Sabtu, 30 Mei 2015 Waktu: 15:20

Berita / Dunia

Serangan ISIS atas Masjid Syiah di Saudi, 4 Tewas

Petugas berusaha memadamkan kebakaran pasca ledakan bom di masjid di kota Dammam, Saudi Arabia, Jumat (29/5).

30.05.2015
Seorang pengebom bunuh diri kembali meledakkan bom di masjid Syiah di kota Dammam, Arab Saudi bagian timur, menewaskan sedikitnya empat orang hari Jumat (29/5). Selengkapnya

Spanyol Setujui Lokasi Pangkalan Militer AS untuk Misi Afrika

Pemerintah Spanyol telah menyetujui perjanjian memberi lokasi permanen bagi pangkalan militer Amerika yang utamanya akan menangani krisis di Afrika.

AS Cabut Kuba dari Daftar Negara Sponsor Teroris

Pemerintah AS mencabut Kuba dari daftar yang menetapkan negara komunis itu sebagai negara sponsor terorisme, hari Jumat (29/5).

Kawanan Bersenjata Tewaskan 19 Penumpang Bis di Pakistan

Pihak berwenang di Pakistan barat daya mengatakan orang-orang bersenjata menembak mati sekurangnya 19 penumpang bis hari Jumat (29/5).

Video Irak Lancarkan Ofensif terhadap ISIS

Para pejuang Kurdi setempat dan milisi Syiah telah bergabung dengan pasukan pemerintah untuk memerangi kelompok radikal ISIS.

Pertemuan Bangkok mengenai Krisis Migran Sulit Hasilkan Solusi

Meski sudah bergerak untuk menyelesaikan krisis saat ini, tetapi negara-negara Asia Tenggara tampak enggan mengatasi akar masalahnya.

China Umumkan Kasus Pertama MERS

Seorang pengunjung dari Korea Selatan yang masuk dari Hong Kong ditemukan positif terjangkit virus MERS. Ini merupakan kasus pertama di China.

AS Serukan Pertolongan Segera bagi Migran Asia Tenggara

Amerika Serikat menyatakan ribuan migran yang terombang-ambing di perairan Asia Tenggara memerlukan pertolongan segera.

ISIS Mengaku Bertanggung Jawab atas Serangan terhadap Masjid Syiah di Saudi

Kelompok Negara Islam, yang ingin menyerang kerajaan Muslim Sunni ini, mengaku bertanggungjawab atas serangan tersebut.

Presiden Baru Nigeria Bersumpah Bebaskan Gadis-gadis Chibok

Presiden Muhammadu Buhari mengatakan dalam pidato pelantikannya hari Jumat bahwa 219 remaja putri, yang diculik pada April 2014, harus diselamatkan.

Jumlah Korban Gelombang Panas di India Lampaui 1.800 Jiwa

Para pejabat mengatakan banyaknya jumlah korban tewas kemungkinan besar karena sengatan hawa panas itu lebih banyak mengimbas kaum miskin dan tunawisma, yang kecil kemungkinannya meninggal di rumah sakit.

Nigeria Lantik Presiden Baru

Muhammadu Buhari diambil sumpah jabatannya dalam sebuah upacara di ibukota Abuja, yang dihadiri puluhan kepala negara dan Menteri Luar Negeri AS, John Kerry.

Ledakan Bom Hantam 2 Hotel Bintang Lima di Baghdad

Ledakan pertama terjadi di tempat parkir Hotel Babylon, Baghdad, Kamis malam (28/5). Beberapa saat kemudian, sebuah bom mobil lain meledak di luar Hotel Meridian, bekas Hotel Sheraton.

Jepang Evakuasi Penduduk Pulau Kuchinoerabu Pasca Letusan Gunung Berapi

Gunung Shindake mengepulkan awan hitam tebal setinggi 9.000 meter, dan aliran gas panas serta batu-batuan ke lereng gunung, lalu terus mengalir ke laut, Jumat (28/5).

Myanmar Ingatkan Untuk Tak Saling Tuding dalam Pertemuan Migran

Pejabat Myanmar bersikap defensif terhadap mereka yang menyalahkan negaranya karena menyebabkan krisis migran, dengan mengatakan bahwa "saling tuding" tidak akan menyelesaikan masalah.

AS: Manusia Perahu di Asia Tenggara Perlu Segera Diselamatkan

Direktur Organisasi Migrasi Internasional, mengatakan tindakan yang paling mendesak adalah menyelamatkan sekitar 3.900 orang yang terombang-ambing di laut ke daratan.

Koalisi Pemberontak Suriah Rebut Kota Terakhir di Idlib

Pemantau hak asasi manusia Suriah yang berbasis di Inggris mengatakan pasukan Suriah mundur dari Ariha, Kamis (28/5), setelah bertempur dengan tentara al-Fateh itu.

Rusia Sangkal Kaitan Antara Dekrit Presiden dengan Ukraina

Dekrit baru tersebut merahasiakan kematian tentara Rusia pada masa damai sebagai rahasia negara.

