Tautan-tautan Akses

Trump: Persahabatan AS-Jepang Sangat Dalam


Presiden AS Donald Trump (kanan) dan PM Jepang Shinzo Abe berjabat tangan usai mengadakan konferensi pers bersama di Gedung Putih, Jumat (10/2).
Presiden AS Donald Trump (kanan) dan PM Jepang Shinzo Abe berjabat tangan usai mengadakan konferensi pers bersama di Gedung Putih, Jumat (10/2).

Presiden Donald Trump mengatakan hari Jumat (10/2), persahabatan antara Amerika dan Jepang ‘amat sangat dalam’ dan menandaskan aliansi antara kedua negara merupakan tonggak perdamaian di kawasan Asia Timur.

“Kami terikat pada keamanan Jepang dan semua wilayah di bawah kekuasaannya dan untuk memperkuat lebih lanjut persekutuan kami yang amat penting,” demikian dikatakan Trump kepada wartawan dalam jumpa pers bersama Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe di Gedung Putih.

Abe dan Trump mencapai kesepakatan tentang kerangka baru bagi pembicaraan ekonomi dan perjanjian dagang Trans Pacific Partnership (TPP). Keduanya termasuk di antara topik yang akan dibicarakan.

Trump mengatakan tiap hubungan dagang antara kedua negara mestilah “bebas, adil, dan timbal-balik”.

Jepang cemas akan dampak keputusan Trump menarik diri dari TPP maupun juga strateginya mengutamakan kepentingan Amerika (America First) terhadap Asia. Abe berharap keduanya dapat menyusun paket-bersama untuk merangsang pertumbuhan ekonomi guna menciptakan ribuan lapangan kerja di Amerika lewat investasi swasta maupun publik di sektor infrastruktur. [my/al]

XS
SM
MD
LG