Kamis, 11 Februari 2016 Waktu: 00:57

    Berita / Iptek

    Inovasi Surya Sediakan Energi Bersih dan Murah bagi Warga Kenya

    Inovasi surya sediakan energi bersih dan murah bagi warga Kenya.

    05.02.2016
    Di Kenya, sebuah perusahaan bernama M-Kopa Solar menyediakan energi bersih bagi lebih dari 300.000 rumah di seluruh Afrika Timur dengan memungkinkan konsumen membayar lewat ponsel. Selengkapnya

    Senat AS Tunda Bahas RUU Energi akibat Krisis Air di Flint

    Tingkat toksik timah dalam air minum di kota Flint, negara bagian Michigan telah membuat ribuan anak-anak sakit dan memaksa 100 ribu penduduk setempat minum air botol.

    Kandidat Capres AS Beda Pendapat soal Pemanasan Global

    Apakah presiden mendatang, pengganti Obama, akan meneruskan upaya itu atau tidak, dibahas dalam kampanye para kandidat presiden dari kedua partai politik.

    PBB: Korea Utara Berencana Luncurkan Satelit Bulan Ini

    PBB mengatakan Korea Utara telah mengumumkan rencana untuk meluncurkan satelit dengan sebuah roket antara tanggal 8 – 25 Februari.

    Pakar Energi: Tidak Ada Alasan Listrik Tidak Bisa Masuk ke Afrika

    Beberapa pembuat kebijakan utama dari berbagai sektor kelistrikan di Afrika, termasuk para investor dan pengembang listrik dari seluruh dunia mengikuti KTT "Power Africa" pekan ini di Washington DC.

    Kesepakatan Bersejarah Lindungi Hutan Tropis di Kanada

    Provinsi British Columbia di Kanada barat sepakat untuk melindungi daerah luas hutan tropis, dari penebangan, pembangunan dan perburuan.

    Badan Urusan Lingkungan Michigan akan Periksa Air di Flint

    Departemen urusan Lingkungan Michigan mengusulkan strategi lima tahap kepada pejabat pemerintah federal hari Senin (1/2) untuk menentukan apakah air minum yang tercemar timbal di Flint aman untuk diminum.

    Pihak Berwenang Inggris Beri Izin Penelitian Modifikasi Gen Embrio Manusia

    Profesor bioteknologi hewan di Universitas Edinburgh, Bruce Whitelaw, mengatakan kepada Science Media Center penelitian itu tentu “akan membantu pasangan yang tidak subur dan mengurangi kecemasan akan keguguran kandungan.”

    NASA Peringati Bencana Pesawat Ulang-Alik Challenger

    NASA hari Kamis (28/1) mengenang tujuh astronaut yang tewas ketika pesawat ulang-alik antariksa Challenger meledak beberapa saat setelah diluncurkan 30 tahun lalu.

    Facebook akan Tawarkan Beragam Reaksi selain 'Like'

    Pengguna Facebook dalam waktu dekat akan dapat mengekspresikan reaksi 'marah' dan 'sedih', atau berteriak 'yay' atau 'wow', atau hanya menuliskan 'love' (sangat menyukai/mencintai) atas suatu komentar, foto atau video, yang diposting di laman Facebook.

    PBB Ingin Gandakan Investasi Energi Bersih hingga Tahun 2020

    Sekretaris Jenderal PBB Rabu (27/1) mengajak investor dari seluruh dunia untuk melipat gandakan investasi energi bersih pada 2020, katanya, "kita harus mulai beralih dari bahan bakar fosil segera."

    Cagar Alam Paus di Hawaii Tak akan Diperluas

    Badan cagar alam AS tadinya mengusulkan memperluas tempat pelestarian ikan pausdi Kepulauan Hawaii untuk meliputi semua ekosistem, tidak hanya spesies ikan paus bungkuk.

    Ohio Lakukan Penyelidikan Kriminal Masalah Air

    Badan Perlindungan Lingkungan AS (EPA) diminta untuk membuka penyelidikan kriminal tentang apa yang terjadi di Sebring, sebuah desa sekitar 60 mil tenggara Cleveland, Ohio.

