Jumat, 29 April 2016 Waktu: 13:02

    Berita / Iptek / Lingkungan Hidup

    Survei: Jumlah Gajah di Zambia Lebih Banyak dari Perkiraan

    Turis mengamati gajah-gajah di tepi sungai Chobe dekat perbatasan Botswana dengan Zambia (foto: dok). Populasi gajah di Zambia lebih baik dari perkiraan semula.

    29.03.2016
    Dari survei terakhir diketahui bahwa jumlah gajah di beberapa daerah tetap stabil, tetapi upaya berkesinambungan dibutuhkan untuk mengatasi perburuan liar di Zambia. Selengkapnya

    Penambangan Emas Ilegal Rusak  Taman Nasional Lore Lindu

    Pemerintah Kabupaten Poso memberikan batas waktu hingga 28 Maret 2016 bagi ribuan penambang ilegal di Kawasan Konservasi Taman Nasional Lore Lindu, yang telah menimbulkan kerusakan di kawasan hutan yang dilindungi itu.

    PM Australia Umumkan Kebijakan yang Lebih Hijau

    PM Malcom Turnbull mengumumkan Dana Inovasi Energi Bersih sebesar A$1 miliar (sekitar Rp 10 triliun).

    Wiraswasta 'Hijau' Ubah Sampah Plastik Jadi Bahan Bakar

    Beberapa warga Jakarta yang frustrasi karena menumpuknya masalah sampah di ibukota telah mulai bergerak untuk menyelesaikan isu tersebut sendiri.

    Data NASA Tunjukkan Suhu Bulan Februari Terhangat

    NASA mengatakan, suhu global bulan Februari 2016 lalu lebih hangat 1,35 derajat Celcius dari suhu rata-rata bulan yang sama selama ini.

    Walhi: Sumatera Kembali Hadapi Ancaman Kebakaran Lahan

    Bencana kebakaran lahan tahun 2015 lalu ternyata belum menjadi pelajaran berharga bagi masyarakat, korporasi dan pemerintah. Buktinya, bencana serupa sudah mulai terjadi di sejumlah tempat di Kalimantan dan Sumatera.

    Tambang Batu Bara di Pakistan Rubuh, 5 Tewas

    Hujan lebat telah menyebabkan tambang batu bara di Orakzai runtuh. Paling sedikit 5 orang tewas.

    Sungai Citarum Meluap, Sedikitnya 2 Meninggal, 24.000 Orang Terdampak Banjir

    Sungai Citarum kembali meluap dan puncaknya terjadi Minggu dini hari. Sedikitnya 15 daerah di kabupaten Bandung terendam banjir.

    Musim Kemarau Tiba, Pemerintah Siaga Padamkan Kebakaran Hutan

    Untuk mencegah terulangnya kesalahan tahun lalu, pemerintah akan segera menangani kebakaran hutan begitu musim kemarau tiba. Pemerintah akan mengumumkan keadaan darurat begitu terdeteksi adanya kebakaran hutan khususnya di lahan gambut.

    Petani Malawi Manfaatkan Air Seni Manusia untuk Pupuk Tanaman

    Para petani di sekitar ibukota Malawi menggunakan air seni manusia untuk memupuk tanaman mereka, tidak dengan pupuk mahal yang diimpor. Upaya itu merupakan hasil inisiatif setempat yang mengubah hidup baik petani maupun warga kota.

    Pengungsi Fukushima Enggan Pulang karena Khawatir Radiasi

    Bencana reaktor nuklir Fukushima menyebabkan lebih dari 150.000 orang dievakuasi. Mayoritas dari mereka tidak ingin kembali ke Fukushima, karena khawatir akan masih adanya ancaman radiasi nuklir.

    Aplikasi Ponsel Bantu Warga Miskin Akses Air Bersih

    Aplikasi itu disebut m.Paani. "m" untuk mobile dan "paani" adalah air dalam bahasa India, yang membantu puluhan ribu penduduk miskin di India mendapat akses air bersih.

    Warga Flint di Michigan Ajukan Gugatan Massal Krisis Air

    Gugatan itu mengupayakan ganti rugi bagi ribuan penduduk Flint yang menderita cacat fisik atau mengalami kerugian ekonomi.

    Terkait Keamanan Air Minum, Pendapat Rakyat AS Terbelah

    Air minum yang terkontaminasi timbal di Flint, Michigan telah menjadi berita utama selama berbulan-bulan, dan lebih dari setengah warga AS percaya bahwa ini adalah tanda-tanda permasalahan yang semakin tersebar luas di AS.

    Indonesia akan Tangani Penggundulan dan Kebakaran Hutan

    Sebuah studi yang dilakukan KPK memperkirakan, nilai komersial dari penebangan gelap tercatat 60,7 sampai 81,4 miliar dolar antara tahun 2003 sampai 2014.

    Clinton, Sanders Berdebat di Flint, Michigan

    Flint sedang menghadapi krisis air beracun yang coba diatasi oleh pemerintah lokal, negara bagian dan federal selama beberapa bulan ini.

    Ribuan Orang Hadiri Pemakaman Aktivis Suku Indian Honduras

    Ribuan pelayat hari Sabtu menghadiri pemakaman Berta Caceres, pemimpin adat suku asli di Honduras yang berjuang menghentikan pembangunan bendungan yang berpotensi merusak. Berta Caceres, aktivis Lenca Indian, dan pemenang Goldman Environmental Prize tahun 2015. Ia ditembak mati Kamis, 3 Mar 2016.

    AS Berkomitmen Hukum Penyelundup Satwa Liar

    Departemen Kehakiman Amerika, Department of Justice (DOJ), berkomitmen kuat "mengadili" penyelundup satwa liar ilegal. Tahun 2015 digambarkan sebagai "titik balik" upaya global memerangi penyelundupan liar.

    TEPCO: Laporan Kebocoran Fukushima Ditunda

    Operator PLTN Fukushima mengakui terlambat dua bulan untuk mengumumkan kebocoran pada teras tiga reaktor. TEPCO menyatakan akan segera melaporkan persentase kerusakan kepada pemerintah sesuai dengan persyaratan dalam undang-undang Jepang.

    Video Perusahaan Wales Janjikan Mobil Murah Bertenaga Hidrogen

    Perusahaan kecil di Wales bernama 'Riversimple' berencana meluncurkan mobil dua penumpang "Rasa" bertenaga hidrogen pada tahun 2018.

    Ikuti Kami