Senin, 15 Februari 2016 Waktu: 01:56

    Berita / Iptek / Lingkungan Hidup

    Australia Ancam Tindakan Hukum atas Pemburuan Paus Jepang

    Kapal pemburu ikan paus Jepang "Yushin Maru" berlayar di selatan Antartika (foto: dok).

    08.12.2015
    Australia menyatakan sedang bekerjasama dengan negara-negara lain untuk membina konsensus internasional menentang program pemburuan paus oleh Jepang. Selengkapnya

    Konferensi PBB Hasilkan Rancangan Naskah Kesepakatan Iklim

    Para pengecam mengatakan banyak masalah belum terselesaikan dan masih harus disepakati sebelum konferensi perubahan iklim COP 21 berakhir di Paris, hari Jumat (4/12).

    Al Gore Dorong Investor untuk Pilih Energi Terbarukan

    Mantan Wapres AS, Al Gore mendorong para investor untuk memilih energi terbarukan dari pada aset-aset yang beresiko karbon dalam pidato di Paris, Kamis (3/12).

    Google Lipat Duakan Penggunaan Energi Terbarukan

    Google mengumumkan komitmen pada energi terbarukan dari tenaga angin dan tenaga surya untuk mengoperasikan pusat datanya yang akan melayani lebih dari 1 miliar pengguna.

    Obama Umumkan $30 Juta untuk Asuransi Risiko Iklim bagi Orang Miskin

    Pemerintah Amerika Serikat akan berkontribusi $30 juta untuk skema asuransi risiko iklim di Pasifik, Amerika Tengah dan Afrika. Presiden Obama mengumumkan bantuan ini dalam sebuah pertemuan dengan para pemimpin negara kepulauan kecil di Paris hari Selasa (2/12).

    Pemerintah Siapkan Strategi Penyelamatan Kerusakan Pesisir di Indonesia

    Pemerintah menyatakan siap melakukan perbaikan pesisir serta pantai yang rusak, akibat pencemaran dan perusakan lingkungan yang terjadi selama ini.

    Ulama Norwegia Dorong Jihad Hijau untuk Lawan Pemanasan Global

    Ibrahim Saidy merupakan bagian dari semakin banyaknya gerakan antar-agama yang didorong pemerintah untuk melawan pemanasan global.

    Paus: Tanpa Perjanjian Iklim, Dunia Mengarah pada 'Bunuh Diri'

    Paus mengatakan setiap tahun masalah pemanasan global memburuk dan sekarang dunia sedang dalam batas bunuh diri.

    Aktivis Lingkungan Dorong Peserta KTT Perubahan Iklim Ikut Selamatkan Hutan Indonesia

    KTT Perubahan Iklim di Paris, Perancis mulai 30 November menjadi harapan baru bagi aktivis lingkungan di Indonesia untuk mengatasi persoalan perubahan iklim akibat kerusakan lingkungan.

    Ahli: Korea Utara Sangat Rentan terhadap Perubahan Iklim

    Riset menunjukkan perubahan lingkungan bisa memperburuk kekurangan pangan negara ini yang sudah dalam kategori kronis.

    China Terbitkan Makalah Perubahan Iklim Nasional

    Sebuah laporan baru oleh pemerintah China meramalkan dampak serius atas perubahan iklim yang ditanggung China. Laporan itu menyimpulkan pandangan lebih dari 500 ilmuwan dan pakar yang dirilis pada malam sebelum pembicaraan iklim di Paris.

    Galeri Foto Konferensi Perubahan Iklim di Paris

    Pemimpin 150 negara, berikut dengan 40.000 delegasi dari 195 negara, menghadiri konferensi COP21 atau Conference of Parties, forum tahunan untuk menanggulangi perubahan iklim di tingkat politik global.

    Suburkan Kembali Lahan Pertanian, Petani Poso Belajar Pupuk Organik

    Sudah sejak lama penggunaan pupuk kimia ditengarai bukannya menyuburkan lahan, melainkan menurunkan kualitas lahan menghasilkan pangan yang sehat, dan tak jarang justru merusak lingkungan.

    Obama, Xi Jinping Perbarui Komitmen untuk Pangkas Emisi

    Dalam pernyataan bersama, kedua memimpin memastikan kembali janji yang disampaikan tahun lalu untuk mengendalikan pencemaran dan mengadopsi pengendalian emisi gas rumah kaca.

    Penerima Equator Prize, Petrus Asuy

    Tokoh masyarakat adat Dayak Benuaq, Petrus Asuy, meraih penghargaan “Equator Prize” dari Program Pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa UNDP. Hadiah bergengsi ini diberikan dalam KTT Perubahan Iklim di Paris pekan ini.

    Kabut Asap di China Capai Tingkat Berbahaya

    Konsentrasi partikel-partikel yang dibawa udara yang dapat membahayakan paru-paru mencapai 20 kali lipat dari batas paparan harian yang ditetapkan oleh WHO.

    Presiden Jokowi Tiba di Paris, Siap Ikuti KTT Perubahan Iklim

    Presiden Joko Widodo dijadwalkan menghadiri pembukaan pertemuan pemimpin yang tergabung dalam United Nations Forestry Convention on Climate Change Conference of Parties 21.

    Perubahan Iklim, 26 Daerah Tidak Bisa Capai Target Produksi Pangan Nasional

    Perubahan iklim yang tidak biasa membuat 26 daerah di Indonesia tidak bisa mencapai target produksi pangan nasional tahun ini. Pemerintah pusat menyatakan akan memetakan daerah rawan bencana akibat perubahan iklim sehingga tahun depan bisa mendorong produksi pangan nasional.

    Jelang KTT Iklim, Demonstrasi Marak di Berbagai Belahan Dunia

    Ratusan ribu demonstran di berbagai pelosok dunia hari Minggu (29/11) berdemonstrasi menyerukan diadopsinya pengawasan lingkungan hidup di seluruh dunia.

    Audio Presiden Hadiri KTT Perubahan Iklim COP 21 di Paris

    Presiden Jokowi memastikan dalam KTT Perubahan Iklim di Paris, Indonesia akan menyampaikan hal-hal kongkrit dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan, lewat Badan Restorasi Gambut.

    Ikuti Kami