Sabtu, 28 Maret 2015 Waktu: 08:46

Berita / Dunia

Sierra Leone Tutup Ibukota untuk Berantas Ebola

Sebuah papan pengumuman "Stop Ebola" dipasang di kota Freetown, Sierra Leone (foto: dok).

28.03.2015
Penutupan secara nasional ibukota Freetown, diumumkan oleh pemerintah Sierra Leone mulai hari Jumat (27/3) sampai Minggu malam. Selengkapnya

9 Tewas dalam Serangan Al-Shabab di Mogadishu

Sekurangnya sembilanorang tewas setelah militan al-Shabab menyerang sebuah hotel besar di Mogadishu, ibukota Somalia, Jumat (27/3).

Pasukan Nigeria Rebut Markas Boko Haram

Militer Nigeria merebut kembali kota Gwoza Jumat (27/3), kota terakhir di Nigeria timur laut yang tadinya dikuasai kelompok militan Boko Haram.

Kapal-kapal Perang Mesir dan Saudi Menuju Yaman

Kapal perang Arab Saudi dan Mesir hari Jumat (27/3) dikerahkan ke selat Bab al-Mandab di lepas pantai Yaman untuk mengamankan jalur-jalur strategis.

Tentara Remaja ISIS: 'Kenapa Saya Bergabung'

Dua orang tentara remaja ISIS yang ditangkap oleh pasukan Kurdi menuturkan kepada VOA apa yang mendorong mereka bergabung dengan kelompok itu.

Jaksa: Co-Pilot Germanwings Harusnya Cuti Sakit Saat Kecelakaan

Surat keterangan dokter ditemukan dalam penggeledahan di rumah co-pilot Germanwings, Andreas Lubitz yang berusia 27 tahun.

Obama Minta Kongres Dukung Kelanjutan Operasi Militer melawan ISIS

Berbicara di hadapan Kongres hari Kamis, sejumlah pejabat senior pemerintah membela strategi Presiden Obama yang bekerjasama dengan koalisi internasional dalam menggempur ISIS.

Co-Pilot Germanwings Sembunyikan Gangguan Medis, Kemungkinan Depresi

Co-pilot yang sengaja menabrakkan pesawat Germanwings hingga jatuh di pegunungan Alpen dan menewaskan 150 orang, ternyata selama ini menyembunyikan penyakit yang ia derita, diduga sebagai depresi.

10 Pemeluk Hindu Tewas Terinjak dalam Upacara Keagamaan di Bangladesh

Menurut para pejabat, tujuh wanita dan tiga pria meninggal dunia Jumat pagi (27/3) di dataran Rajghat di pinggir Sungai Brahmaputra.

Iran, AS Lanjutkan Perundingan Nuklir Jelang Batas Waktu

Presiden Iran Hassan Rouhani, Kamis (26/3) mengatakan telah menulis surat kepada keenam negara kuat dunia, "menjelaskan posisi Iran mengenai isu-isu nuklir dan perkembangan terbaru" dalam perundingan itu.

Saudi Lanjutkan Serangan Udara di Yaman

Pesawat-pesawat perang koalisi menggempur pangkalan-pangkalan militer dan target-target yang dikuasai pemberontak di dan sekitar ibukota Sana'a, hari Jumat (27/3).

Jet Tempur Arab Saudi Bom Pemberontak Houthi di Yaman

Serangan-serangan udara itu terfokus pada instalasi-instalasi militer dan ibukota Sana’a yang dikuasai pemberontak, termasuk bandara utama.

Sejumlah Maskapai Penerbangan Berlakukan Aturan 2 Orang dalam Kokpit

Sejak serangan teroris 11 September 2001, Amerika mengharuskan dua orang berada dalam kokpit setiap saat, namun negara-negara lain belum melakukannya.

PBB: Krisis Kemanusiaan di Suriah Meningkat Drastis

PBB mengungkapkan gambaran yang semakin suram mengenai krisis kemanusiaan di Suriah.

Tentara AS dan Sepupunya Didakwa Berusaha Bergabung Dengan ISIS

Kedua orang itu dituduh berkonspirasi untuk menyediakan materi pendukung bagi sebuah organisasi teroris asing, yang bisa dikenai hukuman maksimal 15 tahun penjara dan denda US$250 ribu.

Seoul Desak Pyongyang Bebaskan 2 Tahanan Korea Selatan

Kedua orang itu ditahan tahun lalu atas tuduhan mengumpulkan informasi rahasia mengenai militer Korea Utara, partai yang berkuasa dan organisasi-organisasi pemerintah lainnya.

LSM China Pertimbangkan Langkah Hukum Atas Penggerebekan Polisi

Penggerebekan itu tampaknya terkait usaha LSM tersebut untuk membebaskan lima aktivis perempuan menjelang peringatan Hari Perempuan Internasional 8 Maret lalu.

Jaksa Perancis: Co-Pilot Sengaja Jatuhkan Germanwings di Alpen

Sewaktu sendirian, co-pilot itu secara manual mengubah kontrol sehingga pesawat melakukan penurunan final bertahap selama delapan menit pada kecepatan 700 kilometer per jam.

Panglima Militer Myanmar Janjikan Keberhasilan Pemilu

Panglima itu mengatakan pemilu yang akan diadakan awal November merupakan peristiwa penting menuju implementasi demokrasi, dan mengatakan bahwa ia tidak akan mentolerir gangguan.

