Tautan-tautan Akses

Wartawan VOA Tewas dalam Serangan Udara di Yaman


Wartawan VOA, Almigdad Mojalli (kanan) saat bertugas melakukan interview di Yaman (foto: dok).

Wartawan VOA, Almigdad Mojalli (kanan) saat bertugas melakukan interview di Yaman (foto: dok).

Wartawan VOA, Almigdad Mojalli tewas dalam serangan udara oleh koalisi yang dipimpin Arab Saudi atas kota Sana’a, Yaman hari Minggu (17/1) pagi.

Wartawan Yaman Almigdad Mojalli tewas Minggu (17/1) pagi dalam serangan udara oleh koalisi yang dipimpin Arab Saudi atas kota Sana’a yang dikuasai pemberontak. Ia ketika itu sedang bertugas untuk Voice of America -VOA- atau Radio Suara Amerika.

Mojalli, wartawan lepas VOA, kantor berita PBB, IRIN, serta kantor berita lain, berusaha melawan krisis kemanusiaan di negaranya melalui laporan yang jujur dan memilukan.

Almigdad Mojalli sejak Oktober menulis laporan untuk VOA, memusatkan liputannya pada dampak perang dan krisis ekonomi di Yaman bagi manusia, dengan kerap menyorot korban yang paling rentan. Ia bekerjasama dengan kelompok-kelompok yang terpinggirkan, seperti kaum minoritas dan cacat, mencari keadilan sosial dengan mengungkap kebenaran.

VOA menyatakan dukacita yang paling mendalam bagi keluarga Mojalli.

Mojalli meninggalkan tujuh tanggungan, termasuk anaknya, Abdulaziz. Pemakaman akan diadakan Senin, 18 Januari.

Setidaknya lima wartawan tewas di Yaman tahun lalu, menurut Wartawan Tanpa Tapal Batas-Reporters Without Borders atau RSF. [ka/ii]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG