Kamis, 26 Mei 2016 Waktu: 19:34

    Berita / Iptek / Lingkungan Hidup

    Industri Minyak Kelapa Sawit Kecam Moratorium Pembukaan Lahan

    Seorang pekerja sedang memanen kelapa sawit di sebuah perkebunan di Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah. (Foto: Dok)

    22.04.2016
    Upaya terbaru dari Presiden Joko Widodo untuk menanggulangi kebakaran hutan itu dikatakan dapat memangkas lapangan pekerjaan dan menurunkan produksi komoditas tersebut. Selengkapnya

    Bangun Pabrik Baru, Komitmen Lingkungan APP Dipertanyakan

    Rencana Asian Pulp and Paper untuk membangun pabrik pengolahan kertas ketiga di Indonesia menimbulkan pertanyaan atas janjinya untuk tidak menebang hutan tropis.

    Pasukan AS di Jepang Ikut Usaha Pertolongan Korban Gempa

    Marinir Amerika mengerahkan 4 pesawat V-22 Osprey untuk usaha pencarian korban gempa bumi. Amerika Serikat telah menawarkan bantuan untuk operasi angkutan udara dan Kementerian Pertahanan di Tokyo sedang berkoordinasi dengan Pasukan Amerika di Jepang.

    Gempa Kuat Menewaskan 77 di Ekuador

    Korban gempat bumi di Ekuador terus meningkat hingga 77 orang sementara ratusan lainnya cedera. Tim SAR berusaha keras untuk mencapai pelabuhan-pelabuhan nelayan yang berpenduduk jarang dan pantai-pantai wisatawan dimana gempa terjadi Sabtu malam.

    Pemerintah Akan Berlakukan Moratorium untuk Konsesi Kelapa Sawit

    Indonesia telah dikritik karena kebijakan kehutanannya dan karena gagal menghentikan masalah "kabut asap" tahunan di wilayah ini.

    KPPU Akan Selidiki Praktik Kartel Perusahaan Minyak Kelapa Sawit

    Perjanjian yang ditandatangani perusahaan-perusahaan itu berpotensi menjadi alat kartel yang akan memunculkan praktik-praktik monopoli dan atau persaingan usaha yang tidak sehat, menurut KPPU.

    Produsen Pestisida di AS Berhenti Gunakan Bahan Kimia Pembunuh Lebah

    Lebah madu merupakan serangga penyerbuk 80 persen tanaman buah dan sayuran makanan manusia dan diperlukan untuk kesehatan.

    Pelestari Lingkungan Serukan Pengelolaan Perikanan Lebih Baik di Indonesia

    Demi perlindungan ikan hiu yang lebih baik, pelestari lingkungan Australia, Vanessa Jaiteh mengusulkan cara pengelolaan perikanan lain yang berkaitan dengan ekonomi lokal di Indonesia timur.

    Audio Gagal Jantung, Harimau Sumatera Mati di KBS Surabaya

    Koleksi satwa Kebun Binatang Surabaya berkurang, setelah seekor harimau Sumatera jantan mati, Minggu (10/4) malam akibat gagal jantung.

    Jumlah Harimau Liar di Dunia Naik untuk Pertama Kalinya

    Ini pertama kalinya penghitungan harimau meningkat sejak tahun 1900, ketika ada lebih dari 100.000 harimau di alam liar.

    Gempa Bengkulu Tidak Berpotensi Tsunami

    Gempa mengguncang Provinsi Bengkulu, Minggu pagi. Kekuatan gempa mencapai 5,9 SR namun menurut BMKG gempat tersebut tidak berpotensi tsunami, demikian dilaporkan kantor berita Antara.

    Badak Sumatera Langka yang Ditangkap di Kalimantan Tewas

    Badak betina tersebut, bernama Najaq, menderita infeksi parah dari luka yang diyakini diakibatkan oleh perangkap pemburu.

    Menlu AS Dorong Kebijakan Energi Bersih, Investasi Terbarukan

    Menurut Menlu AS John Kerry, saat ini warga Amerika yang dipekerjakan oleh perusahaan energi terbarukan empat kali lebih banyak dibanding industri dengan bahan bakar fosil.

    Menteri LH: DiCaprio Perlu Lebih Banyak Informasi

    Siti Nurbaya mengatakan "agak disayangkan" bahwa DiCaprio tidak mencari informasi yang menyeluruh mengenai deforestasi di Indonesia selama 10 tahun terakhir.

    Hakim AS Setujui Pembayaran $20 Miliar soal Tumpahan Minyak BP

    Seorang hakim AS menyetujui pembayaran sekitar 20 miliar dolar untuk menyelesaikan klaim-klaim terhadap perusahaan minyak BP.

    AS, China akan Tandatangani Perjanjian Iklim Paris bulan April

    Pemerintah AS dan China hari Kamis (31/3) berharap tindakan mereka akan membantu pemberlakuan Perjanjian Paris “sesegera mungkin.”

    Negara-negara Bagian AS Bentuk Koalisi untuk Atasi Perubahan Iklim

    Negara-negara bagian itu juga melakukan penyelidikan mengenai apakah perusahaan-perusahaan bahan bakar fosil menyesatkan masyarakat tentang dampak perubahan iklim.

    Survei: Jumlah Gajah di Zambia Lebih Banyak dari Perkiraan

    Dari survei terakhir diketahui bahwa jumlah gajah di beberapa daerah tetap stabil, tetapi upaya berkesinambungan dibutuhkan untuk mengatasi perburuan liar di Zambia.

    Penambangan Emas Ilegal Rusak  Taman Nasional Lore Lindu

    Pemerintah Kabupaten Poso memberikan batas waktu hingga 28 Maret 2016 bagi ribuan penambang ilegal di Kawasan Konservasi Taman Nasional Lore Lindu, yang telah menimbulkan kerusakan di kawasan hutan yang dilindungi itu.

    PM Australia Umumkan Kebijakan yang Lebih Hijau

    PM Malcom Turnbull mengumumkan Dana Inovasi Energi Bersih sebesar A$1 miliar (sekitar Rp 10 triliun).

    Ikuti Kami