Tautan-tautan Akses

Tim Amerika Rebut Beberapa Medali pada Hari Ketiga Olimpiade Rio


Perenang AS, Michael Phels, berkompetisi dalam renang 200 meter gaya kupu-kupu pria selama kompetisi renang di Olimpiade Musim Panas 2016 (8/8). Rio de Janeiro, Brazil (foto: AP Photo/Michael Sohn)

Perenang AS, Michael Phels, berkompetisi dalam renang 200 meter gaya kupu-kupu pria selama kompetisi renang di Olimpiade Musim Panas 2016 (8/8). Rio de Janeiro, Brazil (foto: AP Photo/Michael Sohn)

Rekor Olimpiade Senin malam dipecahkan dua tim renang AS yang memenangkan medali emas untuk gaya dada dan gaya punggung.

Dua Tim Renang Amerika memecahkan rekor Olimpiade Senin malam sementara memenangkan medali emas untuk gaya dada dan gaya panggung.

Ryan Murphy, 21 tahun, menang dalam lomba renang gaya panggung 100 meter putra dengan waktu 51,97 detik, yang merupakan rekor baru Olimpiade, tapi tidak sampai memecahkan rekor dunia 51,94 yang dipecahkan oleh rekan senegaranya Aaron Peirsol tahun 2009 sebelum pakaian renang non-tekstil dilarang untuk kompetisi.

Kemenangan Murphy tersebut berlanjut dengan Dominasi Amerika dalam cabang itu yang telah dimenangkan oleh Amerika dalam enam Olimpiade berturut-turut sejak Atlanta tahun 1996.

Lily King, 19 tahun, merebut medali emans untuk nomor 100 meter gaya dada dengan waktu 1 menit 04,93 detik, yang merupakan rekor baru Olimpiade. Kemengangan itu bermakna tersendiri secara pribadi bagi King setelah ia menyinggung keikutsertaan perenang Rusia, Yulia Efimova, 24 tahun, yang pernah diskors karena menggunakan doping.

Efimova – juara dunia bertahan – dicemooh setelah menang dalam babak penyisihan 100 meter gaya dada, setelah menjalani skorsing 16 bulan karena doping dan kemudian tahun ini terbukti positif menggunakan obat meldonium yang kini dilarang.

Bintang renang Amerika Katie Ledecky memecahkan rekor dunianya sendiri dalam nomor gaya bebas 400 meter hari Minggu.

Tim renang putra Amerika memenangkan medali emas di estafet 4x100. Michael Phelps, yang memimpin regu itu meraih medali emas ke-19 sebagai atlet paling banyak memperoleh medali dalam sejarah Olimpiade.

Phelps menduduki tempat kedua dalam putaran semifinal nomor 200 meter gaya kupu-kupu putra, di mana ia kini memegang drekor dunia dan rekor Olimpiade. Lomba terakhir akan digelar Selasa malam. [lt]

XS
SM
MD
LG