    “Cubitan” (Tweak) Facebook bisa Hindari Sensor oleh Iran dan China

    Pengguna Facebook di China dan Iran dapat mengakses Facebook lewat ponsel pintar mereka tanpa takut diawasi, berkat perangkat lunak yang menghubungkan ke jaringan anonim yang menyembunyikan lokasi dan identitas.

    Program Pencegahan dan Penanggulangan Ancaman Pandemi Diluncurkan di Afrika Timur

    Seiring dengan terus bertambahnya populasi dunia dan permintaan pangan, ancaman-ancaman penyakit lain juga semakin meningkat. Nairobi meluncurkan program baru untuk membantu mencegah dan menanggulangi penyakit-penyakit ini.

    Para Ilmuwan Mungkin Temukan Planet ke-9

    Dua astronom AS yakin telah menemukan sebuah planet raksasa yang letaknya terlalu jauh untuk bisa dijangkau oleh gravitasi matahari.

    Studi: Penangkapan Ikan Global secara Drastis Tidak Dilaporkan

    Jumlah penangkapan ikan di dunia yang dilaporkan ternyata terlalu rendah sampai 30 persen, kesalahan ini beresiko signifikan terhadap lingkungan dan negara-negara maritim, menurut sebuah studi jangka panjang yang dirilis hari Selasa (19/1).

    Pemerintah Federal akan Bantu Atasi Masalah Air Beracun di Flint

    Pemerintahan Obama telah menunjuk seorang pejabat senior untuk membantu mengatasi krisis air tercemar yang melanda kota Flint di negara bagian Michigan.

    Kampanye Calon Presiden AS Gencar Gunakan Media Sosial

    Media sosial berperan besar dalam pemilu Presiden AS. Sejak masa kampanye pertama Presiden Obama, media sosial jadi alat menggalang pemilih dan memenangkan kampanye dan kini juga digunakan para kandidat Presiden Amerika.

    Tembakau, Bahan Bakar Masa Depan?

    Tanaman tembakau bisa membuat planet bumi lebih sehat.

    Rusia Berencana Kurangi Anggaran Program Antariksa

    Rusia memainkan peran penting dalam pengangkutan awak ke dan dari stasiun antariksa internasional (ISS), sejak Amerika Serikat memensiunkan armadanya yang mengakut astronot ke antariksa.

    Penyembuhan Distrofi Otot Mungin Ditemukan

    Para periset telah menemukan apa yang merupakan penyembuhan permanen bagi distrofi otot Duchenne, kondisi genetika yang melumpuhkan dan pada akhirnya fatal yang melanda anak laki-laki. Pengobatan baru itu pada dasarnya memperbaiki protein yang bermutasi.

    Audio Aktivis Khawatirkan Banyaknya Limbah Beracun di Jawa Timur

    Sejumlah aktivis di Jawa Timur mendesak pemerintah daerah bertindak tegas terhadap pembuangan limbah bahan beracun berbahaya secara sembarangan, yang dinilai akan menimbulkan dampak kesehatan bagi warga.

    Apakah Whisky Akan Menjadi Bahan Bakar Masa Depan?

    Kita sadar bahwa kita sebaiknya tidak minum alkohol ketika menyetir kendaraan. Tetapi produk sampingan minuman keras whisky kemungkinan akan menjadi bahan penting masa depan sebagai sumber bahan bakar terbarukan untuk mejalankan mobil yang kita setir.

    Nikkei: Apple Akan Pangkas Produksi iPhone 6S dan 6S Plus

    Permintaan terhadap iPhone model baru 6S dan 6S Plus yang lebih rendah dari perkiraan, memaksa Apple untuk memangkas produksi iPhone terbaru sebesar 30 persen, Nikkei melaporkan.

    Emosi dan Kreativitas Terkait Erat

    Musik mampu membangkitkan segala macam emosi dalam hati pendengar, dan dalam benak komposer.

    CEO Facebook Bertekad Kembangkan 'Artificial Intelligence'

    Mark Zuckerberg mengatakan ia akan menggunakan "kecerdasan buatan" (artificial intelligence) untuk melakukan berbagai pekerjaan di rumahnya dan membantunya merawat anak perempuannya yang baru lahir.

    AS Gugat Vokswagen terkait Piranti Lunak Emisi Palsu

    Departemen Kehakiman Amerika hari Senin (4/1) mengajukan gugatan perdata terhadap produsen mobil Jerman, Volkswagen AG.

    Microsoft akan Umumkan Peretasan oleh Negara bagi Pengguna Layanannya

    Microsoft mengambil langkah keamanan tambahan karena serangan yang disponsori negara sering lebih canggih atau lebih lama daripada serangan penjahat dunia maya dan lain-lain.

    Badai Masih Melanda Skotlandia, Banjir Rendam Sebagian Inggris

    Sekitar 3.000 rumah di Inggris dan Wales juga dilaporkan mengalami pemadaman listrik.

    Amerika Bagian Barat Dilanda Banjir “Berbahaya dan Bersejarah”

    Banjir yang jarang terjadi pada musim dingin telah menewaskan sedikitnya 20 orang dan mengancam hampir 20 tanggul di negara bagian Missouri dan Illinois, yang beberapa hari ini telah dilanda hujan tropis terbesar dalam sejarah.

    Apple Setuju Bayar Kasus Pajak di Italia Sebesar US$350 Juta

    Tim jaksa di Milan, Italia hari Rabu (30/12) mengatakan Apple setuju membayar pajak selama beberapa tahun ini di Italia sebesar 318 juta euro atau sekitar 350 juta dolar.

    UNESCO Kukuhkan Ciletuh sebagai Geopark Nasional

    Kawasan wisata Geopark atau taman alam batuan tua di Ciletuh Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, resmi dikukuhkan menjadi Geopark Nasional. Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan mengajukannya sebagai Global Geopark atau Geopark Internasional ke UNESCO tahun 2017.

    Permainan Video Tiga Dimensi Mungkin Baik bagi Anak-Anak

    Meskipun video games kerap dikecam luas oleh banyak ilmuwan sosial, orang tua dan guru sebagai permainan yang tidak bernilai atau hanya sedikit bernilai, beberapa pakar psikologi dan ilmu kognitif mulai mendebat pandangan itu.

    Bagian Roket Rusia Timbulkan Bola Api di Angkasa

    Roket Rusia yang terbakar sewaktu memasuki atmosfir bumi Selasa malam (22/12) menimbulkan kegemparan di media sosial dan memicu spekulasi tentang apa yang menyebabkan kilatan cahaya yang meluncur di atas angkasa Amerika di bagian Barat.

    Masyarakat Peduli Gambut Desak Etika Pengelolaan

    Berbagai elemen masyarakat yang tergabung dalam “Gerakan Masyarakat Peduli Gambut” di Yogyakarta hari Rabu (16/12) menyampaikan deklarasi untuk memastikan supaya lahan gambut dikelola secara beretika dan berkesinambungan.

    Beijing Keluarkan Peringatan Kabut Asap Siaga Merah

    Untuk memperingatkan mengenai kabut asap berbahaya yang akan datang, pihak berwenang China hari Jumat (18/12) mengeluarkan peringatan polusi tingkat merah, atau tingkat tertinggi, yang ke-dua, di ibukota, Beijing.

    Peneliti Mencoba Melindungi Kesehatan Umum dengan Mempelajari Perubahan Iklim

    Badan Kesehatan Dunia telah lama memantau perubahan iklim. Para peneliti universitas di seluruh Amerika mempelajarinya dan yang ditemukan para peneliti itu mungkin dapat menolong orang melindungi kesehatan mereka selagi cuaca berubah.

    China Coba Yakinkan Dunia Soal Tata Kelola Internet

    Meskipun menerapkan sensor paling ketat di dunia terhadap internet, China pekan ini menjadi tuan rumah satu konferensi di kota kecil di provinsi Zhejiang, China timur, untuk meyakinkan dunia mengenai pandangannya tentang tata kelola Internet.

    Tidur dengan Efisien, Manusia Perlu Jam Tidur Lebih Sedikit

    Rata-rata manusia membutuhkan jam tidur lebih sedikit (sekitar 7 jam sehari) dibanding dengan 14 jam sehari bagi jenis hewan kerabat terdekat manusia.

    Ikuti Kami