Selasa, 31 Maret 2015 Waktu: 12:24

Berita / Iptek / Lingkungan Hidup

Obama Veto RUU Pembangunan Pipa Minyak Kontroversial

Warga AS yang menentang pembangunan pipa minyak Keystone XL melakukan unjuk rasa di Omaha, Nebraska bulan lalu (foto: dok).

25.02.2015
Presiden Amerika Barack Obama telah mem-veto RUU pembangunan saluran pipa minyak Keystone XL yang kontroversial. Selengkapnya

Singa Laut Terdampar di California Akibat Perairan Pasifik Menghangat

Gelombang singa laut yang terdampar di pantai California tahun ini dikaitkan dengan pola cuaca yang membingungkan yang telah membuat suhu Samudera Pasifik menghangat. Para ilmuwan melaporkan hal ini berdampak terhadap habitat dan populasi ikan yang menjadi makanan mereka.

Draft Kesepakatan Perubahan Iklim Bertambah Panjang

Para perunding yang menyusun kesepakatan tentang perubahan iklim menggandakan teks kesepakatan dari yang sebelumnya disusun. Beberapa perwakilan khawatir teks yang diperbanyak bisa membuat rumit upaya mencegah pemanasan global.

Penelitian: Jutaan Ton Sampah Plastik Cemari Lautan

Sebuah studi memperkirakan bahwa populasi China yang padat menyebabkan terbuangnya 1,3 sampai 3,5 juta metrik ton plastik ke laut per tahun, sebagian besar karena manajemen sampah yang salah.

Studi: 8,8 Juta Ton Sampah Plastik Dibuang ke Laut Setiap Tahun

China dan Indonesia adalah dua negara yang paling banyak membuang sampah ke laut, diikuti Filipina, Vietnam dan Sri Lanka.

Perubahan Iklim Kemungkinan Menyebabkan Jutaan Orang Mengungsi

Perubahan iklim tidak hanya berdampak bagi beruang kutub tapi juga bagi hidup umat manusia karena bisa menyebabkan jutaan orang terpaksa mengungsi dari tempat tinggalnya.

Hawaii Waspada Hadapi Tsunami Ekstrem

Kepulauan Hawaii di Amerika Serikat yang pernah dilanda tsunami ekstrem 500 tahun lalu, rentan akan bencana tsunami dan senantiasai waspada menghadapi gelombang pasang.

Afrika Selatan: Pembantaian Badak Capai Rekor pada 2014

Pembunuhan terus berlangsung tanpa henti, naik dari 1.004 badak yang dibunuh pada 2013 menjadi 1.215 ekor pada 2014.

Abaikan Ancaman Obama, Senat AS Sahkan UU Jalur Pipa Keystone

Para penentang mengatakan jumlah pekerjaan tetap yang diciptakan kecil dan mereka yakin proyek itu akan menimbulkan bencana lingkungan.

5 Misi Antariksa Baru NASA Amati Bumi

Instrumen-instrumen yang naik ke orbit dalam setahun terakhir fokus pada sistem-sistem pendukung kehidupan yang vital di Bumi dan respon mereka terhadap suhu planet yang memanas.

Obama Desak Perlindungan terhadap Kawasan Artik

Presiden AS Barack Obama menyerukan perlindungan bagi hampir lima juta hektar kawasan di Artik, tidak menjadikannya sebagai lokasi eksplorasi minyak.

NASA: 2014 Tahun Terpanas Sejak 1880

Tim ilmuwan NASA mengatakan, suhu rata-rata tahun 2014 adalah 14,68 derajat Celsius, atau 1,22 derajat di atas rata-rata suhu pada abad ke-20.

Obama Berencana Kurangi Emisi Gas Metana

Presiden AS Barack Obama akan mengumumkan rencana pekan ini untuk mengurangi emisi gas metana dari industri minyak dan gas.

DPR, Pengadilan AS Setujui Jaringan Pipa Keystone

Pemimpin mayoritas Faksi Republik mengatakan, sekarang Presiden tidak memiliki alasan untuk menjatuhkan veto atas rancangan undang-undang ini, seperti yang ia janjikan.

Shell Sepakat Bayar Ganti Rugi $83 Juta Atas Tumpahan Minyak di Nigeria

Shell mengatakan pihaknya juga berjanji sepenuhnya untuk melakukan operasi pembersihan minyak yang tumpah itu pada 2008.

50 Tahun Berlalu, Ritual Purba di Bali Kembali Diadakan untuk Tolak Bencana

Ritual purba Karya Padudusan Agung diadakan setiap tiga atau empat dekade untuk membangkitkan kembali kekuatan pura yang telah memudar dan membawa kedamaian di Bumi.

Pembunuhan Badak Meningkat di Afrika Selatan

Afrika Selatan mengatakan jumlah badaknya yang diburu mencapai angka terbesar tahun 2014, sehingga spesies itu terancam punah.

PBB: Badai Besar 100 Tahunan Kini Terjadi Setiap 20 Tahun

Pejabat tinggi PBB urusan bencana alam, Margareta Wahlstrom, mengatakan di mana-mana terjadi banyak hal yang 10 tahun lalu tidak pernah terjadi dan setiap negara harus waspada.

Dana Talangan Lapindo Picu Perbincangan di DPR

Dana talangan kemanusiaan dari pemerintah yang diberikan kepada PT Minarak Lapindo terus menjadi perbicangan termasuk dikalangan anggota DPR RI.

Jerman Kucurkan 9 Juta Euro untuk Perlindungan Ekosistem Leuser Aceh

Program hibah Jerman tersebut ditujukan untuk mendanai upaya pelestarian sumber daya alam dan hutan, kesejahteraan rakyat, khususnya masyarakat yang berada di wilayah Kawasan Ekosistem Leuser (KEL).

 

 

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook