Kamis, 11 Februari 2016 Waktu: 15:42

    Berita / Dunia / Timur Tengah

    Irak Alihkan Perhatian untuk Rebut Mosul dari ISIS

    Pasukan Irak merayakan kemenangan setelah menguasai sepenuhnya kota Ramadi dan memukul mundur militan ISIS (19/1).

    11.02.2016
    Duta Besar Irak untuk AS, Lukman Faily menyatakan bahwa pasukan Irak sekarang memusatkan perhatian untuk merebut kembali Mosul dari tangan kelompok militan ISIS. Selengkapnya

    Kerusuhan Bisa Meledak di Palestina jika Dana Habis

    Palestina tergantung kepada dana dari donor internasional untuk kebutuhan makanan dan bantuan kemanusiaan lainnya bagi warga Palestina yang miskin, terutama di Gaza.

    Rusia Tak Minta Maaf atas Serangan Udara di Suriah

    Pemerintah Rusia tidak akan minta maaf atas operasi serangan udara di Suriah, yang dikecam secara luas karena menyasarkan oposisi bersenjata dan bukan pihak ISIS.

    PBB Fokuskan Perhatian pada Bantuan Kemanusiaan di Aleppo, Suriah

    Kelompok Pengamat HAM Suriah yang berbasis di Inggris mengatakan, Rabu (10/2), sedikitnya 500 orang tewas sejak serangan itu dimulai, termasuk sekitar 100 warga sipil.

    Pasukan Irak Kuasai Sepenuhnya Kota Ramadi

    Irak mengatakan pasukannya telah sepenuhnya merebut kembali kota Ramadi dan sekitarnya dari kelompok militan ISIS.

    Pasukan Suriah Tingkatkan Serangan dekat Perbatasan Turki

    Pasukan yang setia kepada Presiden Suriah Bashar al-Assad berada 25 kilometer dari perbatasan Turki di Suriah utara untuk meneruskan ofensif terhadap pemberontak.

    AS, Turki Berbeda Sikap soal Dukungan bagi Militan Kurdi

    Juru bicara Departemen Luar Negeri AS mengatakan, Washington tidak menganggap Partai Persatuan Demokrasi Kurdi di Suriah atau PYD, sebagai organisasi teroris.

    Penganut Paham Wahhabi di Arab Saudi Diyakini terkait ISIS

    Bagi banyak orang Arab Saudi kata “Wahhabi” mewakili bentuk ajaran Islam paling murni, agama yang mengajarkan perdamaian, toleransi dan amal. Lainnya berpendapat pemikiran Wahhabi juga mengayomi kaum garis keras yang berideologi sama dengan ideologi kelompok ekstremis.

    ISIS Klaim Serangan Bom Mobil terhadap Klub Polisi Damaskus

    Seorang pembom bunuh diri menabrakkan mobil yang dikemudikannya ke pintu gerbang klub polisi di Damaskus hari Selasa (9/2), menewaskan sejumlah orang dan membuat beberapa lainnya cedera. Militan ISIS mengklaim bertanggungjawab atas serangan tersebut.

    Ofensif yang Didukung Rusia di Suriah Sampai pada Titik Kritis

    PBB hari Selasa (9/2) memperingatkan jika pasukan pro-pemerintah di Suriah berhasil mengepung kota strategis Aleppo maka bantuan kemanusiaan bagi sekitar 300.000 orang bisa terputus.

    Al-Qaida, Pasukan Yaman Bentrok di Aden

    Pemerintah berusaha menegakkan kontrol atas Aden setelah mengusir keluar pemberontak Houthi akhir tahun lalu. Pasukan Houthi masih menguasai ibukota Yaman, Sana'a, dan daerah-daerah lain di Yaman utara.

    Irak Klaim Tentara Telah Rebut Kembali Ramadi

    Militer dan kementerian dalam negeri hari Selasa (9/2) mengatakan bahwa pasukan Irak telah selesai merebut kembali beberapa daerah di timur Ramadi, dan telah membuka kembali jalan yang menghubungkan kota itu dengan Baghdad.

    Mesir Bantah Polisi Terlibat Pembunuhan Mahasiswa Italia

    Seorang mahasiswa peneliti Italia, Giulio Regeni (28 tahun ) ditemukan tewas di ibukota Kairo dalam kondisi jenazahnya yang rusak awal bulan ini.

    PBB: Pemerintah Suriah Bunuh Ribuan Tahanan

    Sebuah laporan baru PBB menggambarkan rincian yang sangat mengerikan tentang pembunuhan ribuan tahanan Suriah oleh semua pihak yang terlibat dalam konflik selama 4,5 tahun itu.

    Turki, Organisasi Bantuan Barat Bertikai soal Pengungsi Suriah

    Lebih dari 25 ribu warga Suriah terpaksa menjadi saksi dalam konfrontasi antara pemerintah Turki dan organisasi bantuan Barat.

    Dubai Siap Privatisasi Layanan Pemerintah

    Penguasa Dubai hari Senin (8/2) mengatakan Uni Emirat Arab akan memprivatisasi beberapa layanan pemerintah di negara kaya minyak itu dan menunjuk seorang menteri negara guna memastikan kebahagiaan warganya.

    Menlu Suriah Peringatkan Arab Saudi untuk Tidak Kirimkan Pasukan ke Suriah

    Menteri luar negeri Suriah Walid al-Muallem memperingatkan Arab Saudi jangan mengirim pasukan ke Suriah dan mengancam bahwa pasukan itu akhirnya nanti akan dikirim pulang dalam keranda.

    Serangan Besar-Besaran Rezim Assad Timbulkan Krisis Kemanusiaan di Suriah

    Serangan militer Presiden Bashar al-Assad dan laskar dari Iran, Lebanon, Afghanistan dengan dukungan Rusia sedang menimbulkan krisis kemanusiaan dan mengakibatkan ribuan kaum sipil mengungsi ke perbatasan Turki, kata para aktivis politik dan komandan pemberontak.

    Upaya Turki Lawan ISIS Dipersulit Pertempuran Melawan Kurdi

    Perang yang rumit dan kontroversial yang dilakukan Turki terhadap faksi Kurdi di tanah air dan di Suriah semakin mempersulit pertempuran melawan kelompok ISIS. Hal ini juga memperlemah posisi Turki dalam perang melawan teror, demikian ujar beberapa analis.

    Kerry: Beberapa Hari ke Depan Tentukan Nasib Perdamaian Suriah

    Menlu AS John Kerry mengatakan beberapa hari ke depan akan menentukan nasib pemberlakuan gencatan senjata dan rencana transisi politik di Suriah.

    Ikuti Kami