Presiden Yaman Tinggalkan Negaranya, Persulit Usaha AS Perangi al-Qaida

Meski para pemberontak Houthi yang telah menguasai banyak wilayah di Yaman juga menentang al-Qaida, tidak mungkin mereka bekerjasama dengan Amerika memerangi kelompok teroris itu.

Toyota Siap Galakkan Lagi Produksi

Toyota, pabrik mobil terbesar di dunia, mengatakan akan mengakhiri krisis recall mobilnya dan bersiap-siap menggalakkan kembali pertumbuhan produksinya.

Al-Shabab Kemungkinan Persiapkan Serangan di Uganda

Polisi Uganda dan Kedutaan AS di sana menerima informasi intelijen bahwa militan al-Shabab sedang merencanakan serangan di ibukota Kampala.

Putin Tuduh Barat Ingin Kacaukan Rusia

Presiden Vladimir Putin hari Kamis (26/3) menuduh negara-negara Barat berusaha untuk mengacaukan Rusia.

Kepedulian Masyarakat atas Nasib Wartawan Masih Rendah

Dua organisasi melancarkan kampanye untuk meningkatkan kepedulian masyarakat akan wartawan yang dipenjarakan dan dibunuh, Kamis (26/3).

Video Kilas VOA 27 Maret 2015

Serangan koalisi pimpinan Arab Saudi ke kelompok Houthi di Yaman. Militer Irak kembali serang ISIS di Tikrit setelah serangan udara AS. Penyidik Perancis: Ko-pilot pesawat Germanwings sengaja jatuhkan pesawat. Lomba kecantikan dan bakat unik di Meksiko.

Pakar Penerbangan: Butuh 3 Pilot dalam Pesawat

Para pakar keamanan penerbangan dengan temuan sejauh ini oleh penyelidik Perancis bahwa ko-pilot Germanwings, Andreas Lubitz, sengaja menabrakkan pesawat itu, menunjukkan perlunya ada pilot ketiga di dalam kokpit.

Saudi Pimpin Serangan Udara terhadap Pemberontak di Yaman

Serangan udara pimpinan Arab Saudi menggempur berbagai sasaran milik pemberontak Muslim Syi’ah yang hendak menjatuhkan presiden Yaman, Kamis (26/3).

Al-Jazeera: Nigeria Tahan Reporter Jelang Pemilu

Organisasi berita Al-Jazeera mengatakan, pasukan Nigeria telah menahan dua wartawannya sejak hari Selasa (24/3).

Abdullah: AS, Afghanistan Mulai Babak Baru Hubungan

Kesan positif hubungan AS-Afghanistan saat ini sangat bertentangan dengan hubungan pada masa pemerintahan Presiden Hamid Karzai.

Amnesty: Kelompok Bersenjata Palestina Lakukan Kejahatan Perang

Kelompok-kelompok bersenjata di Palestina dituduh melakukan kejahatan perang dengan menembakkan roket ke wilayah permukiman di Israel.

Delegasi AS, Kuba Bahas Masalah Telekomunikasi

Delegasi AS mengunjungi Kuba pekan ini melangsungkan pembicaraan dengan para pejabat Kuba mengenai isu telekomunikasi kedua negara.

2 Capres Nigeria Siap Hormati Hasil Pemilu

Presiden Nigeria dan penantang utamanya berjanji akan menghormati hasil pemilu presiden hari Sabtu (28/3).

Co-Pilot Germanwings Warga Negara Jerman

Para penyelidik dan keluarga para korban jatuhnya pesawat Germanwings berusaha memahami apa yang mendorong Andreas Lubitz, 28 tahun, untuk menghantamkan pesawat ke pegunungan Alpen dengan 150 orang di dalamnya.

Co-Pilot Germanwings Sengaja Jatuhkan Pesawat

Co-pilot Airbus A320 Germanwings telah diidentifikasi sebagai Andreas Lubitz, 28 tahun, warga negara Jerman.

Menlu AS, Menlu Iran Upayakan Persetujuan Nuklir

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry dan Menteri Luar Negeri Iran Javad Zarif akan mulai kembali berunding mengenai program nuklir Iran, hari Kamis (26/3), di Swiss.

Myanmar Didesak Pertimbangkan Penyusunan Kembali RUU Investasi

Pemerintahan sipil Myanmar yang relatif baru dengan cepat membuka negeri itu bagi perniagaan dan investasi asing, setelah keluar dari lima dekade kediktatoran militer yang secara resmi berakhir tahun 2011.

Myanmar Naikkan Gaji Pegawai Negeri untuk Tingkatkan Standar Kehidupan

Kenaikan gaji itu dimaksudkan untuk sedikit meningkatkan standar hidup sekitar 1,5 juta pegawai negeri, dari pegawai kantor hingga guru, sampai direktur dan mulai berlaku awal tahun fiskal baru, 1 April.

Kamboja Resmikan Tugu Peringatan di Museum Genosida Khmer Merah

Biksu-biksu Budha melantunkan puja-puji dalam upacara hari Kamis (26/3) yang dihadiri deputi perdana menteri dan wakil-wakil dari PBB serta entitas pengadilan Khmer Merah.

 

 

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook