Senin, 20 April 2015 Waktu: 02:06

Berita / Iptek

Kaum Muda Gelar Aksi Bersih Sampah di Takengon, Aceh

Relawan FPLKDLT gelar aksi bersih sampah danau laut tawar dan bantaran sungai Takengon. (VOA/Budi Nahaba)

19.04.2015
Puluhan aktivis dari sejumlah organisasi hari Minggu (19/4) menggelar aksi bersih guna mengurangi sampah yang mencemari kawasan sekitar danau laut tawar, Kota Takengon. Selengkapnya

PBB: Limbah Elektronik Tahun 2014 Memecahkan Rekor

Laporan PBB menunjukkan jumlah limbah elektronik tahun 2014 lalu memecahkan rekor.

Pawai & Konser Meriahkan "Hari Bumi" di AS

“Hari Bumi” yang diperingati dengan pawai dan konser sehari penuh di Monumen Nasional, Washington DC hari Sabtu (18/4) menarik ratusan ribu orang.

Obama: Perubahan Iklim Tak Dapat Disangkal

Dunia berharap Amerika mengambil peran pemimpin dalam menangani perubahan iklim secara cerdas, kata Obama.

Google Ubah Formula Pencariannya pada Smartphone

Revisi formula, yang dijadwalkan untuk dirilis Selasa, akan lebih mendahulkan situs-situs yang didefinisikan oleh Google sebagai ramah mobile.

Badan Cuaca PBB Coret 'Isis' dari Nama Badai

Organisasi Meteorologi Dunia (WMO) telah mencabut nama Isis dari daftar nama-nama badai berikutnya di Lautan Pasifik.

Studi: Hormon Serupa Berperan dalam Ikatan Anjing, Manusia

Hormon oksitosin pengurang stress dikeluarkan ketika melihat mata orang, atau hewan yang dicintai

Apple Lestarikan Hutan dalam Upaya Lebih Ramah Lingkungan

Dalam upayanya untuk menjadi lebih hijau, Apple mengatakan akan berinvestasi pada tenaga surya China dan melestarikan hutan-hutan yang membuat kertas yang ramah lingkungan.

Forum Ekonomi Dunia: Kemiskinan Digital Perlambat Pertumbuhan Ekonomi

Laporan baru menyatakan banyak negara yang gagal memperbaiki pertumbuhan ekonomi dan standar hidupnya karena "kemiskinan digital."

PM Norwegia: Presiden Jokowi Tekankan Komitmen Lingkungan Hidup

Berdasarkan perjanjian iklim dengan Norwegia, Indonesia akan menerima pembayaran berdasarkan jumlah deforestasi yang berkurang.

Perseteruan Uni Eropa dengan Google Memanas

Uni Eropa menuduh Google, Rabu (15/4), menyalahgunakan dominasi mereka dalam hal pencarian Internet serta memulai penyelidikan terhadap sistem ponsel Android Google, mempertajam pertikaian hukum anti monopoli yang telah lima tahun berlangsung.

Kotoran Manusia Bisa Dimanfaatkan untuk Pupuk dan Biogas

Sampah rumah tangga serta kotoran manusia yang seringkali dianggap sepele dapat dijadikan pupuk organik serta energi alternatif yang memiliki nilai ekonomis lebih tinggi.

Roket SpaceX dengan Pesawat Kargo Dragon Diluncurkan ke ISS

Pesawat kargo Dragon mengangkut sekitar 2.000 kilogram pangan, eksperimen ilmiah, peralatan dan pembuat kopi espresso yang pertama menuju orbit.

Alat Berbasis Ponsel Dapat Deteksi Sel-sel Kanker

Para peneliti di Rumah Sakit Umum Massachusetts di Boston telah mempersingkat proses pendeteksian dengan sistem pendeteksi kanker D3.

Bangkai Gajah Sumatra Tanpa Gading Ditemukan di Aceh

Para ahli lingkungan hidup mengatakan gajah Sumatra bisa punah dalam tiga dekade mendatang kecuali mereka dilindungi.

Facebook Masih Populer di Kalangan Remaja AS

Facebook masih menjadi media sosial yang paling banyak digunakan oleh para remaja Amerika berusia 13 hingga 17, menurut sebuah studi baru dari Pew Research Center.

Australia Berupaya Selamatkan Terumbu Karang Great Barrier Reef

Sekitar 50 persen dari lapisan atas karang rusak. Ilmuwan mengatakan dibutuhkan dua dekade cuaca yang normal yang memulihkan taman marina ini - yang berukuran sebesar wilayah Italia.

Peluncuran Roket SpaceX Ditunda Akibat Cuaca Buruk

Peluncuran roket tak berawak SpaceX, dan sebuah percobaan inovatif untuk pendaratan di kapal tongkang di laut, ditunda pada hari Senin (13/4) akibat cuaca yang buruk di lokasi peluncuran Florida, menurut para pejabat.

Taiwan Menjatah Air untuk Atasi Kekeringan

Di wilayah-wilayah di utara Taiwan, rumah-rumah tangga sekarang bisa menerima air ledeng hanya lima hari per minggu.

Penyilang Tanaman Bertekad Kembalikan Cita Rasa dalam Sayuran

Di Amerika kini muncul suatu gerakan yang ingin mengembalikan cita rasa kepada sayuran yang tersedia di pasar-pasar.

