Tautan-tautan Akses

AS

Tokoh Jurnalistik AS Ben Bradlee Tutup Usia


Ben Bradlee, saat menerima penghargaan "Presidential Medal of Freedom" dari Presiden Obama di Gedung Putih, Washington DC, 20 November 2013 (Foto: dok).

Ben Bradlee, saat menerima penghargaan "Presidential Medal of Freedom" dari Presiden Obama di Gedung Putih, Washington DC, 20 November 2013 (Foto: dok).

Mantan editor eksekutif surat kabar The Washington Post yang memimpin peliputan skandal Watergate yang menjatuhkan Richard Nixon, meninggal pada usia 93 tahun.

Salah seorang tokoh besar di bidang jurnalistik Amerika tutup usia. Ben Bradlee, mantan editor eksekutif surat kabar “The Washington Post,” yang memimpin peliputan skandal Watergate yang menjatuhkan Presiden Richard Nixon, meninggal dunia pada usia 93 tahun. Bradlee meninggal dunia di rumahnya di Washington secara wajar.

Nama Bradlee mencuat harum pada awal-awal 1970-an, pertama kali melancarkan pertarungan hukum mewakili surat kabar “The Washington Post” dan “The New York Times” yang berpuncak pada putusan Mahkamah Agung mengizinkan kedua surat kabar tadi untuk terus menerbitkan “Surat-surat Pentagon,” yaitu rahasia pemerintah AS dalam keterlibatan di Vietnam.

Dia kemudian memimpin investigasi surat kabar “The Washington Post” ke dalam kasus perampokan di Hotel Watergate di Washington D.C.

Kerjasamanya dengan dua wartawan muda, Bob Woodward dan Carl Bernstein, akhirnya menumbangkan kepresidenan Nixon dan menancapkan “The Washington Post” sebagai salah satu surat kabar bertaraf internasional.

Donald Graham, mantan penerbit surat kabar itu, menyebut Bradlee, "Editor surat kabar terbaik Amerika."

XS
SM
MD
LG