Jumat, 30 Januari 2015 Waktu: 05:23

Berita / Dunia

Kapal Tenggelam di Bangladesh, Puluhan Hilang

Petugas SAR Bangladesh berusaha mencari para penumpang kapal tenggelam yang masih hilang (foto: dok).

30.01.2015
Lebih dari 70 orang penumpang berada di kapal yang tenggelam di Teluk Benggala hari Kamis (29/1), 32 di antaranya berhasil diselamatkan. Selengkapnya

Perbatasan Israel-Lebanon Tenang Setelah Bentrokan

Perbatasan Israel dan Lebanon tampak tenang hari Kamis (29/1), satu hari setelah bentrokan antara militan Hizbullah dan militer Israel.

HRW: Tindakan Pengamanan Korbankan HAM

Human Rights Watch (HRW) mengritik negara-negara di dunia yang mengorbankan HAM untuk memperketat tindakan pengamanan.

Malaysia Airlines: Hilangnya MH370 Akibat Kecelakaan

Malaysia Airlines mengumumkan pesawat MH370 hilang karena mengalami kecelakaan dan seluruh 238 penumpangnya dianggap tewas.

ISIS Tetapkan Tenggat Waktu Baru bagi Eksekusi Sandera

Yordania mengatakan Rabu (28/1), negara itu sepakat untuk mempertukarkan seorang tahanan perempuan dengan pembebasan pilot Yordania yang disandera ISIS.

WHO Fokus pada Usaha Akhiri Wabah Ebola

Organisasi kesehatan dunia (WHO) mengalihkan fokusnya pada usaha mengakhiri wabah ebola, setelah jumlah kasus baru ebola menurun drastis.

Tenggat Waktu Habis untuk Pertukaran Sandera dengan Tahanan Yordania

Yordania menolak pertukaran bila ISIS tidak lebih dulu menyediakan bukti bahwa sandera mereka masih hidup.

Bis Tabrak Truk Minyak di Afghanistan, 23 Tewas

Menurut Gubernur Zabul, Mohammad Ashraf Nasiri, tabrakan yang terjadi Kamis pagi (29/1) dekat ibukota propinsi, Qalat, merupakan kecelakaan lalu-lintas, yang kemungkinan besar diakibatkan oleh kesalahan manusia.

PBB Perlu $3,1 Milyar Dana Bantuan Untuk Anak-anak Berisiko

UNICEF sedang mengusahakan dana sebesar $32 juta bagi Ukraina, di mana dikatakan, 600 ribu orang kehilangan tempat tinggal dan sekitar 1,7 juta anak yang terkena dampaknya.

Myanmar Temukan 20 Spesies Unggas Baru

Myanmar dipandang sebagai kubu biodiversitas terakhir Asia, sebagian karena terkucilnya negara itu selama beberapa dasawarsa di bawah junta militer yang keras.

Jepang Pelajari Pesan Terbaru ISIS Terkait Pembebasan Sandera

Pesan yang dibacakan dalam Bahasa Inggris yang dirilis online, Rabu malam (29/1), menyebutkan Yordania harus menyerahkan Sajida al-Rishawi sebelum matahari terbenam hari Kamis, atau pilot al-Kasaseabeh akan dibunuh.

Hindari Kekerasan Boko Haram, 14 Ribu Penduduk Nigeria Lari ke Chad

Militan Islamis Boko Haram di Nigeria Utara merebut satu pangkalan militer dan menyerang kota Baga, dekat Danau Chad awal bulan ini. Beberapa laporan menyebut jumlah korban jiwa ribuan.

PM India Angkat Menteri Luar Negeri Baru

Pengangkatan Subrahmanyam Jaishankar merupakan hadiah atas keberhasilan memajukan hubungan India dengan Washington, termasuk mengatur kunjungan Modi ke Washington bulan September.

Pertumbuhan Ekonomi Filipina Melamban ke 6,1 Persen

Ekonomi Filipina tahun 2014 merupakan nomor dua tercepat di Asia setelah China yang mencatat pertumbuhan 7,3 persen, dan di atas pertumbuhan Vietnam yang 6,0 persen.

Dewan Keamanan PBB Kutuk Pembunuhan Penjaga Perdamaian di Lebanon

Duta Besar Spanyol untuk PBB mengatakan pemerintahnya menghendaki penyelidikan penuh, dan menyalahkan Israel atas tewasnya penjaga perdamaian itu.

PM Israel: Lebanon dan Suriah Bertanggung Jawab Atas Serangan Terhadap Israel

Menurut penjaga perdamaian PBB, enam misil ditembakkan terhadap Israel dari desa Lebanon, yang mendorong Israel membalasnya.

Iran Izinkan Perempuan Warga Asing Tonton Turnamen Bola Voli Pria

Perempuan Iran masih tetap dilarang menonton pria bertanding olahraga dan seorang perempuan dipenjara tahun lalu karena melakukan protes di luar sebuah lapangan bola voli.

Kandidat Film Asing Terbaik pada Academy Awards Picu Kontroversi di Rusia

Film itu menggambarkan pergulatan seorang pria di bagian utara Rusia melawan walikota yang serakah dan korup dan memperlihatkan sisi buruk Gereja Ortodoks Rusia.

Pasukan Turki Halangi Warga yang akan Kembali ke Kobani

Pasukan Turki menghalangi ratusan warga etnis Kurdi yang ingin memasuki Kobani dari kota Suruc di Turki, dengan alasan keamanan.