Peretas China Sasar Negara-negara ASEAN

Para peretas berfokus tidak hanya pada pemerintahan negera-negara ASEAN, tapi juga pada ASEAN sendiri dan perusahaan-perusahaan dan para wartawan yang tertarik pada China.

12 April: Peringatan Pertama Kalinya Manusia Ke Antariksa

12 April adalah Hari Internasional Manusia Pertama ke Antariksa, pada hari tersebut tahun 1961, kosmonot Soviet Yuri Gagarin usia 27 tahun menjadi manusia pertama sedunia yang terbang ke antariksa.

Pembunuhan Badak di Vietnam Capai Rekor Tertinggi

Para aktivis dan pejabat pemerintah Vietnam membahas langkah untuk mengurangi konsumsi cula badak karena perburuan ilegal tidak menunjukkan tanda-tanda mereda.

WNI di AS Berdemo Tolak Reklamasi Benoa

Masyarakat Indonesia di Washington DC yang prihatin dengan rencana reklamasi turut berdemo di depan Gedung Kongres Amerika, menekankan tentangan mereka.

AS Peringati 45 Tahun Misi Apollo 13

Apollo 13 menjelajah ke antariksa pada tanggal 11 April 1970, dan sangat diharapkan menjadi misi sukses NASA yang ketiga ke bulan.

Kurang dari Sejam, Persediaan Awal Apple Watch Ludes

Kalau Anda belum memesan Apple Watch online, jangan harap bisa mendapatkannya segera. Peminat kini harus menanti 4-6 minggu.

Ilmuwan Kembangkan Alat Tak Bermotor untuk Permudah Jalan Kaki

Memakai pergelangan kaki eksternal tak bertenaga listrik dapat membantu orang berjalan lebih jauh dengan energi yang sama, atau memperbaiki pola gerak normal bagi orang-orang yang kesulitan berjalan.

Perusahaan Roket Pemilik Amazon.com Siapkan Uji Coba Penerbangan Suborbital

Sebuah perusahaan ruang angkasa milik pendiri Amazon.com Jeff Bezos telah selesai mengerjakan mesin roket untuk pesawat antariksa suborbital dan direncanakan untuk memulai penerbangan uji coba tahun ini, menurut pejabat Blue Origin hari Selasa (7/4).

Obama: Perubahan Iklim Rusak Kesehatan Warga AS

Presiden Barack Obama mengatakan hal itu hari Selasa (7/4) dalam pidato di Universitas Howard di Washington DC.

Apple Watch Ramping dan Gaya, Tapi Tidak untuk Semua Orang

Para analis teknologi memuji desain Apple Watch yang elegan, tapi menyayangkan harganya yang mahal dan beberapa kelemahan fitur jam ini.

Aktivis Greenpeace Protes Pengeboran Minyak di Kutub Utara

Greenpeace mengatakan keenam aktivis tersebut tidak akan mengganggu pelayaran atau pengoperasian kapal saat bergerak menuju Kutub Utara.

Baterai Aluminium Baru Bisa Diisi Ulang dalam Satu Menit

Ilmuwan AS mengatakan mereka telah menciptakan baterai yang murah, tahan lama dan fleksibel. Baterai itu terbuat dari aluminium untuk digunakan pada smartphone dan bisa diisi ulang hanya selama satu menit.

Gubernur California Bebaskan Petani dari Pembatasan Penggunaan Air

Gubernur memberlakukan keharusan membatasi penggunaan air di rumah-rumah dan perusahaan di seluruh negara bagian itu pekan lalu sementara kekeringan memasuki tahun keempat.

CERN Operasikan Kembali Alat Super Collider

LHC atau Large Hadron Collider turut berjasa dalam penemuan Higgs Boson, satu partikel yang lebih kecil dari atom yang sudah lama diteorikan tetapi tidak pernah dikukuhkan sampai tahun 2013.

Suplemen Minyak Ikan Mungkin Hambat Pengobatan Kanker

Para peneliti mengatakan sebagian suplemen minyak ikan agaknya mengganggu metabolisme kemoterapi, sehingga sel-sel kanker bisa menguat kembali setelah perawatan.

China: Langkah Keamanan yang Dilakukan Google 'Tidak Bisa Diterima'

Badan regulator Internet China mengecam Google karena tidak mengindahkan pengecekan keamanan website badan tersebut, menyusul pelanggaran keamanan yang mempersalahkan negara tersebut.

Indonesia Perpanjang Larangan Atas Pembukaan Hutan

Pemerintah telah memberlakukan moratorium dua tahun untuk penebangan di bawah perjanjian iklim senilai US$1 miliar dengan Norwegia, yang bertujuan untuk mengurangi emisi dari deforestasi.

Tak Hanya Manusia, Tikus Jantan Rayu Tikus Betina dengan 'Lagu Cinta'

Tikus jantan menyanyikan rangkaian vokal untuk menarik perhatian tikus betina. Nyanyian ini bernada sangat tinggi, di atas 50 kilohertz, dan tidak dapat terdengar oleh manusia.

Lewat iCow dan M-Farm, Smartphone Tingkatkan Pertanian Afrika

Akses smartphone dan Internet yang lebih luas memungkinkan perusahaan teknologi untuk menjangkau petani di daerah terpencil Afrika dengan aplikasi yang menyediakan diagnosa untuk hewan, petunjuk penanaman tanaman dan pasar virtual.

 

 

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook