Rabu, 04 Mei 2016 Waktu: 06:56

Berita / Iptek / Sains

Suhu Naik, Sebagian Timur Tengah Kelak Tak Bisa Dihuni

Padang pasir di Timur Tengah. (Foto: Ilustrasi)

03.05.2016
    Tim peneliti Max Planck Institute for Chemistry dan Cyprus Institute mengatakan jumlah hari yang "sangat panas" di kawasan itu meningkat pesat sejak 1970. Selengkapnya

Astronom Temukan 3 Planet Berpotensi Dihuni

Tiga kandidat baru planet dengan potensi untuk mendukung kehidupan baru saja diumumkan oleh para astronom. Jarak planet-planet tersebut sekitar 40 tahun cahaya dan berada dalam konstelasi Aquarius.

Komet Tak Berekor Mungkin Ada Sejak Pembentukan Tata Surya

Sepotong materi yang mungkin berasal dari pembentukan tata surya telah berhasil dilihat oleh para astronom. Salah satu petunjuk pertama bahwa benda itu tidak biasa adalah ketiadaan ekor yang tampak pada umumnya.

Pesawat Bertenaga Surya Sedang Terbang ke Arizona, AS

Solar Impulse 2 berangkat menuju Phoenix, Arizona sebelum menyebrangi Samudra Atlantik menuju Eropa atau Afrika Utara. Meskipun penerbangan belum selesai, namun telah terbukti teknologi sinar matahari mampu melakukannya.

Dinosaurus Mulai Punah sebelum Hujan Meteor Besar-besaran

Studi terbaru mengklaim dinosaurus sudah mulai menghadapi kepunahan jutaan tahun sebelum bencana meteor terjadi.

Kulit Elektronik Kelak Sediakan Data Biometrik

Peneliti Jepang sedang menguji "kulit elektronik," disebut e-skin, yang kelak bisa digunakan untuk melacak data biomedis.

Hidup Cepat, Mati Muda: Kunci Lolos dari Kepunahan

Bumi dilaporkan sedang mengalami kepunahan massal keenam, yakni ketika makhluk darat dan laut menghilang pada tingkat hingga 1.000 kali lebih cepat dari yang dianggap normal.

Stephen Hawking Dukung Proyek untuk Temukan Kehidupan di Antariksa

Ilmuwan astrofisika terkenal Stephen Hawking dan CEO Facebook Mark Zuckerberg serta Yuri Milner bekerjasama untuk memburu kehidupan di antariksa.

NASA Tetapkan 'Keadaan Darurat’ Untuk Selidiki Kepler

Kontak terakhir NASA dengan pesawat pendeteksi planet yang mulai usang itu adalah sepekan lalu.

Vaksin Baru Dapat Bantu Lenyapkan Polio

Organisme dalam vaksin tersebut direkayasa secara genetika supaya dapat tumbuh baik pada suhu 30 derajat Celsius tapi tidak sama sekali pada 37 derajat, suhu manusia normal.

Indonesia Bertekad Jaga Keamanan Nuklir

Indonesia tidak lagi menggunakan uranium yang diperkaya dalam produk-produk yang dihasilkannya.

Studi: Fosil 'Hobbit' Indonesia Lebih Tua dari Perkiraan

Investigasi-investigasi terbaru mengindikasikan bahwa mereka punah jauh lebih awal, sekitar 50.000 tahun yang lalu, bahkan sebelum Neanderthal punah.

Astronom Temukan Gunung Tinggi di Bulan Saturnus

Bulan Titan terbukti merupakan struktur yang paling menarik di sistem tata surya, lengkap dengan apa yang diyakini merupakan lautan air di bawah lapiran esnya.

Video Muhammad Arief Budiman: Ilmuwan Senior di Perusahaan Bio Teknologi di St. Louis

Arief telah bekerja di Orion Genomics sejak lulus program pasca doctoral dari Clemson University Genomics Institute tahun 1999.

Ilmuwan Pecahkan Misteri Monster Tully

Selama ini para ilmuwan bingung tidak hanya dengan penampakannnya, tapi juga dengan kategori makhluk laut ini -- moluska, ikan, atau sesuatu yang lain sama sekali?

Hari Ini Perayaan Hari Pi atau ‘22/7’

14 Maret 2016 adalah perayaan ke-28 Hari Pi untuk menghormati angka dua puluh dua per tujuh (22/7) atau sekitar 3,14.

Studi: Membaca Lewat Tablet Berdampak Buruk pada Kualitas Tidur

Dibandingkan dengan membaca lewat buku biasa, studi menemukan orang yang membaca iPad sebelum tidur memiliki kualitas tidur yang berbeda. Pancaran sinar biru dari tablet yang masuk ke mata, mungkin berpengaruh buruk terhadap kualitas tidur.

Video Nining Sutardjo, Analisis Benih di Universitas Kentucky, Lexington

Nining Sutardjo adalah satu-satunya analis benih asal Indonesia yang sudah 23 tahun bekerja pada departemen yang mengatur peredaran benih tanaman di negara bagian Kentucky.

Kembar dengan Ayah Berbeda Ditemukan di Vietnam

Ini adalah kasus pertama yang diketahui terjadi di Vietnam dan hanya ada tujuh kasus serupa yang dilaporkan terjadi di dunia sejak tahun 2011.

Ikuti Kami