Tautan-tautan Akses

AS

Warga AS Peringati 72 Tahun Pemboman Pearl Harbor


Salah seorang bekas tentara AS yang selamat dari serangan Pearl Harbor tahun 1941, Stan Swartz, ikut mengenang peristiwa Pearl Harbor (7/12).

Salah seorang bekas tentara AS yang selamat dari serangan Pearl Harbor tahun 1941, Stan Swartz, ikut mengenang peristiwa Pearl Harbor (7/12).

Hari Sabtu (7/12) warga AS mengenang serangan Jepang tahun 1941 terhadap Pearl Harbor, Hawaii yang memicu Amerika memasuki Perang Dunia Kedua.

Sekitar 2.500 orang berkumpul di Pearl Harbor, Hawaii hari Sabtu (7/12) untuk mengenang mereka yang tewas dalam serangan Jepang tahun 1941 yang memicu Amerika memasuki Perang Dunia Kedua.

Kerumunan hadirin mengheningkan cipta jam 7.55 pagi – saat pemboman dimulai 72 tahun lalu.

Sebuah pesawat kuno era Perang Dunia Kedua – yaitu pesawat SNJ-5B Amerika Utara tahun 1944 – terbang memecah keheningan. The Hawaii Air National Guard biasanya menggunakan pesawat-pesawat tempur dan helikopter untuk melakukan pertunjukkan tetapi pemangkasan anggaran federal membuat mereka tidak ikut tahun ini.

Sekitar 50 orang yang selamat dalam serangan di Pearl Harbor itu datang untuk mengikuti upacara tersebut.

The Navy and National Park Service menyelenggarakan upacara yang dibuka untuk umum itu. Tema acara tahun ini adalah “Sound the Alarm” – yang menunjukkan bagaimana warga Amerika menjawab panggilan setelah terjadinya serangan.

Komandan Armada Pasifik Amerika Laksamana Harry B. Harris Jr mengatakan Amerika mengenang peringatan tersebut dari mereka yang selamat.

Mantan senator Max Cleland dari negara bagian Georgia menyampaikan pidato. Veteran Perang Vietnam itu saat ini menjabat sebagai Ketua the American Battle Monuments Commission yang bertanggungjawab mengurus pemakaman tentara Amerika yang gugur di luar negeri.

Sabtu malam mereka yang selamat dalam serangan Pearl Harbor itu akan mengikuti parade gabungan bersama pejabat-pejabat militer dan pemerintah melewati jalan-jalan di Waikiki.
XS
SM
MD
LG