Sabtu, 18 April 2015 Waktu: 14:14

Berita / Iptek / Sains

Studi: Hormon Serupa Berperan dalam Ikatan Anjing, Manusia

Seorang perempuan bersama anjing-anjing Daschund miliknya yang menang kompetisi dunia di Budapest. (Foto: Dok)

17.04.2015
Hormon oksitosin pengurang stress dikeluarkan ketika melihat mata orang, atau hewan yang dicintai Selengkapnya

Kotoran Manusia Bisa Dimanfaatkan untuk Pupuk dan Biogas

Sampah rumah tangga serta kotoran manusia yang seringkali dianggap sepele dapat dijadikan pupuk organik serta energi alternatif yang memiliki nilai ekonomis lebih tinggi.

Alat Berbasis Ponsel Dapat Deteksi Sel-sel Kanker

Para peneliti di Rumah Sakit Umum Massachusetts di Boston telah mempersingkat proses pendeteksian dengan sistem pendeteksi kanker D3.

Penyilang Tanaman Bertekad Kembalikan Cita Rasa dalam Sayuran

Di Amerika kini muncul suatu gerakan yang ingin mengembalikan cita rasa kepada sayuran yang tersedia di pasar-pasar.

Ilmuwan Kembangkan Alat Tak Bermotor untuk Permudah Jalan Kaki

Memakai pergelangan kaki eksternal tak bertenaga listrik dapat membantu orang berjalan lebih jauh dengan energi yang sama, atau memperbaiki pola gerak normal bagi orang-orang yang kesulitan berjalan.

Perusahaan Roket Pemilik Amazon.com Siapkan Uji Coba Penerbangan Suborbital

Sebuah perusahaan ruang angkasa milik pendiri Amazon.com Jeff Bezos telah selesai mengerjakan mesin roket untuk pesawat antariksa suborbital dan direncanakan untuk memulai penerbangan uji coba tahun ini, menurut pejabat Blue Origin hari Selasa (7/4).

CERN Operasikan Kembali Alat Super Collider

LHC atau Large Hadron Collider turut berjasa dalam penemuan Higgs Boson, satu partikel yang lebih kecil dari atom yang sudah lama diteorikan tetapi tidak pernah dikukuhkan sampai tahun 2013.

Suplemen Minyak Ikan Mungkin Hambat Pengobatan Kanker

Para peneliti mengatakan sebagian suplemen minyak ikan agaknya mengganggu metabolisme kemoterapi, sehingga sel-sel kanker bisa menguat kembali setelah perawatan.

Tak Hanya Manusia, Tikus Jantan Rayu Tikus Betina dengan 'Lagu Cinta'

Tikus jantan menyanyikan rangkaian vokal untuk menarik perhatian tikus betina. Nyanyian ini bernada sangat tinggi, di atas 50 kilohertz, dan tidak dapat terdengar oleh manusia.

Pesawat Tenaga Surya 'Impulse' Tiba di China

Pesawat tenaga surya Swiss tiba di China di tahap kelima perjalanan keliling dunia tanpa bahan bakar fosil.

Astronot AS, Rusia Mulai Misi Terlama di Antariksa

Mereka akan tinggal selama setahun untuk menjalankan misi yang bertujuan untuk mempelajari efek jangka panjang dari gravitasi nol terhadap tubuh manusia.

Nitrogen, Unsur Kunci Kehidupan, Ditemukan di Mars

Namun NASA mengatakan tidak ada bukti nitrogen tersebut berasal dari makhluk hidup, mungkin sumbernya adalah meteorit.

Lonjakan Penggunaan Antiobiotik pada Hewan Picu Ketakutan Akan Bakteri Super

Penggunaan antibiotik pada hewan mendorong kita lebih dekat pada periode dimana infeksi biasa dapat menjadi hukuman mati karena mereka tidak lagi merespon obat.

Tambah Jam Tidur Bisa Sembuhkan 'Keletihan Sosial'

Banyak orang beraktivitas dengan perasaan letih tetapi tidak tahu mengapa. Peneliti berpendapat mereka menderita "keletihan sosial." Solusinya, sesuaikan jadwal kerja.

NASA Kukuhkan Ada Lautan di Bulan Yupiter

Bulan yang mengorbit Yupiter, Ganymede, memiliki lautan di bawah permukaannya yang dipenuhi es, meningkatkan prospek kehidupan.

Banyak Penemuan Lain dalam Setahun Pencarian MH370

Meski pesawat belum berhasil ditemukan, pencarian itu telah menghasilkan pelajaran-pelajaran dan penemuan yang dapat bermanfaat bagi jutaan orang.

NASA: Mars Dulunya Tertutup Lautan Dalam

Ini artinya, kemungkinan ada suatu bentuk kehidupan di Mars yang lebih lama daripada yang selama ini diyakini.

Studi: Orang Dewasa Terjangkit Flu Hanya Dua Kali dalam Satu Dekade

Orang dewasa rata-rata hanya bisa terkena flu dua kali dalam satu dekade, menurut hasil penelitian para ilmuwan, dan menyebutkan bahwa sebagian besar batuk dan demam yang membuat jutaan orang sakit setiap tahunnya adalah akibat kuman lainnya.

Racun Laba-laba Bisa Jadi Obat Penghilang Rasa Sakit

Para peneliti Australia menganalisa racun dari 206 spesies laba-laba, menemukan tujuh senyawa yang menghalangi sinyal-sinyal rasa sakit untuk mencapai otak.

Tes Kulit Dapat Bantu Diagnosa Alzheimer, Parkinson

Biopsi-biopsi kulit menawarkan cara-cara yang tidak invasif untuk mendiagnosa demensia secara dini.

Ikuti Kami