Pemerintah Baru Batalkan Privatisasi, Saham Yunani Anjlok

Pasar saham anjlok setelah pemerintah baru yang beraliran kiri membatalkan rencana privatisasi banyak aset milik negara.

Italia Tumpas Organisasi Kejahatan, 160 Lebih Ditangkap

Polisi Italia hari Rabu (28/1) menangkap lebih dari 160 orang yang diduga anggota kelompok mafia dan menyita yang bernilai jutaan dolar.

Serangan Udara Pakistan Tewaskan 76 Militan

Serangan udara Pakistan itu dilakukan Selasa (27/1) di sekitar wilayah Datta Khel, di distrik kesukuan Waziristan Utara.

Presiden Somalia Ulangi Tawaran Amnesti bagi al-Shabab

Presiden Somalia hari Rabu (28/1) mengulangi tawaran amnesti kepada anggota kelompok militan al-Shabab yang terkait al-Qaida.

Ukraina, Rusia Saling Tuduh atas Konflik di Ukraina Timur

Rusia dan Ukraina hari Rabu (28/1) kembali saling menyalahkan atas konflik di Ukraina timur.

Twitter Blokir 18 Ribu Akun terkait ISIS

Pakar Amerika mengatakan perang melawan para pelaku jihad ISIS terjadi di medan pertempuran dan di internet, di mana 18 ribu akun Twitter terkait kelompok itu ditutup.

Video Kilas VOA 29 Januari 2015

Pasukan Israel dan Kelompok Hizbullah Lebanon saling menggempur di Golan. PM baru Yunani bertekad menegosiasi ulang hutang. Warga kawasan New England, AS membersihkan salju akibat badai. 'Beruang salju' masuk kereta bawah tanah London.

Perjanjian Kemitraan Perdagangan Trans Pasifik Masih Terhambat

Perundingan untuk menghasilkan perjanjian perdagangan Trans Pasifik 12 negara saat ini terhambat, karena AS dan Jepang belum mencapai kata sepakat dalam dua sektor utama.

Yordania akan Bebaskan Tahanan untuk Ditukar Sandera ISIS

Yordania menuntut pembebasan pilot Letnan Mu'ath al-Kaseasbeh dan akan membebaskan Sajida al-Rishawi, seorang perempuan Irak yang dipenjara.

Beijing Tuduh Perusahaan Alibaba Langgar UU Bisnis

Pemerintah China hari Rabu (28/1) menuduh perusahaan dagang elektronik Alibaba melanggar UU bisnis karene mengizinkan transaksi barang palsu.

Militan Hizbullah Balas Serang Konvoi Israel

Hizbullah mengaku melakukan serangan hari Rabu (28/1) terhadap sebuah konvoi militer Israel sebagai balasan serangan udara Israel sebelumnya.

China Ajak Indonesia Kerjasama Bidang Perikanan

Pekan lalu pemerintah Indonesia mencabut kesepakatan yang memberi para nelayan China sejumlah keuntungan dibanding nelayan dari negara lain di Indonesia.

Hong Kong Pertahankan sebagai Ekonomi Terbebas di Dunia

Sebuah lembaga di AS kembali menempatkan Hong Kong sebagai ekonomi terbebas di dunia, diikuti Singapura, Selandia Baru, Australia, Swiss, Kanada dan Chili.

Parlemen Afghanistan Tolak 10 Nama untuk Kabinet Baru

Para legislator Afghanistan menolak mayoritas pilihan Presiden Ashraf Ghani untuk kabinet baru.

PBB Kutuk Serangan Maut di Hotel Libya

DK PBB dan negara-negara peserta dalam perundingan perdamaian bagi Libya yang disponsori PBB, mengutuk serangan terhadap sebuah hotel mewah di Tripoli, Selasa (27/1) yang menewaskan sedikitnya sembilan orang.

Organisasi HAM: Kebebasan Demokrasi di Seluruh Dunia Menurun

Laporan tahunan “Freedom House” yang dirilis hari Rabu (28/1) mengatakan kondisi demokrasi dalam tahun 2014 "sangat suram."

Pemimpin Korea Utara akan Kunjungi Rusia Bulan Mei

Kantor berita Korea Selatan, Yonhap, mengukuhkan hari Rabu (28/1), bahwa Kim Jong-un menerima undangan untuk menghadiri upacara ulang tahun ke-70 kemenangan Uni Soviet atas Jerman pada Perang Dunia II.

Meksiko Kukuhkan 43 Mahasiswa yang Hilang Dibunuh Geng Narkoba

Jaksa Agung Jesus Murillo mengatakan 43 mahasiswa yang diculik oleh regu polisi yang korup di negara bagian Guerrero, Meksiko selatan, diserahkan kepada para anggota geng Guerreros Unidos.

Obama Adakan Pertemuan Resmi Pertama Dengan Raja Baru Saudi

Seorang pejabat Amerika mengatakan kedua pemimpin membicarakan berbagai masalah keamanan Timur Tengah dan kestabilan pasar minyak.

Pemimpin Pemberontak Yaman Serukan Pengalihan Kekuasaan secara Damai

Al-Houthi mengatakan ia mengambil sikap yang menentang anarkisme dan orang-orang yang lebih suka berkelahi dan bertengkar daripada bekerjasama.

Pesawat Tempur Israel Serang Kedudukan Artileri Suriah

Serangan angkatan udara itu memberi pesan yang jelas, dan bahwa Israel menganggap pemerintah Suriah bertanggung jawab atas serangan yang datang dari dalam wilayahnya.

 

 

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook