Sabtu, 25 Oktober 2014 Waktu UTC: 19:38

Berita / Iptek / Lingkungan Hidup

Tanah Longsor dan Banjir di India Timur Laut, 28 Tewas

Tentara India menyelamatkan warga desa Chaygaon, distrik Kamrup di negara bagian Assam, India, yang wilayahnya terendam banjir (23/9).

23.09.2014
Distrik yang menderita paling parah di negara bagian Assam adalah wilayah Goalpara, di mana 90 desa tergenang dan lebih dari 150 ribu orang telah diminta meninggalkan rumah-rumah mereka agar mengungsi ke dataran tinggi. Selengkapnya

Brazil Tidak Setuju Inisiatif Anti-Penggundulan Hutan PBB

Menteri Lingkungan Brazil, Izabella Teixeira, mengatakan, Brazil "tidak diikutsertakan dalam proses persiapan" deklarasi, melainkan hanya diberi salinan naskah dan dimintai persetujuannya tanpa diizinkan mengusulkan perubahan apapun.

Koalisi Global Dorong Pemberlakuan Pajak Karbon

Hampir 100 pemerintah dan 1.000 perusahaan akan bersatu untuk menganjurkan kebijakan yang mendorong pergeseran ke teknologi energi yang lebih bersih.

Badai Tropis Fung Wong Hantam Taiwan dan China

Badai tropis Fung-Wong menerpa Taiwan, hari Minggu (21/9), dan menyapu Laut Cina Selatan Senin pagi (22/9), menewaskan sedikitnya satu orang dan melukai empat lainnya.

Kebakaran Semak di California, 32 Bangunan Hancur

Hujan ringan dan temperatur sejuk membantu pasukan pemadam kebakaran memadamkan api yang menjalar di California Utara, yang menghancurkan lebih dari 30 rumah.

Juni-Agustus 2014, Rekor Suhu Terpanas dalam Sejarah

Data baru menunjukkan bumi mengalami suhu paling panas dalam sejarah pada bulan Juni hingga Agustus lalu.

Galeri Foto Pawai Perubahan Iklim

Puluhan ribu demonstran di berbagai negara berpawai Minggu (21/9), diiringi dentuman drum dan memakai kostum serta membawa poster, untuk mendorong para pembuat keputusan global membuat aksi global mengenai perubahan iklim.

Badai Fung Wong di Filipina, 5 Tewas

Badai Fung Wong, dengan angin yang terus menerus berkecepatan 95 kilometer per jam melanda Filipina utara, Jumat (19/9), memutuskan aliran listrik, menimbulkan banjir dan merusak atap gedung-gedung.

Badai Tropis Fung-Wong Hantam Manila, Ribuan Warga Mengungsi

Ribuan warga yang tinggal di bagian dataran rendah di Manila diungsikan ke dataran tinggi hari Jumat (19/9), sementara banjir meluap dengan cepat dan merendam banyak kawasan.

Pemerintah Harus Cegah agar Bencana Asap Tak Berulang

Pemerintah didesak untuk melakukan langkah strategis guna mencegah bencana asap agar tidak terus berulang terjadi setiap tahun.

Biogas: Solusi Murah untuk Gantikan Gas

Rencana kenaikan berkala harga gas oleh pemerintah banyak membuat warga masyarakat resah, namun ada kelompok masyarakat yang mengatasinya dengan berpindah kepada pemanfaatan biogas.

Australia Hadapi Masalah Sampah di Laut

Studi menunjukkan bahwa sampah yang paling umum ditemukan di lautan adalah plastik akibat pembuangan sampah sembarangan dan ilegal.

Indonesia Ratifikasi Perjanjian Asap Lintas Batas

Indonesia wajib menguatkan kebijakan-kebijakan, secara aktif berpartisipasi dalam pembuatan keputusan di wilayah dan mendedikasikan lebih banyak sumber daya.

Udara Memanas Robohkan Bidang Es di Antartika

Tim Ilmuwan mengatakan bahwa air lelehan dan hujan pada musim panas singkat di Antartika telah mengalir ke dalam retakan-retakan yang dalam.

WWF Desak Otoritas Aceh Serius Atasi Perburuan Gajah

Aktivis lingkungan dari organisasi Dana Margasatwa terkemuka dunia (WWF) melaporkan pekan ini, tiga ekor gajah ditemukan mati di provinsi Aceh.

Penting, Kepedulian Terhadap Ketahanan Energi di Indonesia

Indonesia harus melihat ketahanan energi sebagai isu menyeluruh, memastikan adanya koordinasi semua pihak terkait ketahanan energi dan menyediakan anggaran yang cukup. Inilah yang menjadi catatan utama para mahasiswa Indonesia dalam kunjungan studi mereka di Amerika.

Ilmuwan: Lapisan Ozon Mulai Pulih Kembali

Para ilmuwan mengatakan mulai pulihnya lapisan ozon tersebut menunjukkan bahwa krisis ekologi bisa diatasi jika masyarakat internasional bersatu.

Ratusan Ribu Warga Mengungsi Akibat Banjir Bandang di Pakistan

Banjir tersebut, yang mulai di wilayah Himalaya antara kedua negara tanggal 3 September, telah mengalir ke dataran, yang mengenai lebih dari 1,5 juta orang di Pakistan.

PBB: Konsentrasi Gas Rumah Kaca Pecahkan Rekor Tahun Lalu

Dalam laporan tahunannya mengenai konsentrasi gas rumah kaca hari Selasa (9/9), Organisasi Meteorologi Dunia (WMO) mengatakan tingkat karbon dioksida antara tahun 2012 dan 2013 mencapai kenaikan tahunan terbesar sejak pencatatan global dimulai 30 tahun lalu.

4 Aktivis Perlindungan Hutan Dibunuh di Peru

Pria-pria dari komunitas Ashaninka itu dibunuh di daerah sangat terpencil sehingga kabar mengenai pembunuhan itu baru sampai ke pihak berwenang beberapa hari kemudian.

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook