu Batalkan Olimpiade Karena Zika 

    WHO mengatakan bahwa mengubah atau membatalkan Olimpiade tidak akan mempengaruhi penyebaran virus Zika “secara signifikan.”

    AS Hentikan Pengiriman Bom Rumpun ke Arab Saudi

    Bom rumpun seringkali tidak langsung meledak ketika dijatuhkan, sehingga baru meledak dan melukai warga sipil beberapa bulan atau tahun kemudian.

    ISIS Lancarkan Serangan Besar-besaran di Suriah Utara

    Bertambahnya wilayah yang direbut ISIS di sekitar Marea dan Azaz telah memerangkap lebih dari 160.000 warga sipil antara wilayah tersebut dan perbatasan Turki.

    Korea Utara Terkait Serangan Dunia Maya Atas Beberapa Bank Asia

    Ini mungkin pertama kalinya sebuah negara menggunakan kode berbahaya untuk mencuri uang dari negara lain.

    PBB: Suriah Hambat Bantuan Kemanusiaan

    Wakil sekretaris jenderal PBB untuk masalah kemanusiaan, Stephen O’Brien mengatakan kepada Dewan Keamanan hari Jumat, ada 592.700 orang yang hidup dalam pengepungan, sebagian besar dikepung oleh pasukan Suriah.

    Serangan Udara AS dan Artileri Turki Tewaskan 104 Militan ISIS

    Kantor berita Anadolu, Sabtu (28/5) melaporkan bahwa serangan yang terjadi Jumat malam tersebut, merupakan pembalasan atas serangan roket yang ditembakkan dari wilayah yang dikuasai ISIS terhadap provinsi perbatasan Turki, Kilis.

    Perdana Menteri Pakistan Jalani Bedah Jatung Selasa Depan

    Nawaz Sharif akan menjalani operasi jantung yang kedua kalinga dalam lima tahun di London, Selasa (31/5).

    Pemberontak Kolombia Bebaskan 3 Wartawan

    Wartawan warga Spanyol-Kolombia Salud Hernandez-Mora diculik Sabtu lalu di Catatumbo, Kolombia timur-laut, oleh anggota Laskar Pembebasan Nasional atau ELN.

    Mantan Pejabat Militer Israel Keluarkan Rencana Proses Perdamaian

    Rencana itu diumumkan menyusul sepekan pergolakan politik di Israel yang berakhir dengan pengangkatan menteri pertahanan baru yang lantang skeptis terhadap proses perdamaian dengan Palestina.

    Pasukan Khusus AS di Suriah Diperintahkan Lepas 'Lambang Kurdi'

    Pasukan khusus AS di Suriah yang mengenakan lambang satuan tempur Kurdi, telah diperintahkan melepas lambang itu.

    23 Atlet Olimpiade 2012 Positif Gunakan Doping

    IOC mengatakan, 23 atlet di tes positif menggunakan doping dalam analisa-ulang sampel dari Olimpiade London tahun 2012.

    Serangan Udara Tewaskan Komandan ISIS di Fallujah

    Komandan pasukan kelompok ISIS di Fallujah tewas dalam serangan udara koalisi anti ISIS di Irak dan Suriah kata juru bicara koalisi Jumat (27/5).

    Obama Buat Sejarah, Bahas Masa Lalu di Hiroshima

    Presiden AS Barack Obama mengatakan dunia memiliki tanggung jawab bersama untuk mencegah penderitaan di kota Jepang itu terjadi lagi.

    Laporan PBB: Tidak Ada Pelanggaran Kesepakatan Nuklir Iran

    Badan Energi Atom Internasional juga mengatakan Iran telah memperbaiki satu pelanggaran yang dicatat pada bulan Februari dengan mengurangi passkan air berat ke batas yang diizinkan, yaitu 143,3 ton atau di bawahnya.

    Militer India: Pertempuran di Kashmir, 6 Pemberontak, 1 Tentara Tewas

    Juru bicara militer Kolonel Nitin N. Joshi mengatakan Jumat (27/5) bahwa empat militan dan seorang tentara tewas dalam dua hari pertempuran sengit di dekat garis perbatasan yang dijaga ketat oleh militer di wilayah Himalaya.

    Wartawan Australia Dipecat Setelah Upaya Penculikan di Lebanon

    Stephen Rice, produser program 60 Minutes Australia, membayar jasa pemulangan anak untuk menculik anak-anak itu dari ayah mereka setelah ibu mereka mengatakan dia membawa anak-anak itu berlibur tahun lalu dan tidak memulangkan mereka.

    Pemimpin G7 Kecam Potensi Keluarnya Inggris dari Uni Eropa dalam Pernyataan Penutup

    Masalah itu tidak ada dalam agenda formal acara tersebut, namun para pejabat Inggris beranggapan hal tersebut akan menjadi topik pembicaraan di antara para pemimpin kelompok tujuh negara ini.

    India: Mahasiswa Nigeria, Korban Terbaru Kekerasan Terhadap Warga Afrika

    Seorang mahasiswa Nigeria diserang dengan tongkat besi di India Selatan, Kamis (26/6), hampir seminggu setelah seorang mahasiswa Kongo dipukuli sampai mati di New Delhi.

    Penambangan Giok Myanmar, Bawa Pendapatan dan Kematian

    Kecelakaan maut sering terjadi di tambang Hpakant, di mana migran miskin dari seluruh Myanmar mengais sisa-sisa pertambangan untuk mencari batu giok.

    Obama Kunjungi Hiroshima

    Presiden Obama mengatakan dia tidak akan meminta maaf atas keputusan Presiden Harry Truman untuk menjatuhkan bom atom di Hiroshima yang langsung menewaskan 80.000 orang dan memusnahkan 90 persen kota itu.

    Presiden Bolivia Gagal Yakinkan Sekutu untuk Perpanjangan Jabatan

    Serikat-serikat buruh yang kuat mengatakan bahwa Morales seharusnya lebih memikirkan bagaimana mengatasi berbagai masalah sosial daripada berusaha memegang satu masa jabatan lagi.

    Militan Serang Terminal Chevron di Nigeria

    Bom di pipa bawah tanah memaksa Chevron menghentikan operasi di terminal yang mengekspor lebih dari 160 ribu barel minyak sehari.

    AS Tak Ubah Strategi Terhadap Taliban

    Tak ada perubahan dalam strategi Amerika atau perluasan selama satu dekade serangan drone CIA terhadap teroris di wilayah kesukuan di Pakistan barat laut.

    Kapal AL Perancis Cari Kotak Hitam EgyptAir

    Kapal Laplace dilengkapi tiga detektor untuk melacak serta menentukan sinyal dari kotak hitam itu, yang diduga berada sekitar 3.000 meter di bawah permukaan laut.

    Diplomat Panama Ditemukan Tewas di San Salvador

    Pejabat konsuler Panama, Carlos Armando Lemus ditemukan hari Kamis (26/5) dengan luka tembak di kepalanya di dalam sebuah kendaraan yang di parkir di ibukota El-Salvador.

    Microsoft, Facebook akan Pasang Kabel Data di Bawah Lautan Atlantik

    Microsoft dan Facebook mengumumkan langkah itu hari Kamis (26/5) dan menyebut kabel sepanjang 6,600 kilometer itu 'MAREA'.

    Kapal Migran Tenggelam Lagi di Lepas Pantai Libya, 20 Mungkin Tewas

    Sekitar 20 orang dikhawatirkan tewas setelah sebuah kapal migran terbalik di lepas pantai Libya.

    AS Cemas dengan Kemampuan ISIS untuk Ilhami Kekerasan

    Seorang pejabat tinggi AS Kamis (26/5) memperingatkan kemampuan kelompok teror ISIS untuk mengilhami tindak kekerasan di seluruh dunia, termasuk di Amerika.

    Obama Puji KTT G7 di Jepang 'Sangat Produktif'

    Presiden AS Barack Obama melanjutkan lawatannya ke Jepang dengan menghadiri KTT 7 negara maju atau G7.

    Obama: Pemimpin Dunia ‘Resah’ oleh Kemungkinan Trump Jadi Presiden

    Berbicara kepada wartawan di kota Ise Shima, Jepang, Kamis (26/5), seusai hari pertama KTT para pemimpin tujuh negara terkaya dunia, Obama mengatakan dunia memberi perhatian yang seksama karena “Amerika Serikat berada di jantung tatanan internasional.”

    Perancis Dilanda Pemogokan dan Protes Terkait Reformasi Buruh

    Para pekerja memblokir salah satu terminal minyak utama Perancis di kota pelabuhan Le Havre. Ribuan pekerja dermaga yang memenuhi alun-alun di depan balai kota itu, Kamis (26/5), menyulut bom asap di daerah tersebut.

    Pengungsi dari Fallujah dalam Kondisi Terguncang

    Warga Fallujah yang lari menghindari pertempuran antara pasukan Irak dan militan ISIS dilaporkan dalam keadaan terguncang.

    Ikuti Kami