Tautan-tautan Akses

Tiongkok Desak AS agar Perbaiki Hubungan


Juru Bicara Deplu Tiongkok Qin Gang dalam konferensi pers di Beijing.

Juru Bicara Deplu Tiongkok Qin Gang dalam konferensi pers di Beijing.

Juru Bicara Deplu Tiongkok Qin Gang Kamis ini mengatakan Washington harus dengan tulus menghormati kepentingan utama Tiongkok.

Tiongkok mendesak Amerika Serikat agar mengambil tindakan untuk memperbaiki hubungan kedua negara yang tegang, setelah dua diplomat Amerika mengakhiri misi khusus ke Beijing.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Qin Gang Kamis ini mengatakan Washington harus dengan tulus menghormati kepentingan utama Tiongkok. Ia secara khusus menyebut isu Taiwan dan Tibet.

Hubungan Amerika-Tiongkok memburuk secara signifikan dalam bulan-bulan terakhir setelah Washington menyetujui penjualan senjata kepada Taiwan, dan Presiden Barack Obama bertemu dengan Dalai Lama di Gedung Putih.

Deputi Menteri Luar Negeri James Steinberg dan penasehat senior Gedung Putih untuk Asia Jeffrey Bader menghabiskan waktu tiga hari berbicara dengan para pejabat Tiongkok. Mereka terbang ke jepang Kamis ini.

Qin Gang menyebut pembicaraan itu terus terang dan mendalam. Pejabat Amerika tidak berkomentar banyak mengenai hasil pembicaraan tersebut.

XS
SM
MD
LG