Tautan-tautan Akses

Tim Pencari Pesawat Malaysia Siapkan Robot Kapal Selam


Menteri Pertahanan Australia David Johnston dan Angus Houston (kiri), kepala tim pencarian pesawat Malaysia Airlines yang hilang, dalam jumpa pers di dekat Perth (8/4). (Reuters/Richard Polden)

Menteri Pertahanan Australia David Johnston dan Angus Houston (kiri), kepala tim pencarian pesawat Malaysia Airlines yang hilang, dalam jumpa pers di dekat Perth (8/4). (Reuters/Richard Polden)

Namun tanpa ada sinyal, pihak berwenang tidak dapat meluncurkan robot untuk mencari sumber sinyal atau rongsokan pesawat di dasar laut.

Para petugas pencarian untuk pertama kalinya akan meluncurkan sebuah robot kapal selam ke kedalaman Samudera Hindia dalam usaha untuk menentukan apakah bunyi yang sayup yang dideteksi oleh peralatan dalam sebuah kapal Australia itu memang datang dari black-box pesawat penumpang Malaysia Airlines yang hilang itu.

Warren Truss, penjabat Perdana Menteri Australia sementara Tony Abbott di luar negeri, mengatakan para petugas dalam kapal Ocean Shield itu akan meluncurkan kendaraan bawah air tersebut, robot kapal selam Bluefin 21, hari Selasa (8/4). Kapal selam ini dapat menciptakan peta sonar daerah tersebut untuk memetakan letak setiap puing di dasar laut.

Angus Houston, yang memimpin pencarian, mengatakan hari Senin bahwa peralatan dalam kapal Ocean Shield mendengar bunyi yang jelas dua kali, Sabtu malam dan Minggu pagi, yang sesuai dengan sinyal yang datang dari kotak hitam sebuah pesawat.

Petugas pencarian di bagian selatan Samudera Hindia sedang berusaha keras untuk menentukan lokasi pemancar elektronik yang mereka yakini datang dari kotak hitam pesawat penumpang Malaysia Airlines yang hilang itu.

Tidak ada sinyal terdengar sejak Minggu (6/4), ketika peralatan Angkatan Laut Amerika mendetekasi dua bunyi yang jelas dan sesuai dengan 'ping' atau sinyal akustik dari perekam data penerbangan pesawat itu dan perekam suara kokpit.

Pimpinan pencarian dari Australia, Angus Houston, mengatakan dalam jumpa pers Selasa bahwa tanpa ada sinyal lagi, pihak berwenang tidak dapat meluncurkan robot untuk mencari sumber sinyal atau rongsokan pesawat di dasar laut.

Houston mengatakan pencarian sinyal dari bawah permukaan air kemungkinan akan memakan waktu beberapa hari.

Pihak berwenang sudah hampir kehabisan waktu, karena baterai kotak hitam dibuat untuk bertahan sekitar 30 hari. Penerbangan MH370 menghilang sebulan lalu.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG