Minggu, 30 Agustus 2015 Waktu: 22:56

Berita / Dunia / Afrika

DK PBB Siap Kenakan Sanksi Pelanggar Gencatan di Sudan Selatan

Presiden Sudan Selatan Salva Kiir (duduk bertopi) saat menandatangani kesepakatan perdamaian dengan pemberontak di Juba, Rabu (26/8).

29.08.2015
Dalam pernyataan hari Jumat (28/8), DK PBB menyerukan pemberontak dan pemerintah Sudan Selatan agar segera mematuhi gencatan senjata yang baru saja disepakati. Selengkapnya

Pemberontak Imbau Pemerintah Sudan Selatan Patuhi Perjanjian Damai

Pemberontak Sudan Selatan berharap perjanjian damai yang baru ditandatangani akan dipatuhi danmengakhiri perang saudara selama 20 bulan di negara itu.

Pemimpin Sufi di Afrika Timur Bertekad Perangi Ekstrimisme

Para cendekiawan dari aliran Sufi Islam dari Kenya, Tanzania, Somalia, Ethiopia, Uganda dan Republik Demokratis Congo berjanji memberantas ajaran ekstremis dan kegiatan teror.

PBB Ancam Akan Menindak Para Pemimpin Sudan Selatan

Sebuah rancangan resolusi Amerika hendak mengenakan embargo senjata selama satu tahun, larangan bepergian dan pembekuan aset terhadap para pemimpin Sudan Selatan kalau perjanjian tidak ditandatangani.

Presiden Burundi Ambil Sumpah Kabinet Baru

Presiden Burundi, Pierre Nkurunziza mengambil sumpah kabinet barunya dalam upacara di ibukota Bujumbura hari Selasa (25/8).

Presiden Sudan Selatan akan Tandatangani Perjanjian Damai

Kesepakatan perdamaian dengan pemberontak itu dijadwalkan akan ditandatangani Presiden Salva Kiir hari Rabu (26/8) di Juba, ibukota Sudan Selatan.

Sierra Leone Pulangkan Pasien Terakhir Ebola

Adama Sankoh meninggalkan pusat perawatan Ebola di pinggiran kota Makeni, Sierra Leone, hari Senin (24/8).

Migran Sudan Mengaku Tak Bersalah di Pengadilan Inggris

Seorang migran asal Sudan yang menyusuri Channel Tunnel, terowongan antara Perancis dan Inggris, mengaku tidak bersalah atas tuduhan-tuduhan di pengadilan Inggris.

Sekjen PBB Ban Ki-moon Tiba di Nigeria

Sekjen PBB Ban Ki-moon tiba di Nigeria hari Minggu (23/8) untuk memperingati pemboman markas PBB oleh Boko Haram.

Panglima AD Nigeria Lolos dari Serangan yang Diduga Dilakukan oleh Boko Haram

Panglima Angkatan Darat Nigeria lolos dari serangan terhadap iring-iringan kendaraannya oleh tersangka Boko Haram di negara bagian Borno yang bergejolak.

Dua Bom Mobil Tewaskan 18 Orang di Somalia

Pejabat Somalia mengatakan sekurangnya 18 orang tewas di Somalia hari Sabtu (22/8) dalam dua serangan bom terpisah yang diduga dilancarkan pemberontak al-Shabab.

Ekstremis Bom Kamp Militer di Somalia, 10 Tewas

Kamp militer tersebut adalah tempat pasukan penjaga perdamaian Uni Afrika dari Kenya dan tentara Somalia dilatih untuk memerangi kelompok ekstremis Islamis al-Shabab.

Sekjen PBB akan Kunjungi Nigeria Minggu

Ban Ki-moon diperkirakan akan membicarakan pembangunan, perubahan iklim, hak azasi dan perlawanan terhadap ektrimisme kekerasan ketika di Nigeria.

Deplu AS: Krisis di Burundi Belum Berakhir

Deplu AS mengomentari pelantikan Presiden Burundi Nkurunziza dengan mengatakan bahwa pelantikan itu menunjukkan “niat partai berkuasa untuk mengabaikan suara rakyat demi mengejar agenda politiknya sendiri.”

Seorang Wartawan Sudan Selatan Ditembak Hingga Tewas

Seorang wartawan Sudan Selatan ditembak mati, tiga hari setelah Presiden Salva Kiir mengancam membunuh wartawan yang, dalam kata-katanya "bekerja melawan negara."

Presiden Burundi Nkurunziza Dilantik untuk Masa Jabatan Ketiga

Kantor presiden Burundi mengatakan Presiden Pierre Nkurunziza yang berkuasa, dilantik untuk masa jabatan ketiga hari Kamis (20/8).

Presiden Sudan Selatan Janji Tandatangani Persetujuan Perdamaian

Salva Kiir mengatakan ia membutuhkan pembahasan dua hari lagi, tapi menegaskan niatnya untuk menandatangani persetujuan tersebut.

Afrika Selatan Tunda Pembebasan Oscar Pistorius

Pembebasan Oscar Pistorius dari penjara Afrika Selatan telah ditunda oleh Departemen Kehakiman negara itu.

Sudan Selatan: Perlu 2 Minggu Pertimbangkan Usulan Perjanjian Damai

Pemerintah akan memulai pembicaraan pihak-pihak terkait untuk menentukan cara terbaik untuk memajukan proses perdamaian.

Tim Jaksa Pistorius Banding ke Mahkamah Agung Afrika Selatan

Petugas mahkamah Afrika Selatan, Paul Myburgh memastikan bahwa dokumen-dokumen tim jaksa tersebut telah diajukan.

Ikuti Kami