Tautan-tautan Akses

Warga AS Juru Bicara Al-Qaida Ditangkap di Karachi, Pakistan


Adam Gadahn, warga Amerika yang menjadi juru bicara Al-Qaida, dan satu-satunya orang Amerika yang dituduh melakukan pengkhianatan sejak Perang Dunia Kedua.

Adam Gadahn, warga Amerika yang menjadi juru bicara Al-Qaida, dan satu-satunya orang Amerika yang dituduh melakukan pengkhianatan sejak Perang Dunia Kedua.

Pihak berwajib Pakistan telah menangkap Adam Gadahn, warga AS yang sering tampil dalam rekaman video Al-Qaida.

Petugas-petugas intellijen Pakistan dilaporkan telah menangkap Adam Gadahn, warga Amerika yang menjadi juru bicara Al-Qaida, dan satu-satunya orang Amerika yang dituduh melakukan pengkhianatan sejak Perang Dunia Kedua.

Kantor berita Associated Press mengutip dua orang pejabat intellijen dan seorang pejabat pemerintah Pakistan yang tidak mau disebut namanya, yang mengatakan bahwa Gadahn telah ditangkap di kota Karachi dalam beberapa hari belakangan ini. Tidak dijelaskan bagaimana Gadahn ditangkap dan pemerintah Amerika belum memberikan komentar tentang laporan itu.

Beberapa komandan senior Taliban di Afghanistan, termasuk Mullah Abdul Ghani Baradar, ditangkap di Pakistan belum lama ini. Penangkapan tokoh-tokoh Taliban itu menimbulkan spekulasi bahwa badan intelijen Pakistan tampaknya telah bergiat menumpas kelompok-kelompok militan.

Adam Gadahn sering muncul dalam rekaman video Al-Qaida, dimana ia menyerukan serangan atas Amerika dan sejumlah negara barat. Pernyataannya yang paling baru yang dipasang dalam website Islamis hari minggu, memuji seorang mayor angkatan darat Amerika yang dituduh membunuh 13 orang di pangkalan militer Fort Hood di Texas.

XS
SM
MD
LG