Minggu, 29 Mei 2016 Waktu: 20:25

Berita / Iptek / Sains

Cahaya Hijau Bantu Kurangi Migrain

A new study claims exposure to green light can reduce the severity of migraines.

22.05.2016
    "Gelombang cahaya hijau murni" membantu meringankan kepekaan terhadap cahaya, yang disebut fotofobia, dan dapat mengurangi intensitas sakit kepala. Selengkapnya

Resistensi Rumput Liar Bermasalah, Tapi Rekayasa Genetika Aman Dimakan

Para peneliti tidak menemukan adanya bukti bahwa tanaman yang direkayasa genetika tidak aman untuk dimakan.

Transplantasi Penis Pertama di AS Berhasil

Thomas Manning dari Halifax, Massachusetts, dalam keadaan baik setelah menjalani operasi transplantasi penis selama 15 jam.

21 Persen Tanaman Dunia Terancam Punah

Para ilmuwan mengatakan pemerintah harus melakukan lebih banyak upaya untuk menciptakan tempat-tempat pelestarian.

Ilmuwan Swedia Uji Coba Obat untuk Pedofilia

Obat kanker prostat diharapkan akan membantu pria yang memiliki fantasi seksual pada anak-anak, dan dapat mengurangi dorongan melakukan kekerasan seksual.

Alat Baru Berpotensi Melawan Kanker Otak

Sawar darah otak adalah sistem pertahanan alami yang mencegah zat berbahaya dalam darah masuk ke otak. Para dokter mungkin telah menemukan cara melewati penghalang itu untuk mengobati pasien kanker.

Studi Baru Perlihatkan 1300 Benda Antariksa yang Diduga Planet

NASA mengumumkan Selasa (10/5) bahwa Teleskop Antariksa Kepler miliknya telah memvalidasi 1.284 planet diantara 4.300 benda berpotensi planet.

Hari Ini Planet Merkurius Terlihat Melintasi Matahari

Transit terakhir terjadi tahun 2006, dan transit berikutnya akan terjadi tahun 2019, kemudian terjadi lagi tahun 2031. Transit itu terjadi kira-kira 13 kali setiap abad, menurut CBS News.

10.000 Anak Perempuan AS Jajaki Karir di Bidang Ilmu Pengetahuan

Sebuah museum ilmu pengetahuan di Denver memberi kesempatan kepada ribuan anak perempuan untuk bertemu dengan ratusan perempuan ilmuwan agar terilhami untuk berkarir di bidang ilmu pengetahuan.

Suhu Naik, Sebagian Timur Tengah Kelak Tak Bisa Dihuni

Tim peneliti Max Planck Institute for Chemistry dan Cyprus Institute mengatakan jumlah hari yang "sangat panas" di kawasan itu meningkat pesat sejak 1970.

Astronom Temukan 3 Planet Berpotensi Dihuni

Tiga kandidat baru planet dengan potensi untuk mendukung kehidupan baru saja diumumkan oleh para astronom. Jarak planet-planet tersebut sekitar 40 tahun cahaya dan berada dalam konstelasi Aquarius.

Komet Tak Berekor Mungkin Ada Sejak Pembentukan Tata Surya

Sepotong materi yang mungkin berasal dari pembentukan tata surya telah berhasil dilihat oleh para astronom. Salah satu petunjuk pertama bahwa benda itu tidak biasa adalah ketiadaan ekor yang tampak pada umumnya.

Pesawat Bertenaga Surya Sedang Terbang ke Arizona, AS

Solar Impulse 2 berangkat menuju Phoenix, Arizona sebelum menyebrangi Samudra Atlantik menuju Eropa atau Afrika Utara. Meskipun penerbangan belum selesai, namun telah terbukti teknologi sinar matahari mampu melakukannya.

Dinosaurus Mulai Punah sebelum Hujan Meteor Besar-besaran

Studi terbaru mengklaim dinosaurus sudah mulai menghadapi kepunahan jutaan tahun sebelum bencana meteor terjadi.

Kulit Elektronik Kelak Sediakan Data Biometrik

Peneliti Jepang sedang menguji "kulit elektronik," disebut e-skin, yang kelak bisa digunakan untuk melacak data biomedis.

Hidup Cepat, Mati Muda: Kunci Lolos dari Kepunahan

Bumi dilaporkan sedang mengalami kepunahan massal keenam, yakni ketika makhluk darat dan laut menghilang pada tingkat hingga 1.000 kali lebih cepat dari yang dianggap normal.

Stephen Hawking Dukung Proyek untuk Temukan Kehidupan di Antariksa

Ilmuwan astrofisika terkenal Stephen Hawking dan CEO Facebook Mark Zuckerberg serta Yuri Milner bekerjasama untuk memburu kehidupan di antariksa.

NASA Tetapkan 'Keadaan Darurat’ Untuk Selidiki Kepler

Kontak terakhir NASA dengan pesawat pendeteksi planet yang mulai usang itu adalah sepekan lalu.

Vaksin Baru Dapat Bantu Lenyapkan Polio

Organisme dalam vaksin tersebut direkayasa secara genetika supaya dapat tumbuh baik pada suhu 30 derajat Celsius tapi tidak sama sekali pada 37 derajat, suhu manusia normal.

Indonesia Bertekad Jaga Keamanan Nuklir

Indonesia tidak lagi menggunakan uranium yang diperkaya dalam produk-produk yang dihasilkannya.

Ikuti Kami