Obama Kunjungi Gereja Warga Kuba Amerika di Miami

Diaspora Kuba yang sangat berpengaruh secara politik di Miami itu sebagian besar menentang keinginan pemerintahan Obama untuk mencabut embargo ekonomi atas Kuba.

Tersangka Penjahat Perang Nazi Meninggal di Kanada

Vladimir Katriuk adalah sosok nomor dua dalam daftar Pusat Simon Wiesenthal yang berisi para penjahat perang Nazi yang paling diburu.

2 Bom Mobil Meledak di Baghdad, 10 Tewas

Irak mengalami serangan hampir setiap hari. Banyak dari serangan itu diklaim oleh militan Negara Islam (ISIS), yang telah merebut sebagian besar negara itu tahun lalu.

Perempuan Saudi Lawan Larangan Mengemudi dalam Permainan Video

Permainan tersebut diharapkan menginspirasi perempuan dan laki-laki untuk mempertanyakan peran-peran gender di Saudi.

Para Peraih Nobel Desak Diakhirinya Penganiayaan Atas Rohingya

Konferensi di Institut Nobel di Oslo mendesak komunitas global untuk menekan pemerintah Myanmar agar "segera mengakhiri kebijakan-kebijakan dan praktik-praktik genosida."

Blatter: Penyelidikan Korupsi Permalukan FIFA

Presiden FIFA Sepp Blatter Kamis (28/5) mengatakan penyelidikan korupsi "menjadi “noda dan mempermalukan” cabang olahraga sepakbola.

Rusia Rahasiakan Jumlah Korban Militer dalam Masa Damai

Presiden Rusia Vladimir Putin telah menandatangani sebuah dekrit yang akan merahasiakan tentara Rusia yang tewas di masa damai.

Dukungan Pencabutan Sanksi Ekonomi terhadap Kuba Meningkat

Presiden Obama telah meminta Kongres AS yang dikuasai partai Republik untuk mencabut embargo ekonomi terhadap Kuba.

Putin Kecam Campur Tangan AS dalam Penangkapan Pejabat FIFA

Presiden Rusia Vladimir Putin Kamis (28/5) menyebut kasus FIFA itu merupakan contoh campur tangan Amerika dalam urusan luar negeri.

Menlu Iran Harapkan Kesepakatan Nuklir Segera Tercapai

Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif Kamis (28/5) mengharapkan bahwa kesepakatan nuklir Iran bisa segera tercapai.

AS Berusaha Tingkatkan Pelatihan bagi Pasukan Irak

Pentagon sedang mencari cara untuk meningkatkan usaha melatih dan mempersenjatai pasukan Irak dalam memerangi kelompok ISIS.

Pakistan Tegaskan Dukungan bagi Perdamaian Afghanistan

Pejabat Pakistan Kamis (28/5) mengukuhkan kembali dukungan Islamabad bagi usaha-usaha untuk mewujudkan perdamaian di Afghanistan.

Dalai Lama Desak Suu Kyi Bantu Muslim Rohingya

Di negara yang didominasi oleh pemeluk Buddha di mana banyak kebencian terhadap Muslim Rohingya, Aung San Suu Kyi tetap diam dan tidak menanggapi penganiayaan mereka.

Gereja Katolik Burundi Tarik Dukungan dari Proses Pemilu

Panel uskup Katolik Burundi dalam sebuah pernyataan yang dirilis hari Kamis (28/5), meminta pendeta yang duduk dalam komisi pemilihan untuk mundur dari komisi tersebut.

Fron Nusra: Fokus pada Suriah, Bukan Pada Serangan-serangan Barat

Pemimpin al-Qaida cabang Suriah mengatakan kelompok itu lebih fokus untuk mengalahkan Presiden Bashar al-Assad daripada melancarkan serangan terhadap negara-negara Barat.

Thailand Vonis 6 Pengunjuk Rasa 'Baju Kuning' 2 Tahun Penjara

Protes-protes kelompok Baju Kuning dimulai tahun 2006 sebagai gerakan melawan perdana menteri waktu itu, Thaksin Shinawatra, yang digulingkan dalam kudeta.

Menhan AS Desak China Hentikan Pembuatan Pulau di Laut Cina Selatan

Menter Pertahanan Amerika Serikat, Ash Carter, mengatakan bahwa semua negara di Asia, termasuk China, harus berhenti menggunakan kekuatan militer dalam menyelesaikan sengketa gugusan pulau Spratly.

Malaysia Ungkap Temuan 139 Kuburan di Perbatasan Thailand

Setiap jasad, yang diduga terkait perdagangan manusia, dibalut kain putih dan dimakamkan sesuai dengan tradisi Islam.

Sponsor dan Organisasi Regional Pertimbangkan Dukungan Terhadap FIFA

Perusahaan kartu kredit Visa membuat pernyataan paling keras, setelah Departemen Kehakiman AS mengenakan dakwaan terhadap 14 orang dengan berbagai pelanggaran, Rabu (27/5).

Kelompok HAM Kecam UU Kelahiran Baru di Myanmar

Amerika Serikat telah mengatakan bahwa aturan tersebut berpotensi memperburuk perpecahan ras dan agama di negara tersebut.

 

 

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook