Tautan-tautan Akses

Zimbabwe Deklarasikan Bencana Kekurangan Pangan


Presiden Zimbabwe Robert Mugabe dalam KTT Uni Afrika di Addis Ababa, 30 Januari 2016 (Foto: dok).

Presiden Zimbabwe Robert Mugabe dalam KTT Uni Afrika di Addis Ababa, 30 Januari 2016 (Foto: dok).

Menteri Pekerjaan Umum Saviour Kasukuwere menyatakan indikasi awal menunjukkan 2,44 juta orang mengalami krisis pangan, termasuk semua (60) distrik pedesaan Zimbabwe.

Presiden Zimbabwe Robert Mugabe telah mengumumkan keadaan bencana di banyak daerah pedesaan Zimbabwe, di tengah kekeringan parah yang menewaskan lebih dari seperempat penduduk yang menghadapi kekurangan pangan.

Pernyataan pemerintah hari Jumat menyebut kekeringan itu sebagian disebabkan fenomena cuaca El Nino dan telah menewaskan 26 persen penduduk yang membutuhkan bantuan pangan.

Menteri Pekerjaan Umum Saviour Kasukuwere mengatakan dalam pernyataan itu bahwa indikasi awal menunjukkan 2,44 juta orang mengalami krisis pangan, termasuk semua (60) distrik pedesaan Zimbabwe.

Pengecam presiden juga menuding reformasi penggunaan lahan kontroversial yang diberlakukan Mugabe pada tahun 2000 telah memperburuk masalah ekonomi negara itu serta mengurangi produksi.

Negara-negara tetangga Zimbabwe di Afrika bagian selatan juga menderita dampak kekeringan menyusul tahun terpanas yang pernah tercatat di zaman modern, demikian menurut pejabat dinas cuaca AS. [as]

XS
SM
MD
LG