Jumat, 27 Maret 2015 Waktu: 10:32

Berita / Iptek / Sains

Nitrogen, Unsur Kunci Kehidupan, Ditemukan di Mars

Gambar ilustrasi kendaraan penjelajah milik NASA, Curiosity.

25.03.2015
Namun NASA mengatakan tidak ada bukti nitrogen tersebut berasal dari makhluk hidup, mungkin sumbernya adalah meteorit. Selengkapnya

Lonjakan Penggunaan Antiobiotik pada Hewan Picu Ketakutan Akan Bakteri Super

Penggunaan antibiotik pada hewan mendorong kita lebih dekat pada periode dimana infeksi biasa dapat menjadi hukuman mati karena mereka tidak lagi merespon obat.

Tambah Jam Tidur Bisa Sembuhkan 'Keletihan Sosial'

Banyak orang beraktivitas dengan perasaan letih tetapi tidak tahu mengapa. Peneliti berpendapat mereka menderita "keletihan sosial." Solusinya, sesuaikan jadwal kerja.

NASA Kukuhkan Ada Lautan di Bulan Yupiter

Bulan yang mengorbit Yupiter, Ganymede, memiliki lautan di bawah permukaannya yang dipenuhi es, meningkatkan prospek kehidupan.

Banyak Penemuan Lain dalam Setahun Pencarian MH370

Meski pesawat belum berhasil ditemukan, pencarian itu telah menghasilkan pelajaran-pelajaran dan penemuan yang dapat bermanfaat bagi jutaan orang.

NASA: Mars Dulunya Tertutup Lautan Dalam

Ini artinya, kemungkinan ada suatu bentuk kehidupan di Mars yang lebih lama daripada yang selama ini diyakini.

Studi: Orang Dewasa Terjangkit Flu Hanya Dua Kali dalam Satu Dekade

Orang dewasa rata-rata hanya bisa terkena flu dua kali dalam satu dekade, menurut hasil penelitian para ilmuwan, dan menyebutkan bahwa sebagian besar batuk dan demam yang membuat jutaan orang sakit setiap tahunnya adalah akibat kuman lainnya.

Racun Laba-laba Bisa Jadi Obat Penghilang Rasa Sakit

Para peneliti Australia menganalisa racun dari 206 spesies laba-laba, menemukan tujuh senyawa yang menghalangi sinyal-sinyal rasa sakit untuk mencapai otak.

Tes Kulit Dapat Bantu Diagnosa Alzheimer, Parkinson

Biopsi-biopsi kulit menawarkan cara-cara yang tidak invasif untuk mendiagnosa demensia secara dini.

Astronot AS 'Spacewalk' untuk Ketiga Kalinya

Dua astronot Amerika keluar dari Stasiun Antariksa Internasional (ISS) untuk melakukan spacewalk atau kegiatan di luar pesawat antariksa yang ke-tiga dalam waktu sepekan lebih.

Inggris Negara Pertama yang Izinkan Bayi Tabung dari DNA 3 Orang

Teknik yang dikenal sebagai fertilisasi in-vitro yang kontroversial ini dapat mencegah para ibu menurunkan penyakit-penyakit yang tidak dapat disembuhkan.

HIV Agresif Ditemukan di Kuba

Rata-rata, tanpa perawatan, infeksi HIV perlu lima sampai 10 tahun untuk menjadi AIDS, namun kasus di Kuba menunjukkan hanya perlu waktu tiga tahun.

Peneliti Kembangkan Insulin 'Pintar' untuk Kendalikan Diabetes

Substansi baru ini akan bermanfaat bagi pasien-pasien diabetes yang harus sering memeriksa tingkat gula darah dan menyuntik sendiri.

Uji Coba Pesawat Antariksa Eropa Berhasil

Sebuah pesawat angkasa ekspremintal berhasil kembali ke bumi, Rabu (11/2) setelah tes penerbangan 100 menit. Badan Antariksa Eropa (ESA) berharap pesawat itu akan membuka jalan bagi sistem transportasi antariksa yang bisa digunakan kembali pertama bagi Eropa.

Satelit AS Siap Diluncurkan untuk Monitor Udara Angkasa

Satelit AS baru siap diluncurkan ke angkasa pada hari Selasa (10/2) untuk memonitor cuaca angkasa dan mengawasi bila ada badai matahari yang mengancam.

Pemerintah akan Bangun 100 Science Techo-Park dalam 5 Tahun

Menko Kemaritiman Indonesia mengatakan pemerintah Indonesia akan membangun 100 science techno-park di 100 desa di seluruh Indonesia dalam jangka 5 tahun kedepan.

Meningkatkan Kesejahteraan Nelayan Melalui Teknologi

Pemerintah akan mendorong pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan. Salah satunya dengan membangun pembangkit listrik skala kecil di desa-desa pesisir.

Robot Ilmuwan Bantu Buat Obat Baru

Universitas Manchester bermitra bersama robot untuk menemukan senyawa yang bisa mungkin bisa mengobati penyakit malaria dan penyakit tropis lainnya.

Inggris Akan Izinkan Bayi Tabung dari DNA 3 Orang

Teknik ini dikenal sebagai fertilisasi in-vitro 'tiga orangtua' karena bayi-bayi yang dilahirkan akan mendapatkan DNA mereka dari seorang ibu, seorang ayah dan dari donor perempuan.

Studi: Vaksin Ebola Tak Seampuh yang Diharapkan

Studi itu menemukan bahwa respon-respon imunitas yang lebih rendah beberapa kali lipat pada manusia dibandingkan dengan yang terlihat dalam penelitian-penelitian terhadap monyet.

Ikuti Kami