Sabtu, 13 Februari 2016 Waktu: 19:54

    Berita / Iptek / Lingkungan Hidup

    Senat AS Tunda Bahas RUU Energi akibat Krisis Air di Flint

    Pasukan garda nasional AS membagikan air botol kepada warga di kota Flint, Michigan setelah air minum setempat mengandung tingkat toksik timah yang tinggi (foto: dok).

    05.02.2016
    Tingkat toksik timah dalam air minum di kota Flint, negara bagian Michigan telah membuat ribuan anak-anak sakit dan memaksa 100 ribu penduduk setempat minum air botol. Selengkapnya

    Kandidat Capres AS Beda Pendapat soal Pemanasan Global

    Apakah presiden mendatang, pengganti Obama, akan meneruskan upaya itu atau tidak, dibahas dalam kampanye para kandidat presiden dari kedua partai politik.

    Kesepakatan Bersejarah Lindungi Hutan Tropis di Kanada

    Provinsi British Columbia di Kanada barat sepakat untuk melindungi daerah luas hutan tropis, dari penebangan, pembangunan dan perburuan.

    Badan Urusan Lingkungan Michigan akan Periksa Air di Flint

    Departemen urusan Lingkungan Michigan mengusulkan strategi lima tahap kepada pejabat pemerintah federal hari Senin (1/2) untuk menentukan apakah air minum yang tercemar timbal di Flint aman untuk diminum.

    Cagar Alam Paus di Hawaii Tak akan Diperluas

    Badan cagar alam AS tadinya mengusulkan memperluas tempat pelestarian ikan pausdi Kepulauan Hawaii untuk meliputi semua ekosistem, tidak hanya spesies ikan paus bungkuk.

    Ohio Lakukan Penyelidikan Kriminal Masalah Air

    Badan Perlindungan Lingkungan AS (EPA) diminta untuk membuka penyelidikan kriminal tentang apa yang terjadi di Sebring, sebuah desa sekitar 60 mil tenggara Cleveland, Ohio.

    Studi: Penangkapan Ikan Global secara Drastis Tidak Dilaporkan

    Jumlah penangkapan ikan di dunia yang dilaporkan ternyata terlalu rendah sampai 30 persen, kesalahan ini beresiko signifikan terhadap lingkungan dan negara-negara maritim, menurut sebuah studi jangka panjang yang dirilis hari Selasa (19/1).

    Pemerintah Federal akan Bantu Atasi Masalah Air Beracun di Flint

    Pemerintahan Obama telah menunjuk seorang pejabat senior untuk membantu mengatasi krisis air tercemar yang melanda kota Flint di negara bagian Michigan.

    Audio Aktivis Khawatirkan Banyaknya Limbah Beracun di Jawa Timur

    Sejumlah aktivis di Jawa Timur mendesak pemerintah daerah bertindak tegas terhadap pembuangan limbah bahan beracun berbahaya secara sembarangan, yang dinilai akan menimbulkan dampak kesehatan bagi warga.

    Badai Masih Melanda Skotlandia, Banjir Rendam Sebagian Inggris

    Sekitar 3.000 rumah di Inggris dan Wales juga dilaporkan mengalami pemadaman listrik.

    Amerika Bagian Barat Dilanda Banjir “Berbahaya dan Bersejarah”

    Banjir yang jarang terjadi pada musim dingin telah menewaskan sedikitnya 20 orang dan mengancam hampir 20 tanggul di negara bagian Missouri dan Illinois, yang beberapa hari ini telah dilanda hujan tropis terbesar dalam sejarah.

    UNESCO Kukuhkan Ciletuh sebagai Geopark Nasional

    Kawasan wisata Geopark atau taman alam batuan tua di Ciletuh Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, resmi dikukuhkan menjadi Geopark Nasional. Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan mengajukannya sebagai Global Geopark atau Geopark Internasional ke UNESCO tahun 2017.

    Masyarakat Peduli Gambut Desak Etika Pengelolaan

    Berbagai elemen masyarakat yang tergabung dalam “Gerakan Masyarakat Peduli Gambut” di Yogyakarta hari Rabu (16/12) menyampaikan deklarasi untuk memastikan supaya lahan gambut dikelola secara beretika dan berkesinambungan.

    Beijing Keluarkan Peringatan Kabut Asap Siaga Merah

    Untuk memperingatkan mengenai kabut asap berbahaya yang akan datang, pihak berwenang China hari Jumat (18/12) mengeluarkan peringatan polusi tingkat merah, atau tingkat tertinggi, yang ke-dua, di ibukota, Beijing.

    Peneliti Mencoba Melindungi Kesehatan Umum dengan Mempelajari Perubahan Iklim

    Badan Kesehatan Dunia telah lama memantau perubahan iklim. Para peneliti universitas di seluruh Amerika mempelajarinya dan yang ditemukan para peneliti itu mungkin dapat menolong orang melindungi kesehatan mereka selagi cuaca berubah.

    Cairnya Es di Laut Kutub Utara Tantangan Baru bagi Mamalia Laut

    Banyaknya lapisan es di laut kutub utara yang mencair belakangan ini telah membuka jalur migrasi baru ke Kutub Utara bagi paus yang biasanya hanya bermigrasi ke laut utara pada musim panas.

    Obama: Jangan Berpuas Diri setelah Perjanjian Iklim Paris Tercapai

    Presiden Amerika Barack Obama mengatakan, “Seandainya seluruh target awal yang ditetapkan di Paris dipenuhi, kita baru akan mencapai sebagiannya saja jika ini menyangkut pengurangan karbon dari atmosfer. Karena itu kita tidak dapat berpuas diri karena perjanjian yang dicapai sekarang ini."

    Menlu Perancis: Situasi 'Tak Pernah Sebaik Ini' bagi Kesepakatan Iklim

    Menlu Perancis Laurent Fabius mengatakan situasi “mungkin tidak pernah sebaik sekarang” bagi perjanjian perubahan iklim global.

    Sekjen PBB Optimis dengan Hasil KTT Iklim Paris

    Sekjen PBB Ban Ki-moon mengatakan optimis sebuah perjanjian kuat dan ambisius akan dicapai pada KTT Iklim PBB yang berlangsung di dekat Paris.

    Kota Beijing Diselubungi Kabut Polusi

    Pemerintah ibukota China, Beijing hari Senin (7/12) mengeluarkan "peringatan merah" yang pertama dalam sejarah atas polusi udara di kota tersebut.

    Ikuti Kami